View Single Post
Old 15th October 2016, 12:51 AM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default 2017, Littoral Mission Vessel Pertama Bertugas Di AL Singapura

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4403/201...-al-singapura/ ------- HobbyMiliter.com –*RSS Independence, kapal perang kelas Littoral Mission Vessel pertama milik Angkatan Laut Singapura akan beroperasi mulai tahun 2017 mendatang. Dikutip dari janes.com, kapal perang tersebut akan memasuki masa dinas aktif di jajaran AL Singapura pada bulan Mei 2017.
Pusat kendali navigasi RSS Independence (15), tampak bahwa keseluruhan sistem telah dibangun dalam konsol full digital.
Sumber : janes.comLetnan Kolonel Chew Chun-Chau, kepala program Littoral Mission Vessel Singapura menyatakan pada media saat berada di atas kapal RSS Independence (15), 30 September 2016 lalu, bahwa uji coba sistem manajemen tempur atau CMS kapal dan sistem pendukung untuk berbagai misi yang akan dibebankan pada kapal ini, akan dilakukan pada bulan – bulan persiapan menuju masuknya LMV pertama ini kedalam masa operasional.
Letkol Chew juga menyatakan bahwa program riset dan pengembangan sedang dilakukan untuk membangun beberapa jenis modul misi yang akan memampukan kapal untuk dapat dikonfigurasikan dengan cepat sesuai kebutuhan khusus yang diperlukan. Sebagai contoh, ia menjelaskan bahwa modul intervensi medis yang disebutnya sebagai Rapidly Deployable Maritime Containers (RDMC) telah di uji cobakan pada bulan Juli lalu.
”Kami juga sedang berencana untuk menempatkan wahana unmanned aerial vehicles (UAVs) melalui dek misi tempur” ujarnya pada media IHS Jane diatas dek misi tempur kapal berukuran panjang 25 meter dan lebar 12,8 meter itu. “Kami dapat menaruh hingga empat unit kontainer peti kemas ukuran dua puluh kaki pada bagian buritan dengan masih menyisakan tempat berukuran sekitar sepuluh kali sepuluh meter untuk operasional UAV” lanjutnya lagi.

RSS Independence saat melakukan demonstrasi penerimaan Rigid Inflatable Boat atau RIB 30 September lalu.
Sumber : janes.com“Saat ini Angkatan Laut telah menugaskan unit UAV Boeing ScanEagle.. dan masih ada ruang kosong yang lebih dari cukup untuk memasang ketapel peluncur dan sistem recovery skyhook diatas dek ini” ujar Letkol Chew menjelaskan, mengingatkan bahwa masih terbuka kemungkinan bagi Angkatan Laut Singapura untuk meng-akuisisi platform UAV yang lain. “Jika kita memutuskan untuk memperkenalkan sistem UAV baru dengan kemampuan Vertical Take-Off and Landing atau VTOL, maka kita tidak lagi membutuhkan sistem (recovery) ini” sambungnya mengakhiri penjelasan tersebut.
RSS Independence diluncurkan di galangan kapal ST Marine Singapura di daerah Benoi pada 3 Juli 2015 dan telah menjalani serangkaian tes penerimaan dan uji layar atau Sea Trial berkenaan dengan penyerahan kepada Angkatan Laut Singapura, untuk kemudian ditempatkan pada Skuadron 182 Maritime Security Task Force (MSTF) pada 26 Mei 2016.
Delapan unit kapal multi peran dengan dimensi panjang 80 meter dan bobot 1.250 ton ini dibuat dengan dana dari Kementerian Pertahanan Singapura sejak Januari 2013. Kapal Littoral Mission Vessel ini akan menggantikan 11 unit kapal patroli kelas Fearless milik AL Singapura yang telah memasuki masa dinas sejak tahun 1990.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links