View Single Post
Old 14th October 2016, 04:30 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Iran Kirim Kapal Perusak Ke Yaman, Potensi Konflik Dengan AS Meluas

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4390/4390/ ------- Hobbymiliter.com – Angkatan Laut Iran telah meluncurkan armada kapal tempur berskala kecil ke wilayah perairan internasional untuk menjalankan beberapa misi jangka pendek, dimana salah satunya adalah untuk mengawasi perairan Teluk Aden di Yaman.
Armada tersebut mengikutsertakan kapal fregat perusak Alvand dan kapal angkut militer Bushehr. Keduanya telah ditugaskan untuk menjaga Teluk Aden dan Selat Bab el-Mandeb untuk melindungi kapal-kapal dagang Yaman dari ancaman pembajakan.
Setelah itu, armada kapal berskala kecil (flotilla) ke-44 milik AL Iran akan menyebrangi perairan Somalia dan Tanzania di pesisir timur Afrika. Setelah bertandang di pelabuhan Tanzania, armada tersebut akan melanjutkan perjalanan ke arah selatan Samudera Hindia, bahkan hingga ke arah pesisir barat Afrika Selatan.
Kehadiran pasukan AL Iran di Teluk Aden bertepatan dengan operasi militer yang digalang oleh Amerika Serikat untuk membantu Arab Saudi dan sekutu-sekutunya melawan pasukan kubu Ansarullah Houthi yang kini memegang tampuk pemerintahan di Yaman. Hal ini tentu berisiko menimbulkan konflik, karena Iran tentu saja akan mendukung habis-habisan rezim Houthi di Yemen yang merupakan sekutu ideologisnya.

Kapal fregat kelas Alvand yang beroperasi di Selat Hormuz. Sumber: Reuters/Al-ArabiyaKamis 13 Oktober kemarin, militer AS meluncurkan serangan rudal jelajah untuk menghancurkan fasilitas radar pantai di Yaman sebagai bentuk balas dendam atas serangan rudal yang dialamatkan ke kapal perusak US Navy.
Kemarin lusa, Pentagon juga mengumumkan bahwa pihaknya telah menghancurkan tiga fasilitas radar yang dikuasai oleh kubu Houthi. Dua diantaranya disebut-sebut terlibat dalam dua serangan rudal yang menargetkan kapal USS Mason selama empat hari terakhir. USS Mason sendiri saat ini masih aktif berpatroli di sekitar Selat Bab al-Mandeb.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links