View Single Post
Old 23rd July 2016, 09:27 AM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Tips Terbaik Mendiskusikan Pendidikanmu Bersama Orangtua


Pernahkah kalian memiliki perbedaan pendapat masalah pendidikan dengan orang tua? Ini biasanya terjadi bagi anak usia remaja dalam memilih sekolahnya atau kuliahnya. Contohnya orang tua menginginkanmu untuk sekolah di bidang yang tidak kamu sukai, namun mereka tetap memaksa. Nah ada cara untuk mendiskusikannya agar tercipta solusi yang terbaik. Bagaimana solusinya? kita simak artikel di bawah ini.

Orang tua selalu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Namun sering kali keinginan orang tua dan anak jauh berbeda. Berdiskusi dengan orang tua mengenai pendidikan bukanlah perkara mudah. Tentu ada rasa takut dan tidak yakin bahwa mereka akan menerima pendapat kita. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencoba berbicara dengan orang tua mengenai pilihan pendidikanmu, yaitu:

1. Jujur


Akui apa adanya bahwa kita memiliki pendapat yang berbeda tentang pilihan pendidikan yang telah dipersiapkan oleh orang tua. Jelaskan keinginan yang sebenarnya. Dengan berkatajujur, kita tidak hanya menyampaikan keinginan diri kepada orang tua, namun kita juga telah memperjuangkan dan mendukung diri sendiri. Jika kamu memiliki kesulitan untuk berbicara, tulis semua hal yang ingin kamu katakana sebelum menyampaikanya kepada mereka. Itu akan membuat mu lebih terkontrol dan tenang saat berbicara kepada mereka.

2. Jelaskan Mengapa

Jelaskan secara rinci atas pilihan yang kamu buat. Apa hal yang membuat musetuju dan tidak setuju. Hal yang menjadi pertimbanganmu. Hal yang membuatmu memilihya dan tidak. Dengan demikian orang tua akan melihat kemampuan kita untuk mengidentifikasi keinginan dan kemampuan diri kita terhadap pilihan pendidikan tersebut, sehingga mereka dapat lebih menghargai pendapat kita.

3. Tenang

Usahakan berbicara dengan tenang dan pelan-pelan. Ketika kita berbicara dengan penuh emosi dan terburu-buru, poin yang ingin dikatakan pun menjadi tidak jelas dan membingungkan. Cobalah untuk latihan di depan cermin beberapa kali sebelum memutuskan untuk berbicara dengan mereka.

4. Sopan

Selain tenang, usahakan untuk berbicara dengan sopan kepada orang tua. Apapun respon yang mereka berikan, pastikan kita selalu membalasnya dengan sopan karena bagaimanapun orang tua pasti memiliki penilaian yang berbeda yang didasarkan pada pengalaman personal yang telah dipertimbangkan baik-baik.

5. Dengarkan Pendapat Orangtua

Saat kita selesai berbicara, dengarkan respon mereka. Apakah mereka telah mengerti apa yang sebenarnya kita mau, ataukah mereka masih merasa perlu diberikan penjelasan yang lebih detail. Pahami poin-poin yang mereka sampaikan. Bisa jadi kita hanya salah paham dan kurang mengerti.

Kita adalah orang yang akan menjalani segala pilihan tersebut. Suka atau tidak suka, perlu adanya konsolidasi antara kita dan orang tua sehingga usaha dan persiapan untuk hal tersebut tidak berjalan sia-sia. Yang terpenting adalah usaha dan kejujuran yang kita lakukan untuk mau mendiskusikan hal-hal yang tidak selalu sependapat antara kita dan orangtua. Tidak semua anak mampu melakukannya. You have your own power.

Sekarang kamu bisa merencanakan pendidikanmu dengan lebih baik. Kamu bisa sekolah atau kuliah di tempat yang kamu inginkan. Kini, dengan adanya program yang ditawarkan oleh Sampoerna, kamu bisa merasakan pendidikan berstandar internasional serta mendapatkan gelar sarjana dari luar negeri melalui jalur International Pathway Universitas Sampoerna.

Nah semoga artikel yang kami berikan bisa menambah manfaat bagi para pembaca sekalian. Bila memiliki saran lain yang baik silahkan berikan di kolom komentar. Semangat!
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links