View Single Post
Old 13th October 2016, 12:25 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 18 Jul 2016
Userid: 5238
Posts: 115
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Peran orangtua dalam pola asuh anak dalam membentuk karakter anak



Orangtua memang memang menjadi tolak ukur dalam perkembangan anaknya. Yang dimana orangtua wajib memberikan pola asuh anak terbaik agar anak tersebut tumbuh berkembang secara produktif dalam mengalami akan masa-masa yang dilewatinnya.
Membentuk sebuah karakter terhadap anak memang susah-susah gampang tidak para orangtua bersabar di dalam memberikan pengarahan dan bimbingan terhadap anak tersebut. Mungkin sebagai conto kita tidak pernah sadar bahwa anak itu meniru kebiasaan kita dan tingkah laku kita maka dari itu kita harus berhati-hati di dalam bertindak, melakukan pembicaraan yang kasar dan prilaku yang tidak menyenangkan sehingga hal ini yang akan menjadikan anak akan meniru kebiasaan anda. Mungkin seharusnya sebagai orangtua memberikan contoh prilaku yang terbaik bagi anaknya yang mana mengajarkan akan rasa hormat dan berprilaku kasih sayang yang akan membentuk akan karakter anak tersebut.
Dalam pola asuh anak memang orangtua harus intens memberikan pengaruh kepada anaknya tapi di dalam pengaruhnya yaitu berikanlah pengaruh yang positif sehingga di dalam perkembangan akan anak tersebut dalam tahap-tahapnya bisa beradaptasi dengan yang lain kalaulah kita tidak bisa memberikan pengaruh terhadap anak kita menjadi anak yang terbaik. Maka tidak bisa kita pungkiri di dalam masa perkembangannya akan mengalami anak yang tidak mandiri, malas, dan agak tidak percaya diri sehingga berkemungkinan anak tersebut tidak ingin bergaul; dengan lingkungannya.
Banyak cara yang dilakukan oleh orangtua agar anak tersebut tumbuh berkembang secara produktif dan bermanfaat terhadap sesama. Maka peran kita sebagai orangtua jangan pernah kita bosan mendidik anak dari cara dia berbicara, melakukan tindakan dan berikanlah pengarahan yang terbaik agar anak kita tumbuh kembang dewasa dalam kemandirian. Dan perlunya kita juga ajak anak kita mengenal lingkungan lebih jauh namun di dalam pengwasan dan arahan dari kita sebagai orangtua.
Ingat sekali lagi anak kita adalah titipan maka jaga titipan tersebut dengan sebaik-baiknya yang akan memberikan akan kemandiriaan akan anak tersebut.

Last edited by sebulhocky; 30th October 2016 at 11:08 PM..
sebulhocky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links