View Single Post
Old 10th August 2016, 03:55 PM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 11 May 2016
Userid: 5090
Posts: 30
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Pilih Mana Antara Akad 2 Jenis Tabungan Syariah, Mudharabah atau Wadiah?

Ingin bisa menabung dengan hasil yang menguntungkan? Bank-bank syariah telah memberikan kepada Anda berbagai jenis tabungan syariah yang bisa dengan bebas Anda pilih, selama Anda memenuhi persyaratan bank tersebut. Biasanya, akad yang dipakai untuk kesepakatan dalam tabungan syariah ini adalah akad jenis mudharabah. Ini biasanya berlaku untuk produk bank syariah seperti tabungan, giro, maupun deposito. Namun apakah pilihan Anda hanya itu saja?

Selain tabungan dengan akad mudharabah, Anda juga memiliki pilihan untuk tabungan dengan akad wadiah alias akad penitipan. Anda sebagai pemilik dana menitipkan uang atau barang ke bank sebagai pengelola, yang kemudian bisa menggunakannya. Bonus keuntungan nantinya bisa diberikan kepada Anda, dengan jaminan bahwa uang Anda tersebut tetap utuh dan tetap bisa diambil sewaktu-waktu.

Mana yang lebih menguntungkan antara tabungan berakad mudharabah dan wadiah? Berikut perbandingan keduanya:

1. Tabungan mudharabah
Nasabah bisa memanfaatkan semua fasilitas bank seperti ATM maupun internet banking, dan transaksi bisa dilakukan dengan normal di mana saja.
Dana yang tersimpan dipakai oleh nasabah atau dikelola bank dengan dasar kesepakatan bersama. Anda bisa menariknya sewaktu-waktu, dan keuntungan menjadi hak milik Anda sesuai kesepakatan. Biasanya keuntungan ini dihitung per bulannya berdasarkan dari sisa saldo.
Kerugian tetap menjadi tanggung jawab Anda.
Biaya administrasi tak selalu diberlakukan.

2. Tabungan wadiah
Seperti akad mudharabah, nasabah juga bisa menarik dana setiap saat.
Sifat akad wadiah ini lebih ke insentif daripada investasi, dengan daya tarik bahwa bonus yang didapatkan bisa Anda klaim meskipun belum dijanjikan sebelumnya.
Barang atau uang akan dikembalikan 100% kepada nasabah.
Anda tidak menanggung kerugian, meski Anda harus membayar biaya administrasi.

Jadi, mana jenis tabungan di bank syariah yang Anda pilih? Apakah yang bersifat insentif seperti tabungan dengan akad wadiah, ataukah tabungan berbentuk investasi seperti akad mudharabah? Keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan juga resikonya sendiri. Tabungan wadiah tak selalu menjamin barang kembali 100%, sementara kerugian dalam tabungan mudharabah ditanggung sendiri oleh Anda. Ambil keputusan baik-baik setelah berpikir matang.
Likes:(1)
nisrina is offline   Reply With Quote
Sponsored Links