View Single Post
Old 22nd August 2016, 02:31 PM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default 5 Tips Dalam Menentukan Nama Domain Yang Baik


Picture Source : Google

Halo para member forumku! Jika anda akan memulai sebuah bisnis website baru, tentunya anda akan membutuhkan nama domain anda sendiri. Memilih dan menentukan nama domain tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa persiapan yang baik. Karena di luar sana, begitu banyak nama domain, bahkan dengan nama yang mirip, yang sudah digunakan. Untuk itu, perlu pengetahuan dan persiapan agar nama domain yang kita gunakan benar-benar baik, otentik dan unik sehingga dapat menarik minat orang untuk mengunjungi situs anda. Untuk membantu anda agar dapat menentukan nama domain anda, kami telah siapkan lima tips dalam menentukan nama domain yang baik berikut ini.

1. Gunakan .com

Walaupun ada sejumlah top level domain (TLD) yang lain, nama domain dengan akhiran .com cenderung lebih disukai dibanding jenis domain lainnya untuk apapun jenis bisnisnya. Beberapa browser juga akan secara otomatis melengkapi sebuah alamat situs dengan akhiran .com. Jika seseorang memasukkan suatu nama situs ke dalam location bar, browser secara otomatis akan melengkapinya dengan akhiran .com

2. Semakin singkat dan jelas akan semakin baik

Tentunya akan jauh lebih mudah untuk mengetik dan mengucapkan nama domain yang singkat dan jelas. Pelanggan bisa saja menemui kendala seperti melakukan typo saat mengetikkan nama domain yang terlalu panjang dan rumit. Coba untuk mengunakan nama-nama domain yang terdiri maksimal sepuluh huruf saja dan mudah untuk diucapkan tanpa harus mengejanya huruf per huruf.

3. Cari nama calon domain anda di Google

Jika anda ingin membuat situs anda mudah untuk ditemukan oleh orang lain, maka pilihlah nama yang jarang dijumpai di Google, semakin sedikit tentunya akan semakin baik. Dengan begitu, ketika orang mencari situs anda di mesin pencari, situs anda akan muncul paling pertama dalam hasil pencarian.

4. Hindari penggunaan merek dagang

Sebisa mungkin anda harus mengindari untuk menggunakan nama yang mencakup merek dagang terkenal. Misalnya, jika anda mendaftarkan nama domain anda dengan nama ‘Amazon’ dimanapun letaknya, yang terjadi adalah anda akan segera menerima email dari departemen hukum amazon.com yang berisi permintaan kepada anda untuk menggantinya. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan.

5. Menjaga nama domain anda

Setelah anda telah menentukan nama domain, selanjutnya anda harus mendaftarkannya dengan registrar domain pilihan anda. Pastikan untuk memberikan alamat email yang valid saat anda mendaftar. Registrar kemudian akan mengirim email kepada anda ketika domain anda akan segera berakhir dan mengingatkan anda untuk memperbaruinya. Karena jika domain anda telah berakhir dan anda tidak menyadarinya sampai satu atau dua bulan kemudian, domain anda akan kembali ke daftar domain yang tersedia dan mungkin sudah dimiliki oleh orang lain.

Jika anda telah memahami tips di atas, harapannya anda akan bisa menerapkannya ketika anda akan menentukan nama domain untuk situs anda. Ingat, di era sekarang ini, semua bisnis, dari yang berskala kecil sampai besar hampir semuanya mempunya website sendiri. Jika anda tidak mempersiapkan setiap detailnya dengan hati-hati, termasuk menentukan nama domain yang baik, hal tersebut akan sangat merugikan anda baik dari segi waktu, energi bahkan biaya sekalipun. Segera daftarkan nama domain anda pada penyedia domain murah terbaik no 1 Indonesia IDwebhost sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Last edited by numpanglewat; 22nd August 2016 at 02:34 PM..
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links