View Single Post
Old 16th December 2016, 10:11 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Cara Mudah Untuk Mencegah Gangguan Pendengaran

Apakah anda pernah mengalami gangguan pendengaran? Jika pernah pasti gangguan kesehatan ini dapat mengganggu karena kurangnya daya pendengaran, yang mana gangguan ini biasanya di sebabkan oleh faktor usia karena seringnya mendengar suara yang keras.

Nah, tentunya anda tidak mau kan mengalami kondisi seperti ini, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk bersama-bersama membahas mengenai cara mencegah gangguan pendengaran ini.

Tapi sebelum kita membahasnya ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu gangguan pendengaran sendiri. Gangguan pendengaran adalah salah satu kondisi yang pada umumnya di sebabkan oleh adanya faktor usia atau karena seringnya mendengar suara yang keras, yang mana kondisi ini bisa di katakan akan mengganggu sinyal suara menjadi gagal untuk mencapai otak.

Proses pendengaran terjadi ketika gendang telinga bergetar akibat gelombang suara yang masuk lubang telinga, yang mana getaran ini kemudian akan di lanjutkan ke telinga bagian tengah melalui 3 tulang pendengaran yang di kenal dengan nama osikel yang terdiri dari tulang malleus, incus dan stapes. Yang mana osikel ini akan dapat memperkuat getaran untuk di lanjutkan menuju rambut-rambut halus yang ada di dalam koklea, yang mana koklea ini akhirnya mengirim sinyal melalui saraf pendengaran ke otak.

Dan biasanya gangguan pendengaran ini dapat berkembang secara bertahap, namun hilangnya pendengaran bisa muncul secara tiba-tiba. Suara-suara yang memiliki tingkat kebisingan hingga 79 desibel masih bisa di kategorikan aman bagi telinga manusia.

Menurut data WHO sampai saat ini ada sekitar 360 juta orang di seluruh dunia yang menderita gangguan pendengaran ini akibat cara penggunaan alat pemutar musik yang membahayakan pendengaran.

Untuk itulah tidak ada salahnya kita mengetahui juga gejala apa yang timbul dan apa yang menyebabkan gangguan pendengaran ini sebelum kita membahas cara mencegahnya. Agar pengetahuan anda menjadi lebih luas, coba simak uraian di bawah ini.

Gejala gangguan pendengaran
Berikut ini ada beberapa tanda awal yang di timbulkan kondisi gangguan pendengaran ini, di antaranya:
  1. Meminta orang lain untuk mengulang perkataannya.
  2. Selalu kelelahan atau stres, karena harus berkonsentrasi saat mendengarkan.
  3. Menarik diri dari pembicaraan.
  4. Kesulitan untuk mendengar dering telepon atau bel pintu.
  5. Sering menghindari situasi sosial.
  6. Kesulitan untuk mendengarkan perkataan orang lain secara jelas, khususnya ketika berdiskusi dengan banyak orang atau dalam keramaian.
  7. Kesulitan untuk mendengar konsonan.
  8. Selalu mendengarkan musik atau menonton televisi dengan volume suara lebih keras dari orang lain.
  9. Kesulitan untuk menentukan arah sumber suara.
Penyebab gangguan pendengaran
Ada 2 penyebab utama dari gangguan pendengaran adalah faktor usia dan suara nyaring, dan kebanyakan orang mulai sedikit terganggu pendengarannya ketika memasuki usia 40 tahun. Gangguan pendengaran ini di akibatkan karena usia yang juga di kenal dengan presbikus.

Sedangkan paparan suara nyaring berkali-kali mampu merusak indera pendengaran, suara nyaring seperti ledakan yang dapat membuat gangguan pendengaran muncul secara tiba-tiba. Dan biasanya kondisi seperti ini di kenal dengan istilah trauma akustik. Namun, jika di bedakan menurut bagian telinga yang terganggu ada 2 jenis gangguan pendengaran yaitu gangguan pendengaran sensorineural dan gangguan pendengaran konduktif.

Nah, sekarang waktunya untuk kita membahas mengenai bagaimana cara mencegah gangguan pendengaran ini. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak ulasan di bawah ini.

Cara mencegah gangguan pendengaran
Ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk mengurangi resiko terkena gangguan pendengaran seperti:
  • Jangan memasukkan benda ke dalam telinga termasuk jari, korek kuping, kapas dan tisu.
  • Menguji indera pendengaran secara berkala jika sering terpapar suara nyaring saat bekerja.
  • Menghindari kegiatan yang beresiko mencederai indera pendengaran seperti berburu dengan senapan atau mendengarkan musik.
  • Lindungi telinga saat berada di lingkungan yang berisik.
  • Gunakan headphone yang bisa menahan masuknya suara luar sehingga volume tidak perlu terlalu besar.
  • Segera ke dokter bila anda mengalami gejala-gejala infeksi telinga atau penyakit meniere (telinga berdenging) agar penyakit ini tidak berkembang menjadi kehilangan pendengaran.
Itulah cara mencegah gangguan pendengaran yang dapat anda lakukan sendiri, untuk itu sangat di sarankan bagi anda untuk bisa menghindari apa yang menjadi penyebab gangguan pendengaran ini. Maka dari itu jika anda tidak ingin mengalami kondisi ini, anda harus bisa menjaga indera pendengaran anda.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links