View Single Post
Old 1st August 2016, 06:47 PM   #13
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Terminal 3 Ultimate Dijadwalkan Beroperasi Agustus, Targetkan 50 Ribu Penumpang

Terminal 3 Ultimate Dijadwalkan Beroperasi Agustus, Targetkan 50 Ribu Penumpang

Selasa, 26 Jul 2016 21:34 WIB

MedanBisnis - Jakarta. Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan beroperasi pada bulan Agustus 2016 mendatang. Ada 50 ribu penumpang per hari yang akan menggunakannya.
Dirut Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan T3 Ultimate telah siap dari segi fasilitas maupun infrastruktur. Saat ini, tinggal diverifikasi oleh Kementerian Perhubungan.

"Sebenarnya semua udah siap ya, fasilitasnya ya, infrastrukturnya tinggal diverifikasi Kemenhub, kalaupun ada yang belum siap paling ada yang kurang bagus nanti kita benerin, tapi overall semua sudah siap," kata Budi di Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Selasa (26/07/2016).

Budi mengatakan bahwa yang paling penting adalah kesiapan dari 3 hal utama yaitu safety, security dan pelayanan. Dia menilai semua sudah diselesaikan dengan baik.

"Apa yang dulu dianggap belum selesai sudah kita selesaikan, listrik udah selesai, AC udah selesai, baggage system udah selesai, tower udah selesai. Itu yang signifikan udah selesai, jadi tinggal kita verifikasi terus nanti kita akan segera dapet izin operasi dari Menteri Perhubungan," terang Budi

Kemenhub sendiri sudah menjadwalkan agar T3 Ultimate bisa dibuka mulai Agustus mendatang dan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

"Dari Kementerian Perhubungan sudah merencanakan kalau bisa kita buka pada minggu kedua bulan Agustus, jadi semacam soft launching-lah, kami juga mengharap sih kalau berkenan dibuka oleh Pak Presiden," lanjut Budi.

Dengan dibukanya T3, perhitungan Angkasa Pura penerbangan di bulan Agustus nanti akan mencapai 360 penerbangan dengan capaian 50.000 penumpang per hari.

Biaya untuk membangun T3 sendiri terbagi menjadi 2, yaitu biaya untuk bangunan bandara sendiri mencapai 5,4 T dan untuk fasilitas maupun infrastruktur 1,6 T. Infrastruktur dan fasilitas yang dimaksud adalah jalan, jaringan listrik, air, taman dan hingga WIFI.

"Total semua dari bangunan sampai fasilitas jadi 7T, WIFI itu andvanced jadi semua frer wifi dan sedang koordinasi dengab Telkom supaya mendapatkan akses koneksi sebaik-baiknya," kata Budi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sempat mengunjungi Terminal 3 ultimate. Menurut Budi, Arief Yahya dan dirinya sepakat menjadikan Terminal 3 Ultimate sebagai gerbang baru pariwisata.

"Saya kira relevan Pak Menteri dateng kesini untuk kita diskusikan konten untuk aktivitas, karena ini ingin sekali ini tidak jadi airport yang biasa artinya penumpang internasional itu bisa bertambah banyak nantinya secara transit maupun destinasi," kata Budi.

"Kalau penumpang internasional datang ya kemungkinan besar itu menstimulasi untuk jadi turis, nah saya pikir relevan," lanjut Budi.

Bandara T3 sendiri akan diusung dengan konsep local culture yang kental baik dari dekorasi maupun desai interior di setiap sisinya. Dengan tampilan budaya yang Indonesia punya, Budi berharap kearifan lokal dapat dijadikan kekuatan dalam pesona T3 nantinya.

"Dengan culture kita yang luar biasa, kita nggak akan kalah dengan negara manapun dengan konsep kearifan lokal ini," terangnya. (dtc)

http://www.medanbisnisdaily.com/news...ibu-penumpang/
admin is offline   Reply With Quote