View Single Post
Old 14th July 2016, 04:37 PM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default 8 Cara Mudah Agar Menjadi Murid Terbaik


Sekolah memang menjadi tempat yang paling menyenangkan, karena di situlah kita dapat bertemu dan bermain bersama teman-teman. Walaupun terkadang kita disibukkan oleh tugas dan pelajaran yang sulit, namun tetap saja masa-masa sekolah merupakan momen yang tidak akan pernah terlupakan. Strateginya adalah pendidikan nomor satu, dan bermain nomor dua. Apa sih maksudnya? Pelajari 8 langkah di bawah ini, dan kamu akan menjadi bintang sekolah.

1. Pelajaran yang Sulit
Diantara semua pelajaran, pasti ada beberapa yang membutuhkan perhatian ekstra. Jangan rendah diri dulu, karena hal ini sangat normal terjadi bagisemua murid. Dari waktu belajarmu, sisihkan sedikit waktu untuk mempelajari materi pelajaran yang kamu rasa cukup sulit untuk dimengerti. Tanyakan pada guru mata pelajaran tersebut jika memungkinkan.

2. Bangun Lebih Pagi
Saat kita bangun lebih pagi, waktu yang ada untuk mempersiapkan diri sebelum sekokah akan lebih banyak. Manfaatkan waktu tersebut untuk berolahraga ringan dan jangan lupakan sarapan. Selain lebih segar, asupan nutrisi dan olahraga rutin juga membuat kamu lebih semangat dan fokus saat di sekolah.

3. Duduk di Depan
Sebisa mungkin, pilihlah tempat duduk di deretan depan. Kamu akan lebih jelas saat guru menerangkan pelajaran. Di samping itu, distraksi di sekelilingmu tidak terlalu banyak sehingga memudahakan untuk berkonsentrasi.

4. Bertanyalah Jika Bingung
Jangan pernah malu untuk menanyakan ulang materi yang belum kamu pahami sepenuhnya. Karena sudah menjadi tugas guru untuk membantu muridnya, dan kamu pun akan lebih menguasai materi tersebut sehingga memudahkan kita untuk mempelajari bab selanjutnya.

5. Selalu Sediakan Waktu untuk Belajar Setiap Hari
Walaupun hanya 30 menit setiap harinya, selain untuk mengerjakan tugas kamu pun harus disiplin menyisihkan waktu untuk mempelajari materi berikutnya. Ingat, persiapan adalah pencegahan yang terbaik.

6. Kerjakan Tugas Secepatnya
Rasa malas dan lelah memang sangat ampuh untuk menunda untuk mengerjakan tugas. Namun, jika kita mengerjakannya sedikit demi sedikit, tentu tidak akan terasa capek. Selain ujian, tugas juga merupakan salah satu poin penting dari nilai akhir mu nanti.

7. Ikut Kursus atau Kelompok Belajar
Jika kamu merasa kesulitan untuk belajar sendiri, kursus atau mengikuti kelompok belajar biar menjadi pilihan lain yang cuku pefektif. Pastikan kamu telah berkonsultasi dengan orang tua, ya!

8. Menyusun Jadwal
Walaupun terlihat seperti kegiatan yang membosankan, menyusun jadwal dapat menyelamatkan hidupmu dari tugas yang bertumpukan, jadwal ulangan yang berbarengan, dan lupa mengumpulkan tugas di waktunya.

Belajar memang bagian yang paling tidak disenangi murid tentang sekolah, namun tentunya ada strategi yang bias digunakan untuk mengatasinya. Tetap saja, kamu harus disiplin dan konsekuen karena manfaatnya pun kamu sendiri yang akan merasakan, begitu juga sebaliknya. Jika kamu merasa jenuh, gunakan waktu di akhir pecan untuk berlibur atau menyenangkan dirimu sendiri. Siapkan energy untuk menjalani rutinitas seminggu ke depan dengan baik. Bila kamu perlu konsultasi masalah pendidikan, kamu bisa konsultasi pendidikan gratis dari Fakultas Science & Technology Sampoerna University. Selamat Mencoba!
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links