View Single Post
Old 6th October 2016, 12:53 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Arab Saudi Gelar Latihan AL di Teluk, Iran: Menjauh Dari Perairan Kami!

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4236/ara...perairan-kami/ ------- Hobbymiliter.com – Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) telah mengeluarkan peringatan keras kepada setiap kapal perang yang akan ikut serta dalam latihan angkatan laut Arab Saudi di Teluk Persia. Latihan yang sedianya akan digelar di Teluk Oman dan Selat Hormuz tersebut menurut IRGC, berpotensi melanggar kedaulatan wilayahnya.
Peringatan yang ditujukan kepada Arab Saudi dan sekutu-sekutunya tersebut mengindikasikan bahwa IRGC sebagai angkatan militer Syiah Iran menganggap bahwa latihan tersebut sebagai suatu upaya dari Saudi untuk merongrong perairannya.
Dalam pernyataan resminya, IRGC mengingatkan agar setiap kapal perang yang berpartisipasi dalam latihan tersebut untuk tidak menyeberangi teritorial perairannya, ataupun menggunakan jalur perairan internasional yang dekat dengan garis kedaulatannya.
Angkatan Laut Militer Iran dan Angkatan Laut IRGC disebut-sebut sudah siap secara materi untuk berperang di Teluk Persia demi “membela Iran dari ancaman Saudi,” jika sewaktu-waktu kedua negara seteru ideologi tersebut sempat bersitegang.

Marinir Arab Saudi yang menggelar simulasi operasi penyergapan pantai dalam latihan Gulf Shield 1. Sumber: Saudi Press AgencyLatihan Arab Saudi bertajuk Gulf Shield 1 tersebut mengikutsertakan unit Armada Timur Pasukan AL Kerajaan Saudi, termasuk diantaranya kapal tempur, pesawat angkatan laut, serta unit kapal pengaman khusus.
Panglima Angkatan Laut Kerajaan Saudi Abdullah al-Sultan mengatakan latihan tersebut merupakan bagian dari gerak badan militer Riyadh untuk meningkatkan kesiapan tempur, memperoleh kemampuan yang dibutuhkan, serta meningkatkan kecakapan dalam melakukan misi-misi penting.
Menteri Pertahanan Iran Hossein Defqan mengatakan pasukan AL Militer Iran terus mengawasi setiap pergerakan kapal di Teluk Persia dan akan melakukan konfrontasi apabila terdapat gangguan yang dialamatkan ke wilayah kedaulatannya.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links