View Single Post
Old 20th September 2016, 11:22 AM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Siswa Ketika Belajar


ilustrasi

Belajar adalah suatu keharusan bagi semua orang, apalagi jika kamu masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah. Namun perlu diketahui, belajar juga harus efektif agar materi yang ingin didapatkan bisa terserap dengan baik. Sebaiknya kamu menghindari cara-cara di bawah ini dalam belajar yang tidak efektif. Mengapa? Karena materi tidak bisa terserap dengan baik. Ini dia kebiasaan buruk dalam belajar yang perlu diketahui.

1. Belajar sampai larut malam

Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan oleh siswa. Belajar sebelum hari ujian atau tes dan berusaha mengingat materi sebanyak-banyaknya. Padahal, kebiasaan ini merupakan salah satu metode yang salah dan sangat fatal untuk dilakukan pada malam sebelum ujian digelar.

2. Jarang mengulas pelajaran

Otak membutuhkan kegiatan repetitif untuk dapat mengingat sesuatu. Untuk dapat mengingat dan memahami materi yang dipelajari perlu adanya pengulangan saat mengulas materi selama beberapa kali.

3. Metode Belajar yang Kurang Aktif


Hanya statis menggunakan satu metode belajar. Contohnya hanya membaca. Padahal membaca adalah langkah awal dalam belajar. Agar materi pembelajaran dapat terserap dengan efektif, kita harus melakukan repetisi pembelajaran melalui berbagai cara, seperti menulis, merangkum, berlatih soal, mengecek sumber lain dari materi tersebut, dan berdiskusi dengan orang lain unntuk membantu memudahkan otak dalam memahami dan mengingat materi.

4. Tidak Terstruktur

Kita harus mengerti dimana letak kemampuan diri sehingga kita dapat mengurutkan topik dan tingkatan materi yang mudah untuk dipelajari sampai dengan materi yang paling sulit untuk dikuasai. Dengan demikian alokasi waktu dan energi yang diberikan untuk mempelajari materi pelajaran-pelajaran tersebut pun tidak akan terbuang sia-sia dan dapat memberikan hasil yang efektif.

5. Belajar hanya seperlunya

Memahami materi belajar akan memudahkan otak untuk dapat mengingat materi tersebut dalam jangka panjang. Untuk itu, kita perlu membentuk kerangka tentang materi yang akan kita pelajari. Kita tidak akan dapat memahami kerangka ini jika hanya membuka buku atau belajar seperlunya.

Kebanyakan siswa tidak mengatur waktunya dengan baik, sehingga sering merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk belajar. Manajemen waktu yang lebih efisien dapat mengoptimalkan waktu belajar dengan baik. Kuncinya adalah niat untuk berubah, usaha, dan kesabaran untuk terus mencoba.

Taukah kamu, sekolah-sekolah di Indonesia sudah menerapkan beberapa sistem pendidikan. Namun Sistem pendidikan seperti apa yang terbaik untukmu? Ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab untuk mengetahui sistem manakah yang terbaik untuk pendidikan yang cocok untuk mu dengan mengikuti tautan di atas.

Sebaiknya cara belajar di atas tidak dilakukan ya! Walaupun sudah menjadi kebiasaan, kamu bisa mulai menghindarinya dan memilih cara belajar yang lebih efektif. Good luck!
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links