View Single Post
Old 7th August 2016, 09:34 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 27 Jul 2016
Userid: 5268
Location: Malang
Posts: 106
Real Name: lela
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Pendidikan karakter untuk putra putri anda

Pendidikan karakter untuk putra putri anda. Semua orang pasti menginginkan anak anaknya menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berguna bagi keluarga masyarakat dan negara. Dalam hal ini si anak tentunya harus mempunyai karakter yang baik. Untuk bisa mendapatkan karakter yang baik maka pendidikan karakter di perlukan. Dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang pendidikan karakter. silahkan di baca dan di pahami ya



Pendidikan karakter


Satuan pendidikan sebenarnya selama ini sudah mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai pembentuk karakter melalui program operasional satuan pendidikan masing-masing. Hal ini merupakan prakondisi pendidikan karakter pada satuan pendidikan yang untuk selanjutnya pada saat ini diperkuat dengan 18 nilai hasil kajian empirik Pusat Kurikulum. Nilai prakondisi (the existing values) yang dimaksud antara lain takwa, bersih, rapih, nyaman, dan santun.
Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter telah teridentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:
Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Menghargai Prestasi
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
Gemar Membaca
Peduli Lingkungan
Peduli Sosial
Tanggung Jawab
religius
(Puskur. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. 2009:9-10). Nilai dan deskripsinya terdapat dalam Lampiran 1.)
Meskipun telah terdapat 18 nilai pembentuk karakter bangsa, namun satuan pendidikan dapat menentukan prioritas pengembangannya dengan cara melanjutkan nilai prakondisi yang diperkuat dengan beberapa nilai yang diprioritaskan dari 18 nilai di atas. Dalam implementasinya jumlah dan jenis karakter yang dipilih tentu akan dapat berbeda antara satu daerah atau sekolah yang satu dengan yang lain. Hal itu tergantung pada kepentingan dan kondisi satuan pendidikan masing-masing. Di antara berbagai nilai yang dikembangkan, dalam pelaksanaannya dapat dimulai dari nilai yang esensial, sederhana, dan mudah dilaksanakan sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah/wilayah, yakni bersih, rapih, nyaman, disiplin, sopan dan santun.
Demikianlah ulasan kita yang membahas tentang pendidikan karakter. semoga berguna bagi semua ya
lelawiro is offline   Reply With Quote
Sponsored Links