View Single Post
Old 25th July 2016, 12:54 PM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default 5 Pilihan Alternatif Panel Hosting Yang Bisa Kamu Coba


Bagi seseorang yang selalu berurusan dengan web server, pastinya sudah sangat familiar menggunakan web hosting. Dalam sebuah hosting pastinya membutuhkan software control panel untuk manajemen sebuah file seperti panel hosting yang cukup populer yaitu cPanel. Bagi kamu yang bosan dengan cPanel atau mungkin ingin sekedar mencoba coba panel hosting lainnya, kami memiliki 5 rekomendasi software untuk manajemen hosting selain cPanel yang perlu kamu coba.

Software cPanel tidak dipungkiri lagi merupakan software paling populer untuk manajemen hosting. cPanel memiliki banyak fitur, namun beberapa diantaranya tidak mudah untuk digunakan bahkan cenderung membingungkan pengguna. Jika Anda termasuk dalam pengguna yang kebingungan, lima software pesaing cPanel ini dapat menjadi alternatif manajemen web hosting untuk digunakan.

1. AlternC

AlternC mudah digunakan, dan dapat digunakan untuk me-manage hosting server yang besar, serta menawarkan berbagai fitur menarik.

AlernC yang terlisensi GPL menyediakan instalasi otomatis dengan panel pengaturan berbasis web. Beberapa layanan yang disediakan adalah pengaturan domain, akun FTP, pengaturan email, statistik website, dan hampir seluruh fitur yang dapat Anda temukan di cPanel. Dokumentasi dan manual disediakan dalam bahasa Perancis, namun Anda dapat menemukannya dalam bahasa Inggris pula.

2. Baifox

Baifox juga merupakan control panel berlisensi GPL. Software ini relatif lebih ringan daripada yang lainnya, sehingga tidak terlalu membebani server.

3. Cube Panel

Cube Panel banyak digunakan untuk otomasi pengaturan server, membantu Anda menggunakan fitur-fitur yang ada dengan lebih cepat serta minim biaya. Terdapat tiga tingkat service yaitu ADMINISTRATOR, CLIENT, dan DOMAIN. Control panel ini tersedia untuk sistem operasi Linux maupun Windows. Skin, theme, dan bahasa control panel juga dapat diganti-ganti, sehingga tidak membosankan.

4. Cwipanel

Cwipanel digunakan untuk me-manage hosting yang berjalan di sistem operasi Windows. Control panel ini automated, dan pada setiap paket lisensinya dapat digunakan pada satu server dengan jumlah domain tak terbatas.

5. DTC

Domain Technology Control (DTC) merupakan control panel yang open-source berbasis GPL. Control panel ini relatif simpel untuk digunakan, serta terdapat banyak opsi untuk kustomisasi kontrol panel.

DTC mendukung MySQL, Postfix 2, Dovecot, dan hampir semua hal yang kamu perlukan untuk memulai bekerja. DTC juga tersedia dalam bahasa selain Inggris yaitu Jerman, Belanda, Cina, dan Italia.

Terlepas dari kelebihan-kelebihan di atas, DTC harus dimonitor setiap hari oleh administrator server jika pengguna ingin memperbarui file web, DNS, atau detail hosting email.

Beberapa software manajemen hosting di atas bisa kamu dapatkan melalui website resmi mereka dan bersifat open source. Selamat mencoba!
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links