View Single Post
Old 21st July 2016, 02:03 PM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Ini Dia Tips Jitu Menjalankan Bisnis E-Commerce


Ada banyak entrepreneur yang keinginan terbesarnya adalah membangun bisnis yang memungkinkan mereka menjalani gaya hidup sesuai yang mereka pilih, dan ingin lebih banyak bersenang-senang. Bisnis toko online atau ecommerce cenderung menjadi pilihan yang paling digemari untuk mereka.

Namun jika kamu ingin mengubah bisnis toko online menjadi sebuah bisnis yang besar, kunci utamanya justrus bergantung pada dirimu sendiri. Peluang itu selalu ada, semua hanya tinggal bagaimana kamu memutuskan untuk berusaha keras agar bisa scale up.
Untuk itu kali ini kami akan memberikan lima rahasia agar bisa memiliki bisnis toko online yang sukses.

1. Perlakukan bisnis toko online seperti sedang menjalankan bisnis offline.

Bagaimana kamu memperlakukan bisnis ecommercemu ini? Apakah kamu melihatnya sebagai hobi? Sesuatu yang menyenangkan yang dilakukan di waktu senggang?
Mungkin akan terlihat mudah jika dianggap begitu, terutama jika belum mulai memberikan keuntungan secara finansial bagimu. Namun, jika benar-benar berniat ingin mengembangkannya menjadi bisnis besar, kamu harus menganggap bahwa bisnismu ini memang sudah besar.
Menganggap bisnis sebagai kegiatan sampingan memang menyenangkan, namun sadarlah bahwa kamu bisa mendapatkan kekayaan lebih banyak jika bisa fokus pada pertumbuhan yang sedang terjadi pada bisnismu. Jangan menunggu hingga perusahaanmu menjadi benar-benar besar. Pikirkan keputusan-keputusan yang akan kamu ambil jika perusahaanmu sudah sampai ke level tersebut sejak sekarang.

2. Temukan software yang tepat untuk bisnismu.

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus bisa peka dalam melihat suatu hal termasuk hal-hal yang bisa berpotensi menjadi sumber masalah. Bagi para pemiliki bisnis toko online, software adalah sesuatu yang harus selalu diperhatikan dan dievaluasi, karena menjadi fondasi utama untuk keseluruhan operasi.

Masalah keamanan, skalabilitas, penggunaan, dan marketing tools menjadi beberapa faktor yang sebaiknya diperhatikan ketika mencari software. Software ecommerce sebaiknya harus terukur, aman, user-friendly dan memiliki serangkaian konversi dan marketing tools yang terpadu. Memilih tools yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan kamu sudah mengidentifikasi tantangan apa saja yang mungkin akan menghadang, lakukan riset untuk menemukan tools yang cocok untuk bisnismu.

3. Cari tahu di mana konsumenmu berada.

Inilah business 101. Ketahui target audiensmu sejak dini, kemudian cari tahu di mana mereka biasanya beraktivitas. Banyak pemilik bisnis yang tidak menyikapi hal ini dengan serius, dan berakhir dengan membuang-buang waktu dan tenaga untuk melakukan pemasaran yang tidak membuahkan konversi. Setiap brand memiliki target audience yang berbeda-beda, tergantung pada produk yang ditawarkan dan pasar seperti apa yang disasar.
Jangan anggap ini sebagai hal yang remeh. Jika kamu bisa mengetahui di mana pundi-pundi uangmu berada, kamu bisa lebih mudah menyiapkan segala jenis strategi dan amunisi untuk mendapatkannya.

4. Membuat konsumenmu menjadi brand ambassador

Tidak ada yang lebih berharga dari review dan testimonial dari konsumen yang puas pada produk/jasa yang kamu tawarkan. Selain meningkatkan kredibilitas bagi bisnismu, review dan testimonial bisa mendorong penjualan yang berasal dari visitor website.
Kamu bisa berbicara hingga mulut berbusa tentang sebagus apa produkmu, namun apa yang orang lain katakan tentang bisnismu justru yang akan memiliki dampak terbesar pada keputusan pembelian. Konsumen adalah aset berharga yang kamu miliki, dan merekalah yang sebaiknya menjadi brand ambassadormu.

5. Merancang proses checkout yang mudah dan simpel.

Jika kamu ingin menjual produk lebih banyak, kamu harus pastikan bahwa visitormu tidak merasa kesulitan, meninggalkan keranjang belanja mereka dan pergi dari situsmu dan melakukan pembelian di bisnis kompetitior.
Proses checkout tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya, dan bahkan menjadi tantangan terbesar bagi para pebisnis yang mulai memasuki era mobile seperti sekarang. Kamu harus mencari cara agar proses ini simpel dan mudah sehingga semua orang bisa melakukannya.
Eubanks memberikan beberapa cara untuk bisa mencapainya:
  • Eliminasi kebutuhan untuk pembuatan akun.
  • Kurangi halaman yang harus dilalui user.
  • Pastikan pilihan biaya pengiriman barang adalah yang termurah, kecuali ada yang lebih cepat dengan harga yang sama.
  • Kurangi sebanyak mungkin kolom form yang harus diisi, dan gunakan auto-fill jika memungkinkan.
  • Simpan informasi tagihan, pengiriman dan pembayaran.
  • Berikan beberapa pilihan pembayaran kepada konsumen, termasuk menggunakan pilihan pembayaran umum seperti PayPal.


Sesungguhnya, kamu bisa membangun bisnis toko online milikmu menuju level manapun yang kamu rasa cocok. Semua bergantung pada ambisimu, dan apa yang kamu inginkan dari sana. Selalu belajar dari kesalahan orang lain, dengan begitu kamu tidak perlu belajar melalui cara yang sulit. Mau tahu lebih jauh tentang website toko online? kamu bisa mengunjunginya di website resmi Jejualan.

Last edited by numpanglewat; 21st July 2016 at 02:05 PM..
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links