View Single Post
Old 5th December 2016, 11:26 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Manfaat Yang Dimiliki Cabai Rawit Untuk Kesehatan

Mungkin di telinga anda sudah tidak asing lagi kan jika mendengar istilah “kecil-kecil cabai rawit”? Tapi apakah anda tahu kenapa di adakan istilah seperti itu? Sebab di adakannya istilah tersebut, ini ada kaitannya dengan manfaat cabai rawit yang sangat luar biasa. Di balik bentuknya yang kecil cabai rawit ini mengandung banyak nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh, yang mana khasiat cabai rawit ini di luar dugaan kita.

Bagi anda yang gemar rasa pedas, sangat cocok sekali untuk mengikuti pembahasan yang satu ini. Namun bagi anda yang kurang menyukai rasa pedas, cobalah untuk mengusahakan sedikit menyukainya. Dan anda harus percaya jika rasa pedas itu sangat nikmat, coba bagi anda yang menyukai rasa pedas pasti akan merasa tidak enak jika makanan atau camilan yang anda konsumsi tidak memiliki rasa pedas.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas tentang manfaat cabai rawit untuk kesehatan. Tapi sebelum kita membahasnya, ada baiknya jika kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu cabai rawit. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak ulasan berikut ini.

Cabai rawit adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam kategori sayuran, yang mana tanaman ini dapat di gunakan sebagai bahan tambahan ke dalam masakan agar masakan yang akan kita makan nantinya memiliki rasa yang sangat beragam. Rasa yang di berikan cabai rawit ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan karena di dalam cabai rawit memiliki kandungan yang bernama capsaicin yang dapat menghasilkan rasa pedas pada tumbuhan ini.

Mungkin tidak banyak yang tahu jika di balik bentuknya yang kecil ini terkandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Khususnya bagi pecinta menu kuliner pedas, cabai rawit ini menjadi salah satu bumbu favorit dan wajib untuk di konsumsi karena rasanya yang pedas sehingga tanaman ini cukup banyak di gunakan orang sebagai salah satu bumbu dapur.

Cabai rawit ini memiliki nama ilmiah yaitu capsicum frutescens yang masuk ke dalam jenis tanaman solonaceae atau terung-terungan. Jenis cabai rawit ini juga berbeda-beda, diantaranya cabai rawit putih, cabai rawit ceplik dan cabai rawit ceblik hijau. Yang mana cabai rawit ini memiliki kandungan capsaicin yang berbeda dengan setiap mg/g berat kering, capsaicin ini paling banyak terdapat pada cabai rawit putih dengan angka 13,5 mg/g berat kering.

Kandungan cabai rawit
Selain kandungan capsaicin, kandungan lain yang dimiliki cabai rawit ini juga sangat banyak diantaranya:
  1. Betakaroten atau provitamin A
  2. Vitamin C
  3. Vitamin B1
  4. Vitamin B2
  5. Mineral
  6. Kalsium
  7. Fosfor
  8. Zat Kapsaikin
  9. Zat Kapsisidin
  10. Protein
  11. Karbohidrat
  12. Zat Besi
  13. Niacin
  14. Lasparaginase
  15. Kalium
  16. Tembaga
Itulah kandungan yang di miliki cabai rawit, sangat banyak kan? Tapi kali ini bukan hanya kandungannya saja yang akan kita bahas tapi juga manfaat yang di miliki cabai rawit untuk kesehatan. Apakah anda tahu manfaatnya apa saja? Dari pada kita penasaran mari kita simak dengan seksama manfaat cabai rawit untuk kesehatan, uraiannya sebagai berikut.

Manfaat cabai rawit untuk kesehatan
Di bawah ini ada beberapa manfaat yang di miliki cabai rawit untuk kesehatan, diantaranya yaitu:
  • Melancarkan sistem pencernaan
    Bagi anda yang selalu mengalami gangguan dengan pencernaan, bisa anda coba mengkonsumsi cabai rawit ini untuk mengatasinya. Karena cabai rawit mampu menstimulasi sistem pencernaan dengan meningkatkan arus produksi enzim dan juga asam lambung, oleh karena itu akan dapat membantu tubuh dalam proses terjadinya metabolisme makanan.
  • Membantu dalam penurunan berat badan
    Dengan cabai rawit dapat membantu menurunkan berat badan, karena cabai rawit ini mampu meningkatkan proses metabolisme yang juga mampu dalam membakar lemak yang berlebihan.
  • Mengobati infeksi
    Cabai rawit memiliki sifat anti jamur yang mampu mengatasi dalam penyembuhan infeksi sehingga berbagai macam penyakit akibat infeksi dapat di atasi dengan adanya pengkonsumsian cabai rawit.
  • Anti kanker
    Cara kerja cabai rawit untuk menghilangkan kanker adalah dengan cara menghilangkan sel kanker yang ada di dalam tubuh, tetapi proses ini tidak merusak sel normal yang ada pada tubuh. Kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai rawit inilah yang dapat menghilangkan sel kanker, namun ingat jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.
  • Menjaga kekebalan tubuh
    Dengan adanya kandungan vitamin C pada cabai rawit, memiliki fungsi yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jadi kekebalan tubuh manusia dapat terjaga agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Itulah, manfaat cabai rawit untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Dan bagi anda pecinta rasa pedas sangat cocok sekali karena akan mendapatkan manfaat dari rasa pedas yang anda konsumsi yang juga berguna untuk kesehatan tubuh anda, tapi anda juga harus ingat jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, sebab jika anda mengkonsumsinya secara berlebih malah akan merugikan diri anda sendiri yang akan memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat

Last edited by anggisaputra; 6th December 2016 at 10:14 AM..
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links