View Single Post
Old 15th December 2016, 01:11 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Sifilis

Sifilis, penyakit inilah yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Pada pembahasan sebelumnya saya sudah membahas mengenai gejala yang di timbulkan sifilis bagi orang yang terinfeksi, dan sekarang agar lebih lengkap saya akan melanjutkan pembahasan sifilis ini mengenai penyebab dan cara mencegah penyakit ini. Mari kita membahasnya dengan seksama.

Sifilis adalah suatu penyakit yang menyebabkan infeksi, yang mana infeksi tersebut di sebabkan oleh bakteri yang bernama Traponema Pallidum. Sifilis ini juga ialah salah satu penyakit infeksi yang umumnya di tularkan melalui hubungan seksual.

Penyebaran dari penyakit ini pada umumnya melalui hubungan seksual saja dengan orang yang sudah terinfeksi, namun selain melalui hubungan seksual, bakteri penyebab sifilis ini juga dapat menyebar melalui cairan tubuh penderitanya misalnya saja melalui darah.

Dan pada umumnya infeksi ini dapat tertular melalui hubungan seksual yang mana hubungan seksual ini bisa dalam bentuk seks vagina, anal dan oral. Selain itu dengan berbagi jarum suntik juga bisa menularkan infeksi penyakit sifilis ini, baik itu pengguna narkoba suntik maupun pada seniman tato atau tindik telinga.

Sedangkan bagi wanita hamil penularan sifilis ini juga dapat berpengaruh pada janin yang sedang di kandungnya, jika dirinya terinfeksi penyakit ini. Kondisi seperti ini di kenal dengan kongetial sifilis, yang mana kondisi ini dapat memberikan resiko yang sangat buruk pada bayi jika terkena infeksi yaitu kematian.

Bakteri penyebab sifilis ini tidak bisa bertahan lama berada di luar tubuh manusia, dan infeksi penyakit ini tidak dapat di tularkan dengan memakai toilet yang sama, berbagi peralatan makan yang sama, bersentuhan dengan orang yang terkena infeksi dan berbagi kamar mandi yang sama.

Gejala pertama sifilis ini akan muncul sekitar 3 minggu setelah bakteri memasuki tubuh dan infeksi sifilis ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu sifilis primer, sekunder, laten dan tersier. Sifilis yang paling menular adalah sifilis primer dan sekunder, jika anda merasa diri anda terinfeksi segera periksakan diri ke dokter atau spesialis kelamin untuk dapat memastikan diagnosis terhadap sifilis. Karena jika makin cepat mendapatkan penanganan maka akan semakin kecil kemungkinan sifilis berkembang menjadi penyakit yang serius.

Penyebab penyakit sifilis
Penyakit sifilis atau raja singa ini di sebabkan oleh berbagai macam hal seperti tidak menggunakan pengaman saat melakukan hubungan seks, meskipun belum bisa di pastikan jika menggunakan pengaman tidak akan mengidap penyakit ini. Tapi tidak ada salahnya untuk kita berjaga-jaga ketika melakukan hubungan seks.

Selain itu juga karena seringnya mengganti pasangan, jadi sangat di sarankan sekali untuk setia pada 1 pasangan saja agar terhindar dari penyakit ini. Menggunakan narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya, jika menggunakannya dengan jarum suntik secara bersama-sama dengan pengguna narkoba atau obat-obatan lainnya yang terkena penyakit sifilis maka akan ada kemungkinan untuk terinfeksi juga.

Cara mencegah penyakit sifilis
Setia dengan pasangan adalah salah satu cara yang dapat mengurangi resiko terkena sifilis ini, dengan menggunakan alat pengaman sebagai langkah lain yang dapat mengurangi resiko penularan sifilis. Terutama bagi para pekerja seksual, alat pengaman sangatlah penting sekali dalam langkah pencegahan infeksi sefilis ini.

Tapi alat kontrasepsi ini terbatas dalam mencegah penularan sifilis, karena penularan sifilis ini bisa melalui mulut dalam hubungan seks oral. Hal ini terjadi akibat adanya luka pada organ intim yang terinfeksi dengan mulut ketika bersentuhan.

Maka dari itu sangat penting untuk menggunakan pengaman (kondom) pada saat melakukan hubungan seks oral, vagina maupun anal. Cobalah untuk menggunakan dental dam ketika melakukan seks oral, karena dental dam ini adalah selembar kain dari lateks yang memiliki fungsi sebagai penghalang antara mulut dan organ intim sehingga penularan infeksi seksual bisa di cegah.

Dan janganlah mencoba berhubungan seksual secara oral, vagina maupun anal hingga pengobatan sifilis selesai di lakukan. Karena hal ini anda dapat beresiko kembali jika berhubungan dengan orang yang mempunyai banyak pasangan seksual atau justru anda yang bisa menularkan infeksi ke orang lain.

Itulah penyebab dan bagaimana cara mencegahnya dengan mudah yang dapat anda lakukan sendiri dalam kehidupan anda, dan ingat janganlah melakukan seks secara sembarangan dan gunakanlah pengaman jika ingin melakukannya.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi anda selaku pembaca artikel ini. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links