View Single Post
Old 14th December 2016, 10:53 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Gejala Dan Penyebab Kanker Ovarium Yang Harus Anda Ketahui!

Pasti anda akan merasa takut jika mendengar tentang salah satu penyakit yang sudah terkenal hampir di semua penjuru dunia, karena penyakit ini adalah suatu penyakit yang sangat berbahaya dan juga mematikan bagi yang menderitanya. Apakah anda tahu penyakit yang saya maksud itu apa? Ya, apalagi kalau bukan kanker. Kanker adalah suatu penyakit yang menyerang bagian tubuh atau organ tertentu pada manusia, yang mana sel kanker ini akan berkembang biak jika tidak di tangani sejak dini.

Kanker juga adalah penyakit yang paling di takuti oleh sebagian banyak orang karena setiap tahunnya bahkan setiap harinya bisa memakan korban jiwa sebanyak ratusan hingga jutaan orang, maka dari itu sebisa mungkin untuk kita menjaga diri agar terhindar dari ancaman penyakit kanker.

Tapi jika membahas kanker ini, mungkin ada baiknya jika saya menjelaskan atau mendefinisikan tentang salah satu kanker yang berada di tingkat ke-7 diantara jenis-jenis kanker yang paling umum menyerang wanita. Mungkin bagi anda khususnya wanita akan bertanya-tanya jenis kanker apakah yang di maksud, jenis kanker yang di maksud adalah Kanker Ovarium.

Kanker Ovarium ini adalah jenis kanker yang tumbuh pada bagian indung telur yang mana jenis penyakit ini menduduki peringkat ke-7 diantara jenis kanker yang menyerang wanita. Dan pada tahun 2012 telah di perkirakan terdapat sekitar 239.000 kasus kanker ovarium baru yang muncul di seluruh dunia.

Jenis kanker ini biasanya akan menyerang semua wanita tanpa memandang usia, namun jenis kanker ovarium ini biasanya akan dialami oleh wanita pada saat mulai masuk masa manopause atau yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Kanker jenis ini akan menyerang dan tumbuh pada bagian indung tekur dengan subur membangun sel-sel kanker yang terus menggrogoti indung telur, yang tanpa kita sadari akan mengakibatkan dampak yang buruk karena dapat membahayakan jiwa. Sebab indung telur ini memiliki fungsi sebagai tempat di mana ada sel telur maupun progesteron dan esterogen yang telah di hasilkan.

Pada kesempatan kali ini selain membahas pengertian kanker ovarium, tapi saya juga akan mengajak anda untuk bersama-sama membahas tentang gejala dan penyebab dari kanker ovarium ini, agar kita dapat berhati-hati setelah mengetahuinya.

Gejala kanker ovarium
Kanker ini adalah jenis kanker yang sangat sulit sekali untuk di ketahui gejalanya, dan terkadang kanker ovarium pada stadium awal jarang menyebabkan gejala. Tapi jika ada, gejala yang cenderung terlihat seringkali di kita akibat dari penyakit lain seperti konstipasi atau iritasi usus sehingga baru dapat terdeteksi saat penyakit ini sudah menyebar di dalam tubuh.

Oleh sebab itu penting bagi anda untuk mewaspadai beberapa gejala yang pada umumnya di alami oleh orang yang mengidap kanker ovarium, seperti gejala-gejala berikut ini:
  1. Terjadi pembengkakan pada bagian perut.
  2. Perut akan selalu terasa kembung.
  3. Akan mengalami sakit perut.
  4. Terjadi penurunan berat badan.
  5. Sering cepat kenyang jika sedang makan.
  6. Selalu merasa mual.
  7. Adanya perubahan pada saat buang air besar, seperti terjadi konstipasi.
  8. Seringnya buang air kecil.
  9. Sering merasakan sakit pada saat berhubungan seks.
Pastikan jika anda mengalami kondisi seperti di atas, maka anda harus cepat memeriksakan diri anda ke dokter agar dapat di diagnosis sejak dini.

Penyebab kanker ovarium
Penyebab dari kanker ovarium ini hampir sama dengan penyebab lainnya, namun penyebab dari kanker ovarium ini masih belum di ketahui secara pasti. Tapi ada beberapa peneliti yang menduga menjadi pemicu terjadinya jenis kanker ini, yang mana penyebab kanker ovarium ini meliputi:
  • Usia, kanker ovarium cenderung terjadi pada wanita berusia 50 tahun ke atas.
  • Faktor genetika, resiko untuk terkena kanker ovarium ini akan meningkat jika ada salah satu dari anggota keluarga yang mengidap kanker ovarium.
  • Terapi penggantian hormon estrogen, terutama yang memiliki jangka panjang dan berdosis tinggi.
  • Sedang mengidap endometriosis.
  • Tidak pernah mengalami hamil.
  • Mengalami siklus menstruasi sebelum usia 12 tahun dan manopause setelah usia 50 tahun.
  • Memiliki kebiasaan merokok.
  • Sering menggunakan alat kontrasepsi.
Dan inilah gejala dan penyebab yang dapat saya sampaikan pada artikel ini, untuk itu di sarankan bagi anda untuk menjalankan pola hidup yang benar agar diri anda terhindar dari resiko terkena kanker ovarium ini.

Baca juga: Tips Cara Mencegah Penyakit Kanker Ovarium

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang sudah membaca artikel ini. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links