View Single Post
Old 2nd December 2016, 02:48 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan

Telur, siapa yang tidak suka dengan telur? Yang biasa sering kita jadikan sebagai menu sarapan yang di kombinasikan dengan roti atau juga bisa dengan hanya di jadikan lauk untuk nasi. Telur ini sudah di kenal sejak dulu dan di percaya memiliki banyak vitamin dan kandungan-kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dalam pertemuan kali ini saya akan membahas tentang salah satu telur yang memiliki ciri warna hijau kebiru-biruan, yang juga memiliki ukuran lebih besar jika di bandingkan dengan telur-telur lainnya.

Apakah anda tahu telur apa yang di maksud? Ya, apalagi kalau bukan telur bebek. Telur bebek atau yang biasa di sebut dengan telur itik ini memiliki ciri warna yang khas yaitu hijau kebiru-biruan, yang juga memiliki ukuran lebih besar dan bagian kuning dari telur ini memiliki warna kuning tua dan besar di sertai dengan bau lebih amis dari telur ayam.

Telur bebek ini di hasilkan dari hewan yang bernama bebek atau itik yang kemudian telurnya di sebut sesuai namanya. Telur bebek ini secara kasat mata hampir sama dengan telur ayam, hanya saja pada telur bebek memiliki besar mencapai 50% dari besar telur ayam. Variasi warna telurnya juga bermacam-macam tergantung perkembangbiakannya, tapi secara umum warna telur bebek ini berwarna abu-abu bahkan juga bisa berwarna hitam.

Dan biasanya telur bebek ini juga sering di jadikan sebagai bahan untuk memasak dan di buat sebagai tambahan untuk beberapa jenis makanan, tidak hanya itu ternyata telur bebek ini dari sejak dulu sudah di percaya memiliki manfaat sebagai obat tradisional yang dapat memberikan efek kesehatan di dalam dan di luar tubuh.

Jika di lihat secara signifikan kandungan lemak yang ada di dalam telur bebek ini sangat tinggi jika di bandingkan dengan telur ayam yang memiliki lemak rendah, namun bukan hanya kandungan lemaknya saja kandungan protein yang di hasilkan telur bebek ini juga sangat tinggi jika di bandingkan dengan telur ayam.

Manfaat yang di hasilkan telur bebek ini sangat sekali bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan protein yang banyak yang terkandung di dalamnya, telur bebek ini sering kita jumpai dengan berbagai macam olahan namun biasanya di jadikan sebagai telur asin. Telur bebek memiliki kualitas dan tekstur yang baik dan kenyal, lezat dan dapat menyerap garam lebih tinggi.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam telur bebek
Kandungan telur bebek ada banyak sekali yang dapat bermanfaat untuk tubuh, ingin tahu apa saja kandungannya? Simak uraian berikut ini:
  1. Energi
  2. Besi
  3. Fosfor
  4. Karbohidrat
  5. Protein
  6. Lemak
  7. Kalsium
  8. Air
  9. Vitamin A
  10. Vitamin B
  11. Vitamin C

Manfaat telur bebek untuk kesehatan
Ukuran telur bebek memang lebih besar jika di bandingkan dengan telur ayam, tapi bukan hanya ukurannya saja manfaatnya juga lebih besar apalagi untuk kesehatan. Berikut manfaat telur bebek:
  • Menjaga mata agar tetap sehat
    Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya telah di percaya dapat menjaga kesehatan mata, mata yang kurang asupan vitamin akan berwarna keruh dan tidak bening. Mata juga menjadi kuning karena kekurangan vitamin, dengan 1 butir telur bebek mengandung vitamin A sebesar 472 IU, yang mana vitamin A sebesar ini merupakan asupan vitamin yang sangat di rekomendasikan setiap harinya.
  • Menjaga tulang dan gigi
    Jika anda sering mengkonsumsi vitamin A, maka gigi dan tulang akan terhindar dari keropos. Tulang dan gigi yang keropos akan membuat penampilan anda kedepannya akan semakin terbebani.
  • Membuang radikal bebas & meningkatkan sistem imun
    Selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Karena adanya antioksidan yang merupakan salah satu zat yang dapat memerangi radikal bebas dan meningkatkan sistem imun.
  • Membantu metabolisme tubuh & pencernaan
    Vitamin E yang ada di dalam telur bebek sangat bermanfaat dalam membantu sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh pada manusia. Di dalam telur bebek terdapat sekitar 0,9 miligram vitamin E, yang mana vitamin E ini memiliki kandungan yang sangat baik yaitu untuk membantu metabolisme tubuh dan pencernaan manusia.
  • Membantu tubuh manusia dalam memproduksi hormon
    Telur bebek memiliki kandungan mineral dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yang mana kandungan telur bebek ini juga mengandung selenium. Selenium ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu tubuh dalam menciptakan hormon bernama tiroid.

    Zat besi yang terdapat dalam telur bebek ini bermanfaat juga dalam memproduksi sel darah merah, yang mana darah merah ini berfungsi dalam membawa dan mengangkut oksigen yang ada di dalam tubuh dan di edarkan ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja zat besi juga berfungsi dalam menghasilkan energi bagi tubuh.

Nah, itulah manfaat telur bebek bagi kesehatan. Untuk itu sangat di sarankan bagi anda yang belum mencoba telur bebek ini untuk segera mencoba untuk dapat mengkonsumsinya, agar manfaat yang ada di dalamnya dapat anda dapatkan.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dari saya Terima kasih.
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links