View Single Post
Old 16th September 2016, 03:25 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 23 Jul 2016
Userid: 5255
Posts: 6
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Manfaat Daun Pepaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Dari rasanya yang pahit da tidak enak, ternyata daun pepaya memiliki segudang khasiat bagi tubuh kita seperti berikut:
1. Sifat anti kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh.

2.Menghambat pertumbuhan bakteri

Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin.

3.Meningkatkan imunitas tubuh

Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

4.Obat malaria dan pencegah demam berdarah

Daun pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga. Dengan demikian, jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

5.Mengurangi nyeri haid

Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya dengan merebus beberapa ambil 1 daun pepaya, tambahkan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. Minumlah ramuan ini pada saat datang bulan.

6.Mengobati masalah pencernaan

Rebusan daun pepaya dapat mengurangi mulas dan perangsang nafsu makan. Daun pepaya juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi bagi sebagian orang, yang dikenal sebagai penyakit celiac.

7.Mengobati penyakit pembesaran prostat

Daun pepaya dapat membantu anda yang mengalami permasalahan pembesaran prostat jinak, selain itu daun ini juga dapat membantu menggurangi berbagai masalah terkait pembesaran prostat seperti masalah lesi dubur.

8.Membantu menghilangkan jerawat

Cobalah masker daun pepaya dengan meblendernya hingga menjadi pasta kemudia balurkan ke wajah, maka jerawat membandelpun hilang.

9.Meningkatkan trombosit

Penelitian di seluruh dunia telah mengungkapkan bahwa daun ‘pahit’ pepaya sangat efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terutama untuk kasus kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah dan banyak lagi.

10.Mencegah katarak

Daun pepaya sangat penting untuk mencegah penyakit katarak.

11.Mengobati enfisema

Daun pepaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru paru.

12.Agen pembersih kulit

Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan noda.

13.Kondisioner Alami

Ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai kondisioner bersama dengan bahan lain seperti santan dan manfaat madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini akan mmebuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.

14.Menghilangkan ketombe

Ekstrak daun pepaya terutama digunakan sebagai bahan pembuatan sampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping.

Nah itulah khasiatnya daun pepaya bagi kita, wah bisa dipakai jadi masker pembersih jerawat juga loh ternyata . Selamat mencoba
indrangr23 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links