View Single Post
Old 14th December 2016, 02:16 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Alpukat, siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Pasti semua orang mengenalnya, karena alpukat adalah salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari negara lain yaitu Meksiko dan Amerika Tengah. Tumbuhan yang satu ini kemudian menyebar luas sampai ke beberapa daerah yang beriklim tropis termasuk negara kita yaitu Indonesia.

Alpukat juga sudah di budidayakan sebagai salah satu tanaman yang di gunakan sebagai tanaman pada pekarangan rumah, namun bukan hanya di jadikan sebagai tanaman pekarangan saja tapi juga alpukat yang sudah di kenal memiliki buah yang enak ini yang banyak orang menyukainya dengan di jadikan berbagai jenis minuman atau memakannya secara langsung.

Buah alpukat mengandung banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh seperti 14 mineral dan 11 vitamin yang bermanfaat khususnya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, alpukat juga kaya akan riboflavin, protein, vitamin B3, vitamin B2, kalium serta vitamin C.

Namun siapa sangka di balik kenikmatan buah alpukat yang seringkali kita rasakan, biji alpukat tersebut sering kita buang yang tanpa kita sadari biji alpukat tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaat yang di miliki biji alpukat, mari kita bahas manfaat biji alpukat dengan seksama.

Manfaat biji alpukat bagi kesehatan

Ada sebuah study terbaru yang menunjukkan bahwa buah alpukat mendapat semua nutrisi dari bijinya yang memiliki warna coklat yang bertekstur keras itu, biji alpukat ini mengandung antioksidan, serat dan fenolik jauh lebih tinggi dari dagingnya. Dengan demikian biji dari buah alpukat ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh, berikut manfaat biji alpukat:

Meningkatkan imunitas
Biji dari buah alpukat ini tinggi akan kandungan antioksidan di dalamnya, yang mana kandungannya tersebut lebih tinggi daripada daging buah itu sendiri. Maka dari itu jika kita mengkonsumsi biji buah alpukat akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari radikal bebas, oleh karena itu jika mengkonsumsinya secara rutin tubuh kita akan terhindar dari serangan penyakit.

Menurunkan tekanan darah
Biji alpukat yang kaya akan kalium ini merupakan vasodilator yang baik untuk membantu dalam tingkat tekanan darah, di sisi lain kandungan kalium yang ada pada biji avokad dapat membantu untuk melenturkan pembuluh darah dan arteri yang tegang, sehingga bisa menurunkan hipertensi yang sedang anda derita.

Mencegah kanker
Kandungan zat flavonoid seperti quercetin, kaempferol dan myricetin yang ada pada biji avokad terdapat flavonol yaitu zat flavonoid yang mengandung senyawa seperti quercetin, kaempferol dan myricetin. Yang mana zat flavonoid ini memiliki peran sebagai zat anti kanker, maka dengan otomatis jika mengkonsumsi biji alpukat akan membantu terhindar dari ancaman kanker.

Menyehatkan pencernaan
Biji alpukat mengandung banyak serat larut jika di bandingkan dengan buahnya, kombinasi antara serat larut dan zat antioksidannya mampu mencegah dan meringankan sembelit secara alami. Dengan demikian akan dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan anda.

Menurunkan kolesterol
Kandungan lemak monosaturated yang ada pada buah alpukat dapat membantu untuk membawa tingkat kolesterol turun, pada bijinya juga sama mereka memiliki sifat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Mengurangi peradangan
Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari biji alpukat adalah adanya antioksidan seperti katekin dan procynidins yang membantu untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak karena peradangan. Anda juga dapat memijat dengan minyak biji alpukat pada bagian yang meradang untuk mengurangi rasa sakit.

Cara mengolah biji alpukat
Di bawah ini ada langkah mengolah biji alpukat supaya kita bisa mendapatkan kandungan manfaat yang di milikinya, berikut diantaranya:
  1. Bersihkan biji alpukat dari kulit luarnya dengan cara di kupas, kemudian parut atau giling biji avokad menjadi bubuk dengan menggunakan penggilingan biji kopi atau blender. Agar prosesnya menjadi lebih cepat anda bisa memotongnya terlebih dahulu menjadi 4 bagian dengan pisau, dan masukkan ke penggilingan atau blender.
  2. Rebus biji alpukat dengan air panas selama 10 menit, lalu diamkan selama 5 menit. Setelah dingin, anda bisa meminum air rebusannya dan mendapatkan manfaat yang di milikinya yang mana manfaat tersebut dapat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan.

    Itulah bagaimana cara mengolah biji alpukat agar bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan, oleh karena itu usahakanlah dari sekarang untuk mengkonsumsi biji alpukat ini dan tidak membuangnya begitu saja.
Demikian penjelasan di atas yang sudah saya buat, semoga dengan adanya informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links