View Single Post
Old 14th October 2016, 05:36 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Perusahaan Basler Tawarkan Pesawat BT-67 Gunship Ke Filipina

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4400/bas...7-ke-filipina/ ------- HobbyMiliter.com –*Perusahaan asal Amerika Serikat, Basler Turbo Conversions menawarkan pesawat Counter Insurgency atau COIN BT-67 Gunship pada pemerintah Filipina. Seperti dilansir IHS Jane, tawaran ini menindaklanjuti rencana pemerintah Filipina yang sedang mencari pengganti pesawat Rockwell OV-10 Bronco milik Angkatan Udara mereka yang sudah uzur. Pengumuman ini disampaikan perusahaan tersebut pada 12 Oktober 2016 lalu.
BT-67 sejatinya merupakan varian konversi mesin turboprop ganda dari Douglas DC-3 Dakota yang diberikan perlengkapan tambahan berupa avionik digital, kokpit dengan kemampuan yang mendukung operasional dengan menggunakan kacamata penglihatan malam atau Night Vision Gogle-Compatible, radar cuaca serta sensor Forward Looking Infra Red atau FLIR. Pesawat ini ditawarkan sebagai platform pesawat multi peran yang tidak hanya semata menjalankan peran sebagai pesawat kontra insurgensi menggantikan OV-10 Bronco, namun juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi pasukan, survei area sasaran, unit evakuasi medis udara, serta unit patroli maritim bagi Angkaatan Udara Filipina.
Berdasarkan keterangan dari perusahaan Basler Turbo, pesawat tersebut dapat ditawarkan sesuai dengan konfigurasi untuk misi yang diperlukan. Pesawat ini memiliki kemampuan untuk lepas landas di landasan yang pendek atau biasa disebut kemampuan short take-off and landing (STOL). Selain kemampuan tersebut, pesawat ini juga tergolong memiliki kesiapan suku cadang yang tinggi. Saluran gas buang atau exhaust mesin Pratt & Whitney Canada PT6A-67R yang diletakkan di bagian atas dari sayap membuat resiko perkenaan rudal anti serangan udara portabel atau manportable air defence systems (MANPADS) menjadi berkurang drastis.
Pesawat BT-67 memiliki daya angkut muatan seberat 4.500 kilogram atau 4,5 ton pada jarak jangkau maksimal 650 nautikal mil, atau 1.200 kilogram pada jarak jangkau maksimal 1.875 nautikal mil dengan tangki bahan bakar jarak jauh. Kecepatan jelajah pesawat ini adalah 210 knot dan mampu mencapai ketinggian maksimal 13.000 kaki. Pesawat ini telah digunakan oleh Angkatan Udara Kolombia (Varian Gunship), El Savador (Varian Angkut), Guatemala (Varian Angkut), Mali (Varian Angkut), Mauritania (Varian Pesawat Survei), Thailand (Varian Pesawat Riset Khusus), dan Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat (Varian Angkut sekaligus Survei). Pengiriman pesawat ke Filipina dapat dilakukan dalam jangka waktu satu tahun setelah kontrtak ditandatangani. Filipina sendiri sedang bersiap untuk meluncurkan kembali program penggantian OV-10 Bronco, dengan permintaan proposal baru yang akan segera diumumkan pada bulan ini atau bulan depan.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links