View Single Post
Old 26th September 2016, 10:50 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 16 Aug 2016
Userid: 5344
Posts: 450
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis

Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis Ginjal adalah organ tubuh yang bekerja untuk menyaring kotoran di dalam darah. lalu kemudian dibuang melalui saluran kencing. Penyakit batu ginjal disebabkan oleh kotoran dari sisa makanan yang membentuk kristal dan mengeras pada ginjal.


Hal ini memang pada beberapa makanan yang sering kita konsumsi ada yang memiliki kandungan mineral tinggi yang menjadi pemicu utama Kerusakan Ginjal. Oleh sebab itu, jika Anda telah menderita penyakit Ginjal Kronis, sebaiknya saat ini harus memperhatikan asupan makan dan pantangan yang dilarang oleh penderita Ginjal kronis.
Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis

Penderita penyakit ginjal kronis tidak boleh memakan makanan dengan kandungan kalium dan protein yang tinggi. Selain itu, karbohidrat dan mineralnya dibatasi. Kemudian apa saja makanan yang wajib dihindari penderita penyakit ginjal kronis ? Inilah beberapa makanan yang wajib dihindari oleh penderita penyakit ginjal kronis.

1.Daging
Aneka macam daging seperti daging merah, daging ayam dan daging sapi juga mengandung protein hewani tinggi yang sama-sama sulit disaring oleh tubuh pasien, yang disarankan adalah memakan daging ikan saja yang mengandung omega 3.

2.Nasi
Nasi adalah karbohidrat utama bagi sebagian besar dari kita, tidak memakan nasi dalam sehari akan terasa seperti tidak makan makanan berat. Tetapi untuk dikonsumsi oleh pasien. Nasi mengandung gula dan akan membuat rasa haus timbul saat mengkonsumsinya.

3.Garam
Makanan yang mengandung banyak garam akan memperbanyak produksi air dalam tubuh. Sehingga tidak dapat dicerna oleh ginjal, makanan yang asin akan memicu tekanan darah tinggi dimana dapat memperparah ginjal. Para penderita ginjal wajin mengantur tekanan darah untuk selalu dalam keadaan normal.

4.Sayuran
Sama seperti buah-buhan dan sayuran yang mengandung banyak mineral dan nutrisi juga tidak boleh banyak-banyak dikonsumsi oleh pasien ginjal kronis. Mineral yang dikonsumsi terlalu banyak tidak mudah dicerna oleh ginjal yang sudah rusak (kronis) dan akan menumpuk di paru-paru sehingga dapat memicu kematian.

5.Keju
Olahan susu salah satunya kejuga tidak boleh dikonsumsi oleh pasien ginjal kronis. Sebab keju mengandung kalium juga fosfor dan kaya akan potasium. Bagi penderita ginjal kronis, kalium memang harus dihindari. Sedangkan makanan yang mengandung banyak fosfor akan menumpuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalam tubuh.


Kami akan rekomendasikan makanan dan minuman yang menyehatkan ginjal yaitu jus buah atau jus sayur, bawang putih, paprika, jus tomat, kembang kol,jus anggur, kubis, jus cranberry, bawang merah dan daun seledri.


Itulah sekilas informasi mengenai Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda. dan jangan pernah menyepelkan penyakit ginjal karena akan menyebabkan kematian. Baca juga Obat Ginjal Selain Cuci Darah
Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal Kronis
nengikakartika is offline   Reply With Quote
Sponsored Links