View Single Post
Old 17th October 2016, 03:24 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Operasi Pembebasan Kota Mosul Dari Tangan ISIS Dimulai

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4453/ope...mosul-dimulai/ ------- HobbyMiliter.com –*Sebuah serangan ofensif untuk membebaskan kota Mosul yang dikendalikan pasukan ISIS telah dimulai, ujar perdana menteri Irak, Haider al-Abadi pada sebuah siaran televisi Senin dini hari waktu setempat. “Penduduk provinsi Niniwe yang kami sayangi, lonceng kemenangan telah berbunyi, dan operasi pembebasan kota Mosul telah dimulai,” ujarnya. “Saya umumkan bahwa hari ini telah dimulai operasi untuk membebaskan kalian dari kebrutalan dan teror ISIS. Yakini, Tuhan menyertai kita semua, kita akan bertemu di tanah kota Mosul dimana kita akan bersama – sama merayakan kemenangan dan kebebasan kita.” Sambungnya pada siaran tersebut.
Perdana Menteri Irak menyatakan bahwa hanya pasukan Tentara Irak dan Polisi Nasional Irak yang berhak memasuki kota, dan tidak boleh ada pasukan lain selain dua elemen tersebut di dalam wilayah kota.
Turut berjuang bersama mereka, pasukan dari Popular Mobilization Units yang merupakan gabungan dari berbagai elemen etnis suku dan agama yang juga berupaya melawan ISIS. Pasukan tersebut mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan menarget terowongan serta parit pertahanan ISIS disebelah Selatan kota Mosul dengan munisi Thermobaric berdaya hancur tinggi.
Mengalahkan ISIS di Mosul merupakan salah satu objektif utama dari pemerintahan PM Abadi. Selama ini pemerintahan PM Abadi berusaha meningkatkan kredibilitas nya dimata rakyat dengan ambisinya untuk mengakhiri dominasi ISIS di daerah Irak Utara yang dikenal kaya akan minyak bumi.

Konvoi pasukan Peshmerga Kurdi di wilayah Timur kota Mosul.
Sumber : APMengarahkan pasukan dari kota – kota pelabuhan menuju lebih dekat ke perbatasan dengan Suriah dan Turki juga dapat memutus mata rantai jalur logistik, senjata, serta bantuan pasukan dari unsur ISIS yang berada di negara – negara tetangga lainnya.
Pertempuran ini diperkirakan akan berlangsung selama beberapa minggu, bahkan beberapa bulan jika keadaan akan memburuk. Dan jika operasi pembebasan Fallujah dan Ramadi dari cengkraman ISIS adalah suatu indikator, maka dapat dikatakan bahwa operasi pembebasan Mosul adalah operasi pamungkas yang akan berlangsung dalam bentuk pertempuran jarak dekat.
Selain itu, pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat juga telah melakukan serangan udara terhadap target – target yang dicurigai sebagai lokasi basis kekuatan ISIS selama lebih dari satu tahun.
Pusat komando Nineveh Liberation Operations Center yang dibuat untuk mengkoordinasikan berbagai operasi di daerah provinsi Niniwe juga telah mendatangkan penasehat – penasehat pertempuran dari Amerika dan Inggris. Tidak hanya itu, sebuah unit pasukan artileri milik tentara Amerika Serikat telah disiapkan untuk membantu menyediakan tembakan bantuan untuk pasukan yang bergerak di sebelah Selatan kota Mosul. Tanda tanda akan diadakan nya operasi pembebasan kota Mosul juga semakin terlihat setelah kemarin sebuah serangan udara dilancarkan dengan men target kan sebuah jembatan utama yang berada di kota Mosul.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links