View Single Post
Old 1st August 2016, 06:50 PM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Terminal 3 Ultimate Resmi Beroperasi 9 Agustus

Terminal 3 Ultimate Resmi Beroperasi 9 Agustus

Dian Ihsan Siregar 01 Agustus 2016 02:23 WIB



Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Terminal III Ultimate Bandara Internasional Soekarno Hatta akan beroperasi pada 9 Agustus. PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) diminta menjalankan simulasi pengoperasian.

"Besok dilakukan simulasi berkaitan dengan kegiatan muat penumpang dan bagasi, sebelum Terminal III akan beroperasi," kata Budi saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (31/7/2016).

Menurut Budi, Kemenhub akan meminta kedua perusahaan pelat merah tersebut untuk menjalankan simulasi frekuensi yang tinggi. Sebab, pada saat Terminal III beroperasi bakal ada 180 penerbangan.

"Dengan penerbangan akan ada 360 pergerakan pesawat di terminal bandara terbesar di Indonesia. Kalikan saja dengan jumlah penumpang 150 saja, itu lebih dari 50 ribu penumpang yang datang dari terminal III," tutur Budi.

Budi menekankan, nantinya ‎Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub bakal memberikan izin operasi Terminal III kepada AP II. "Izin itu akan mendaki dasar Garuda dalam merealisasikan sosialisasi ke masyarakat," pungkas Budi.

Sebagai informasi, ‎sebelum menjabat sebagai menteri perhubungan, Budi pernah mengatakan, jika AP II bakal mengoperasikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta pada 20 Juni 2016. Target ini mundur dari rencana awal perseroan yang akan mengoperasikan terminal baru tersebut pada 15 Juni 2016.

Budi menjelaskan, mundurnya target operasional Terminal 3 Ultimate itu akibat belum didapatnya izin operasi dari Kemenhub. "Kami mendahulukan commissioning dari Pemda serta proses klarifikasi yang dilakukan oleh Kemenhub dan dari Kementerian BUMN," ujar Budi.

Terminal 3 Ultimate yang memiliki luas 422.804 meter persegi menelan biaya investasi hingga Rp7 triliun. Terminal baru di Bandara Soekarno-Hatta ini akan menjadi basis operasi Garuda Indonesia dan seluruh maskapai penerbangan internasional.


(YDH)
admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links