View Single Post
Old 25th March 2013, 02:08 AM   #1
Warga Forumku
 
maxmanroe's Avatar
 
Join Date: 6 Jan 2013
Userid: 763
Location: Jakarta Selatan
Posts: 12
Real Name: Max Manroe
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Beberapa Peluang Bisnis Dengan Modal Kecil

Biasanya calon pengusaha yang kurang modal atau tidak ada modal akan buru-buru menghentikan niatnya dalam berbisnis, dan hanya sebagian dari calon pengusaha itu yang benar-benar melakukan niatnya walaupun modalnya memang sedikit atau bahkan tidak ada. Ini adalah pengalaman dari seorang teman saya yang cukup sukses dalam berbisnis, bahkan sekarang bisnis nya itu sekarang dipasarkan melalui internet. Bisnis apa yang dia kerjakan? Ayo baca terus artikel ini.

Sebenarnya bisnis apapun itu kalau dilakukan dengan tekun, dan kerja keras, semua usaha itu tidak akan sia-sia. Ok, kita mau saling sharing tentang bisnis apa saja yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal yang tidak besar. Saya akan tuliskan beberapa peluang bisnis dengan modal kecil yang saya tahu, dan saya minta masukan dari teman-teman bisnis apa saja yang bisa menghasilkan walaupun modalnya kecil.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis modal kecil yang saya ketahui:

A. Berbisnis secara offline di rumah

Bisnis ini tidak perlu dilakukan disebuah tempat khusus yang harus di sewa, kita bisa gunakan rumah kita sebagai tempat bisnis juga.

1. Membuka warung
Memang bisnis ini membutuhkan modal, tapi tidak terlalu besar. Namun kita perlu memperhatikan kebutuhan orang di sekitar kita dan juga tingkat persaingan yang ada agar bisnis kita tidak mengalami kerugian yang fatal.

2. Membuka jasa menjahit baju:
Tentu saja kita harus bisa menjahit, dan membutuhkan mesin penjahit di rumah kita. Sekarang ini banyak lho orang yg ingin menjahitkan atau permak bajunya agar sesuai dengan keinginan mereka. Nah mereka ini adalah target market yang bisa didapat.

3. Membuat makanan/snack
Ibu-ibu atau pemudah sekarang lumayan banyak yang bisa memasak makanan yang unik. Kalau salah satu anggota keluarga kita memiliki kemampuan dalam memasak dan membuat kue-kue, maka tidak ada salahnya bila kita mulai membuka bisnis dan menjual makanan dan kue-kue itu. Awalnya mungkin bisa menjual ke tetangga atau keluarga lain, tapi tidak menutup kemungkinan kita bisa juga menjualnya secara luas.

4. Membuka les/ private:
Pengalaman saya waktu kuliah dulu, saya pernah memberikan private belajar bermain gitar pada orang. Saya tidak perlu ruang khusus, saya hanya menggunakan teras rumah kadang di ruang tamu untuk memberikan private cara bermain gitar. Memang hasilnya tidak terlalu banyak tapi lumayan lah untuk ukuran anak kuliahan. Nah bila kita memiliki keahlian dan kelebihan di bidang tertentu misalnya; memasak, bahasa inggris, bermain gitar, piano, jago bikin website, ahli menulis, dan lain-lain, kita bisa menjual keahlian itu pada orang lain yang memang ingin belajar.

5. Membuka jasa design dan edit foto
Untuk bisa membuka jasa ini kita harus memiliki kemampuan dalam editing foto dengan menggunakan software komputer seperti; photoshop, coreldraw, dan lainnya. Selain itu kita juga perlu mempersiapkan komputer yang mendukung dan juga alat print bila pelanggan ingin mencetak foto yang sudah diedit.

6. Dan lain-lain.... you name it

B. Berbisnis online dari rumah

Nah bisnis online ini lebih fleksibel dibanding berbisnis offline, tapi bukan berarti kita bisa mengerjakannya dengan santai-santai. Bila kita punya bisnis offline dan ingin meningkatkan penjualan maka kita bisa menggunakan media internet sebagai media promosi, hasilnya dijamin akan lebih mantap hehehe

1. Menjadi penulis artikel
Mungkin ga terlalu banyak orang yang menyukai profesi ini karena merasa kurang mampu menulis artikel. Yah, memang untuk bisa menjadi penulis dan dibayar orang lain, kita harus bisa menulis artikel dengan baik dan enak dibaca. Bisnis ini bisa dikerjakan dari rumah, tentu saja kita harus punya komputer dan koneksi internet yang baik untuk menerima dan mengirimkan job. Menurut informasi yang saya dapat, penghasilan dari menulis artikel bisa berfariasi tergantung tingkat kesulitan topik yang dibuat, biasanya artikel yang dibuat dibayar seharga Rp 15.000 - Rp 30.000,- (tergantung topik dan jumlah katanya).

2. Berbisnis iklan di blog
Kita bisa mengikuti program PPC (pay per click) atau PPS (pay per sale). Bila kita memiliki sebuah blog dengan jumlah trafik yang cukup banyak, maka kita bisa mendaftar untuk menjadi publisher di google adsense atau menyediakan space iklan di blog atau bahkan bisa menggabungkan keduanya. Harga klik dari google adsense memang tidak terlalu besar apalagi untuk di Indonesia, namun penghasilan dari google Adsense sudah terbukti bisa memberikan penghasilan yang lumayan besar hingga ribuan dollar, tapi itu tergantung trafik blog dan juga topik dalam blog kita.

3. Toko online
Sangat cocok untuk orang yang memiliki bisnis offline dan ingin go online untuk meningkatkan penjualan menjadi lebih besar. Selain itu bisnis ini juga cocok untuk orang yg ingin berbisnis model dropship atau reseller, jadi tidak perlu repot tentang pengadaan produk dan bisa fokus pada proses promosi.

Itu adalah beberapa peluang bisnis modal kecil yang saya ketahui. Bila teman-teman ada tambahan tentang bisnis yang lain bisa melalui komentar. Ingat ya, bisnis yang bisa dikerjakan walau dengan modal yang kecil. Ok, cukup sekian mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya. Thanks
__________________
Senyum adalah jarak terdekat antara dua manusia. So, smile and be my friend

Ane lagi Belajar Internet Marketing | Twitter : Follow my twitter | Google+ : Join My Circle | Facebook: Connecting With me
Likes:(1)
maxmanroe is offline   Reply With Quote
Sponsored Links