View Single Post
Old 4th July 2016, 09:53 AM   #1
Sek Des
 
putrikenari's Avatar
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2784
Posts: 349
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Suara Kicauan Burung Cililin Gacor



Cililin disini bukanlah nama sebuah kecamatan yang ada di Bandung bagian barat tetapi Cililin disini atau Tangkar ongklet yang bahasa ilmiahnya platylophus galericulatus adalah burung yangmempunyai jambul yang khas yang kerap dipelihara untuk memaster burung kesayangannya , Burung cililin ini memiliki beberapa jenis yang tersebar di seluruh wilayah meliputi :

Kepulauan Jawa : Platylophus galericulatus Galericulatus
Kalimanatan bagian utara : Platylophus galericulatus Lemprieri
Kepulauan Sumatera dan sebagian kalimantan : Platylophus galericulatus coronatus
Semenanjung malaya : Platylophus galericulatus malacensis

Akan tetapi dari jenis ini yang paling terkenal dan dipelihara sebagai burung masteran adalah Cililin Coklat dan Cililin Hitam.

RAWATAN CILILIN
Burung ini cenderung lebih sensitif, jadi dalam perawatannya harus benar benar mempertimbangkan segala aspeknya baik itu dalam hal pemberian pakan, EF, penjemuran dan lain sebagainya. dan berikut ini beberapa tips hasil rangkuman dari beberapa masukan masukan dari kicau mania yang berhasil saya kumpulkan:
Burung Cililin yang sudah makan voer ( Voer Total ) disarankan agar kondisi burung tidak boleh kekenyangan dan juga kekurangan makanan, efeknya jika burung kekenyangan voer akan jarang dan malas berbunyi tetapi jika kekurangan voer bisa mengakibatkan kematian. Untuk pemberian jangkrik (Extra Fooding) bisa diberikan 8-10 ekor pada Pagi/Sore hari dan Siang harinya bisa diberikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh dan jika tidak tersedia bisa diberikan jangkrik 4 ekor saja.

Menjemur cililin ada baiknya tidak berlangsung lama, cukup 10 - 15 menit saja dan dilakukan setidaknya seminggu 2 hingga 3 kali penjemuran, dan tidak terlalu sering dijemur setiap harinya karena akan berefek negatif pada burung tersebut, selain itu burung ini juga terkenal rentan terhadap cuaca terlebih angin kencang sama halnya dengan burung muray batu.

Selalu memeriksa air minumnya dan jika terlihat kotor harus secepatnya diganti segera. karena burung ini enggan minum jika air dalam cepuk minumnya terlihat kotor atau berlumut. dan bisa erpengaruh terhadap kondisi kesehatannya.

Sumber: suara cililin
__________________
Budidaya Kenari
putrikenari is offline   Reply With Quote
Sponsored Links