View Single Post
Old 7th October 2016, 07:32 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Bersiap Hadapi PD III, Rusia Pertimbangkan Buka Pangkalan Militer Di Vietnam dan Kuba

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4273/4273/ ------- Hobbymiliter.com – Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Nikolai Pankov mengatakan bahwa pihaknya sedang “mengkaji ulang” kemungkinan untuk membuka kembali pangkalan militer di Vietnam dan Kuba. Hal ini ia sampaikan di hadapan majelis rendah parlemen Rusia (Duma) beberapa hari silam.
Saat ditemui oleh wartawan media Rusia mengenai informasi lebih lanjut dan alasan dibalik rencana tersebut, Pankov mengatakan bahwa “Kami sedang mengatasi permasalahan tersebut.”
Pada awal 2000-an, Rusia resmi angkat kaki dari Havana, Cuba, dan mencabut fasilitas sinyal intelijen Lourdes yang mereka pasang disana. Selain itu, Moskow juga menutup pangkalan laut Cam Ranh yang terletak di pesisir tenggara Vietnam. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Rusia untuk mengurangi beban militer pasca kejatuhan Uni Soviet.
Namun, kian hari, kebijakan luar negeri Moskow menjadi semakin agresif dan banyak menimbulkan ketegangan dengan AS dan negara-negara sekutunya. Konflik Ukraina dan Suriah adalah dua contoh konkrit kebijakan tersebut.
Berita mengenai pembukaan pangkalan militer baru Rusia muncul setelah Finlandia melaporkan adanya dugaan pelanggaran kedaulatan udara yang dilakukan oleh jet-jet tempur Rusia. Berita tersebut juga bertepatan satu hari setelah Putin resmi mengirim kapal perang ke kawasan Mediterania.
Kapal korvet rudal Mirazh yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Malakhit tersebut mengikuti jejak dua kapal rudal yang sebelumnya telah bersandar di Mediterania pada Rabu, 5 Oktober kemarin.

Warga Rusia yang mengikuti latihan militer besar-besar. Sekitar 40 juta warga sipil ikut dalam latihan evakuasi bencana tersebut. Sumber: AFPBeberapa hari sebelumnya Presiden Vladimir Putin mengumumkan latihan wajib militer besar-besaran yang mengikutsertakan sekitar 40 juta warga sipil selama empat hari. Latihan massal tersebut membuat pengamat khawatir dan menyebut Rusia sedang bersiap untuk menghadapi Perang Dunia Ketiga.
Jurubicara Kementerian Pertahanan Sipil, Darurat, dan Pencegahan Dampak Bencana Alam Rusia mengatakan latihan tersebut akan mempersiapkan warga Rusia manakala terjadi “bencana alam dan bencana buatan manusia dalam skala besar.”
Prioritas kami dalam latihan tersebut adalah untuk melatih evakuasi warga sipil dari area-area yang dianggap berpotensi membahayakan,” ujar Menteri Pertahanan Sipil Vladimir Puchkov. Latihan tersebut dimaksudkan untuk menguji koordinasi antara pemerintah federal, regional, dan lokal.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links