View Single Post
Old 8th October 2016, 02:41 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Situs Nuklir Aktif, Korut Bersiap Lancarkan Ujicoba Nuklir Terbarunya

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4286/sit...ir-terbarunya/ ------- Hobbymiliter.com – Sebuah kelompok pengamat pertahanan Amerika Serikat mengatakan bahwa saat ini Korea Utara kemungkinan sedang mempersiapkan ujicoba nuklir terbarunya.
Hal ini didapatkan setelah mereka menyimpulkan sebuah gambar satelit yang merekam adanya “aktivitas berkelanjutan di ketiga kompleks terowongan yang dapat digunakan untuk melangsungkan ujicoba nuklir” di fasilitas ujicoba Punggye-ri.
Laporan tersebut diterbitkan oleh kelompok pengamat yang tergabung dalam situs The 38 North, yang dioperasikan oleh Institut AS-Korea di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies.
Aktivitas yang terakhir kali tercatat dilakukan di fasilitas ujicoba tersebut adalah peledakan rudal nuklir pada 9 September silam. Namun, berdasarkan pantauan gambar satelit diatas, 38 North menduga ada dua kemungkinan. Korut bisa saja sedang bersiap untuk melakukan ujicoba lagi, atau hanya sekadar mengumpulkan data pasca ujicoba 9 September, ataupun menutup ketiga terowongan tersebut.

Gambar tanpa tanggal yang dirilis oleh corong berita Korut, KCNA, menunjukkan rudal nuklir kapal selam yang berhasil mereka ujicoba. Sumber: Reuters/KCNA“Gambar pada 1 Oktober menunjukkan adanya satu unit kendaraan berat di dekat Portal Utara (dan) di dekat Portal Selatan, serta dua unit kendaraan kecil yang terlihat di jalanan. (Selain itu) ada sekelompok orang yang berdiri di salah satu pintu masuk, mengindikasikan adanya pekerjaan baru ataupun pemeliharaan,” tulis 38 North.
“Masih belum jelas apakah aktivitas tersebut terkait dengan (persiapan) ujicoba nuklir, namun kami yakin area tersebut dapat memfasilitasi ujicoba secara penuh karena sudah selesai digali pada 2012 silam,” tambahnya.
Sementara itu, Korea Selatan tetap berjaga-jaga dengan terus berkoordinasi dengan presidennya. “Kami terus menjaga sikap darurat sebagaimana diperintahkan oleh Presiden Park Geun-hye sejak ujicoba nuklir kelima Korut sebulan silam,” kata jurubicara kepresidenan Korsel, Jung Youn-kuk dalam pertemuan pers singkat Kamis, 7 Oktober. “Seoul tetap mengamati dari dekat setiap tanda yang mengindikasikan ujicoba rudal atau nuklir,” tandasnya.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links