View Single Post
Old 22nd December 2016, 11:45 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Beginilah Cara Rokok Merusak Saluran Penapasan Pada Anak

Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang merokok, baik itu pria maupun wanita. Dan lebih parahnya lagi sekarang ini anak-anak juga seringkali terlihat sedang merokok padahal merokok tidaklah baik untuk kesehatannya, namun apa boleh buat semakin banyak orang yang merokok maka akan semakin sulit untuk memberhentikannya, padahal berbagai macam penyakit akan sangat mudah untuk menyerang tubuh mereka jika terus-terusan melakukan ini.

Merokok, menurut perokok pasif kegiatan ini memang adalah kegiatan yang sudah biasa di lakukan di kehidupan sehari-hari, tapi jangan sampai dekat dengan anak-anak apalagi masih balita/bayi karena akan dapat mengganggu pernapasan anak tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar rokok yang mana merokok ini akan dapat mengganggu sistem pernapasan pada anak. Maka dari itulah jangan sampai anda selaku perokok melakukan kegiatan seperti ini di dekat anak-anak.

Tapi mengapa anak-anak harus di jauhkan ketika ada seseorang yang sedang merokok? Pasti anda bertanya-tanya kan mengapa hal ini harus di lakukan, karena asap rokok mengandung beberapa zat yang sangat berbahaya yang juga akan sangat mudah untuk merusak fungsi saluran pernapasan pada anak. Oleh karena itu anak-anak terutama pada usia di bawah 5 tahun masih sangat rentan terkena penyakit, karena masih belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat seperti orang dewasa.

Ada seorang dokter spesialis anak yang bernama Isabella Riandani, dia menjelaskan bahwa “asap rokok yang terhirup oleh anak dapat merusak sel-sel dan juga silia yang memiliki fungsi sebagai pertahanan saluran pernapasan”. Yang mana silia ini adalah rambut-rambut halus yang ada di dalam hidung yang sangat berguna untuk menangkal masuknya benda asing.

“Asap rokok ini juga sangat sekali dapat mengganggu daya tahan saluran pernapasan pada anak, dan seharusnya dengan adanya silia ini bisa menolak segala penyakit yang masuk melalui hidung. Jika silia ini rusak atau tidak bisa berfungsi dengan baik lagi, maka berbagai macam infeksi akan mudah untuk masuk”. Terang penelitian ini.

Saya juga ingin mengatakan, dengan seringkali kita mendapati masalah pada sistem pernapasan pada anak pasti saja di sebabkan karena asap rokok, apalagi jika diantara keluarga anak tersebut ada yang merokok seperti ayahnya yang seringkali merokok di rumah tanpa menjauhkan anaknya , pantas saja jika anaknya terkena gangguan pernapasan.

Khususnya bagi seorang ayah yang merokok, saya sangat menyarankan agar sang ayah untuk lekas mengganti pakaiannya, mandi dan keramas sebelum menggendong anaknya. Sebab jika tidak zat-zat yang ada di dalam rokok bisa menempel di pakaian, kulit hingga rambut.

Dan masalah dari kondisi ini biasanya rinitis atau radang mukosa pada hidung, dan juga gejalanya berupa bersin-bersin, hidung meler dan gatal hingga hidung tersumbat. Rinitis ini bisa saja berkembang menjadi sinusitis atau radang pada rongga sinus jika tidak cepat di tangani dengan penanganan yang tepat. Selain itu juga anak sangat sekali rentan untuk beresiko terkena pneumonia atau infeksi pada paru-paru jika sering terkena asap rokok.
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links