View Single Post
Old 7th December 2016, 03:52 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Apakah anda pernah mengalami rasa gatal pada selangkangan? Jika pernah pasti rasa seperti itu sangat mengganggu kan? Karena gatal pada selangkangan ini sangat umum sekali terjadi dan hampir semua umur terkena kondisi seperti ini seperti pria maupun wanita. Dan pasti anda bertanya-tanya kan bagaimana cara mengatasi gatal-gatal ini?

Anda tidak perlu khawatir, karena anda sudah tepat dengan membaca informasi yang ada di dalam artikel ini yaitu mengenai cara mengatasi rasa gatal pada selangkangan. Tapi sebelum kita membahasnya ada baiknya terlebih dahulu kita membahas apa yang menjadi penyebab gatal pada selangkangan.

Gatal yang terjadi pada selangkangan umumnya di sebabkan karena adanya Tinea Crucis yang mana tinea crucis ini adalah jenis jamur yang tumbuh pada selangkangan, dan terkadang kita pernah mengalami rasa gatal pada bagian selangkangan ini. Yang mana rasa gatal ini pada umumnya paling sering di alami oleh para pria yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya.

Ada banyak penyebab yang sebenarnya menjadi faktor utama terjadinya rasa gatal ini, yaitu karena adanya iritasi kimia, alergi dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun kondisi yang gatal seperti ini bukanlah kondisi yang serius, tapi akan sangat menjengkelkan jika tidak di tangani dengan cepat yang akan membuat diri kita malu. Oleh karena itu mari kita bahas apa yang menjadi penyebab gatal pada selangkangan.

Penyebab gatal pada selangkangan
Rasa gatal yang sedang anda alami ini tidak mungkin akan tuntas tanpa mengetahui apa yang menjadi masalahnya, oleh karena itu penting untuk kita mengetahui beberapa penyebab yang mengakibatkan gatal pada selangkangan, berikut diantaranya:

Infeksi jamur
Infeksi jamur ini merupakan penyebab yang paling sering menyebabkan gatal di selangkangan yang mana pada daerah selangkangan ini jamur akan mudah tumbuh karena area tersebut lembab apalagi jika kurang kebersihannya. Ciri khas dari jamur selangkangan ini berwarna marah-coklat sampai kehitam-hitaman dengan batas seperti pulau, kulit bersisik dan terkadang terdapat area yang sepertinya sembuh di bagian tengah. Namun biasanya rasa gatal ini akan sangat parah jika terkena keringat.

Intertigo
Merupakan peradangan pada kulit yang hanya mempengaruhi lipatan kulit saja, hal ini terjadi ketika kulit teriritasi oleh gesekan antar kulit dengan pakaian yang di perlukan oleh kelembaban dan panas. Faktor-faktor intertigo mencakup obesitas, panas dan kelembaban, gejala intertigo yaitu kemerahan pada bagian kulit, rasa terbakar dan gatal-gatal di lipatan kulit termasuk juga lipatan paha dan selangkangan.

Infeksi bakteri
Iritasi seperti intertigo akan membuat kita menjadi rentan terhadap infeksi, salah satunya adalah infeksi bakteri yang di tandai dengan gatal di selangkangan yang berwarna kemerahan dan terbentuk nanah. Jika sudah parah akan menimbulkan rasa sakit dan demam.

Reaksi alergi
Iritasi kimia seperti detergen, semprotan tubuh, krim, salep, pelembut kain, busa kontrasepsi atau jeli dapat memicu reaksi alergi pada tubuh. Hal ini mungkin pada gilirannya akan menyebabkan pembentukan rasa gatal dan ruam merah pada selangkangan.

Selain karena jamur dan alergi atau yang lainnya, pada umumnya seperti telur, udang, ikan seperti tongkol dan lain-lain. Orang yang sering mengalami gatal pada selangkangan seperti:
  1. Gemuk.
  2. Mudah berkeringat.
  3. Diabetes.
  4. Menggunakan pakaian ketat.
  5. Menggunakan pakaian secara bergantian dengan orang lain.
Dan sekarang mari kita bahas tentang cara mengatasinya, untuk itu simak uraian di bawah ini.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan
Untuk dapat mengatasi gatal pada selangkangan dengan tuntas, langkah awal adalah dengan menentukan penyebabnya. Jika anda sudah mengetahuinya selanjutnya simak cara mengatasinya di bawah ini:
  • Langkah pertama adalah mengobati penyebab yang di dasari seperti jamur maka di obati dengan anti jamur, baik cream maupun minum obat. Untuk infeksi bakteri maka akan memerlukan antibiotik, dan untuk scabies di perlukan obat anti scabies. Dalam hal ini sangat perlu sekali untuk selalu memeriksakan diri ke dokter.
  • Mengatasi rasa gatal dengan minum obat anti gatal.
  • Gunakan pakaian atau celana yang longgar sehingga mengurangi panas dan kelembaban, dan jangan juga menggunakan celana yang ketat.
  • Setelah mandi keringkan daerah selangkangan dengan handuk yang bersih.
  • Stop kebiasaan sering memakai baju secara bergantian dengan orang lain.
  • Hindari penggunaan produk seperti deodoran di daerah selangkangan atau produk lainnya yang berpotensi mengiritasi kulit dan membuat gatal menjadi semakin parah.
  • Jangan menggaruk secara rutin dan berlebihan karena akan menambah iritasi dan memperparah gatal yang terjadi. Jika di perlukan, terapkan es atau kompres dingin pada selangkangan yang berfungsi mengurangi gatal dan peradangan.
Nah, itulah cara mengatasi gatal yang terjadi pada selangkangan. Untuk itu bagi anda yang tidak ingin mengalami kondisi ini bisa dengan hanya menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih agar tubuh anda tidak rentan untuk terkena kondisi seperti ini.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudan membaca artikel ini. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links