View Single Post
Old 15th December 2016, 03:47 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Penyebab Dan Cara Mencegah Penuaan Dini

Penuaan memang merupakan suatu hal yang akan di alami oleh semua orang, karena penuaan adalah siklus kehidupan yang tidak bisa di hindari oleh siapapun. Tanda penuaan biasanya akan muncul ketika seseorang akan menginjak usia 30 tahu ke atas, namun permasalah baru-baru ini di kalangan masyarakat adalah penuaan dini yang menjadi masalah serius karena penuaan yang terjadi masih dalam usia yang muda.

Penuaan dini juga sangat mengganggu sekali apalagi bagi wanita yang jika di pandang oleh orang lain dirinya tidak akan lagi percaya diri karena terlihat lebih tua daripada usianya, karena penuaan dini telah mengurangi kecantikan sehingga kurangnya daya tarik dan pesona yang dia miliki.

Dan biasanya penuaan dini ini seringkali di tandai dengan munculnya kerutan atau garis halus di sekitar mata, yang mana tanda-tanda seperti ini akan membuat kulit menjadi kendur dan terlihat tua. Tentu anda tidak mau kan hal itu terjadi pada diri anda? Sebab orang yang sudah menginjak usia 30 tahun saja masih selalu berusaha menjaga kulitnya agar selalu terlihat awet muda dan bagaimana dengan anda yang sudah masih muda tentu tidak mau kan jika anda mengalami penuaan dini.

Namun, meskipun begitu saat ini sudah banyak orang yang mengeluhkan bahwa dirinya sudah terlihat menjadi tua padahal usia yang seharusnya masih muda. Inilah yang di sebut dengan istilah penuaan dini atau proses penuaan yang terjadi sebelum waktunya. Tapi anda tidak usah khawatir karena di dalam artikel ini ada penjelasan mengenai cara mencegah penuaan dini agar anda tetap terlihat awet muda dan masih segar.

Tapi sebelum anda mengetahui bagaimana cara mencegah penuaan dini, ada baiknya terlebih dahulu anda mengetahui apa yang menjadi penyebab yang mempercepat penuaan dini, berikut penjelasannya.

Penyebab penuaan dini
  • Merokok
    Pasti adna sudah sering mendengar akan bahaya dari merokok ini dan itu memang benar adanya, jadi jangan dianggap enteng bahaya dari kebiasaan merokok ini. Salah satu dapak yang di berikannya adalah mampu mempercepat terjadinya penuaan dini.
  • Alkohol
    Selain rokok, alkohol juga dapat menyebabkan terjadinya penuaaan dini karena alkohol memiliki kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi sehingga akan dapat juga membahayakan kesehatan tubuh.
  • Kebutuhan nutrisi tidak tercukupi
    Penuaan dini yang ditandai dengan penurunan kondisi kulit dan berbagai masalah pada kulit ini juga bisa di sebabkan karena kurangnya asupan gizi dan nutrisi, misalnya tubuh mengalami kekurangan serat, rendah vitamin, rendah karbohidrat, rendah antioksidan dan asupan gizi lainnya yang tidak seimbang.
  • Paparan sinar matahari
    Menurut sebuah data sekitar 80% penyebab dari penuaan dini adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan, sinar matahari yang berlebihan ini mengandung sinar ultraviolet yang mampu membuat kerusakan pada serat kolagen dan merusak elastisitas kulit.
  • Polusi
    Seiring dengan kemajuan zaman, polusi yang terjadi semakin meningkat dan tidak terkendali lagi terutama karena hasil gas buangan dari pabrik industri dan juga gas buangan dari kendaraan bermotor, polusi ini mampu menjadikan anda mengalami penuaan dini.
Cara mencegah penuaan dini
Penyebab penuaan dini yang telah di bahas sebelumnya perlu anda perhatikan karena penuaan dini kiga tidak baik untuk kesehatan tubuh, maka sebaliknya untuk dapat mencegah terjadinya penuaan dini di bawah ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini, berikut diantaranya:
  1. Cukup minum air putih
    Air putih adalah obat dari segala penyakit termasuk penyakit penuaan dini, untuk bisa menjaga kelembaban kulit sebaiknya konsumsi air putih secukupnya jangan sampai mengalami dehidrasi karena akan membahayakan tubuh.
  2. Tidur yang cukup
    Pada saat ini masih banyak orang yang masih sering menganggap sepele dengan kurangnya waktu untuk tidur karena tanpa disadari jika terus menerus kurang tidur maka akan dapat menyebabkan penuaan dini.
  3. Rajin membersihkan kulit
    Rajinlah membersihkan wajah setelah anda ber-makeup (bagi wanita) karena bahan kimia yang terkandung di dalam make-up mampu menimbulkan keriput dan masalah kulit lainnya. Tapi bukan berarti anda tidak boleh menggunakan make-up tapi jika sudah bersihkan make-up tersebut.
  4. Gunakan bahan alami
    Semakin sering anda menggunakan bahan alami maka kulit anda akan semakin menjadi lebih sehat, caranya anda dapat membuat masker alami dari berbagai bahan anti penuaan dini seperti kunyit, susu dan lidah buaya yang akan membuat kulit menjadi tampak lebih segar dab lebih awet muda.
  5. Hidari kebiasaan tidak sehat
    Jika anda memiliki kebiasaan yang tidak sehat seperti minum kopi, alkohol dan merokok sebaikanya hentikan karena selain bisa mempercepat penuaan dini kebiasaan seperti itu juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengundang berbagai macam penyakit.
Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi penuaan dini dengan cepat dan mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah. Untuk itu jauhilah makanan atau minuman lainnya atau juga kebiasaan buruk anda sebisa mungkin agar dapat mengatasi penuaan dini yang akan menyerang anda kapan saja.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga informasi di atas bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links