View Single Post
Old 19th October 2016, 01:31 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 3 Oct 2016
Userid: 5572
Posts: 156
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Turki Kirim Angkatan Udaranya Untuk Bantu Lawan ISIS di Mosul

---- source: http://www.hobbymiliter.com/4514/tur...isis-di-mosul/ ------- Hobbymiliter.com – Turki pada hari Selasa (18 Oktober) resmi mengkonfirmasi bahwa angkatan udaranya akan ikut ambil bagian dalam operasi untuk menumpas ISIS dari kota Mosul di Irak. Laporan ini disampaikan oleh kantor berita Anadolu yang mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Turki, Fikri Isik.
Isik mengeluarkan pernyataan tersebut saat sedang mengunjungi kantor kedutaan besar Turki di Roma pada Selasa malam waktu Eropa. Pasca pertemuan dengan para menteri pertahanan negara-negara Eropa wilayah Mediterania, Isik mengatakan, “Kami sudah mengadakan persetujuan dengan pasukan koalisi (AS dan NATO) bahwa angkatan udara kami akan ikut serta dalam operasi Mosul.”
Ketika ditanya soal undangan dari negara koalisi untuk mengikutsertakan Turki dalam perundingan di Paris mendatang, Isik menjawab, “Tidak mungkin masa depan Mosul diputuskan tanpa (campur tangan) Turki.”
Operasi pembebasan Mosul dari tangan ISIS sudah memasuki hari ketiga. Pada hari kedua (Selasa) kemarin, kelompok teroris tersebut mengalami banyak kemunduran. Padahal, pemimpin mereka Abu Bakar al-Baghdadi rela ikut dikepung di Mosul demi meningkatkan semangat juang para militan ISIS.

Jet tempur F-series Turki. Sumber: XairforcesOperasi pembebasan Mosul adalah puncak dari usaha pasukan pemerintah Irak, militan Kurdistan, dan pasukan udara koalisi Amerika Serikat yang selama beberapa bulan terakhir banyak membebaskan wilayah utara dan barat Irak dari tangan kelompok teroris.
Pasukan Irak dilaporkan sudah berhasil merebut sekitar 50 ladang minyak di seputar wilayah Mosul. Militan ISIS berusaha untuk membatasi pergerakan pasukan Irak dengan membakar beberapa ladang minyak.
Pemerintah Baghdad sendiri sudah bersumpah akan mengakhiri kekuasaan ISIS di Mosul, dan merebut seluruh isi kota pada akhir tahun ini.
hobbymiliter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links