View Single Post
Old 24th December 2016, 08:50 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Inilah Yang Akan Terjadi Jika Selalu Melewatkan Sarapan

Sarapan, sebenarnya adalah suatu hal yang terpenting sebelum melakukan aktivitas. Namun sayang, sekarang ini banyak sekali orang yang melewatkan sarapan karena berbagai alasan. Ada yang tidak adanya waktu karena memiliki aktivitas yang begitu padat, dan ada juga yang lupa karena seringkali telat untuk bangun di pagi hari.

Apakah anda termasuk orang yang sering melewatkan sarapan? Jika iya, maka coba anda baca artikel ini sampai selesai.

Sarapan, biasanya sering di lakukan pada pagi hari. Namun anda selalu kesiangan, sehingga sarapan yang seharusnya anda lakukan seringkali terlewatkan. Atau bahkan anda sering merasa tidak lapar karena memiliki kebiasaan buruk untuk langsung makan di jam makan siang saja.

Padahal, jika anda mengetahui bahwa dengan anda memiliki kebiasaan selalu melewatkan sarapan. Ternyata akan ada efek yang tanpa anda sadari akan terasa pada tubuh anda, sudah jelas efek disini adalah efek negatif. Memang terdengar sepele jika meninggalkan sarapan, karena masih bisa mengisi perut pada siang hari. Tapi justru hal seperti itu sangat bahaya sekali, dan jangan sampai anda memiliki alasan diet sehingga meninggalkan sarapan.

Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Melewatkan Sarapan
Di bawah ini, ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh anda jika anda sering melewatkan sarapan. Ingin tahu apa saja? Cobalah anda simak penjelasan berikut ini:

1. Kesehatan jantung memburuk
Ada sebuah penelitian yang mempublikasikan bahwa ketika seseorang tidak sarapan, maka orang tersebut akan berada pada resiko yang lebih tinggi yaitu memicu datangnya penyakit jantung. Hal ini di sebabkan karena adanya perubahan metabolik tertentu yang terjadi pada tubuh.

2. Rentan terkena diabetes
Memiliki kebiasaan untuk tidak sarapan di pagi hari akan dapat membuat anda lebih rentan terkena penyakit diabetes, hal ini di karenakan kadar gula glukosa yang ada di dalam tubuh terganggu. Sementara keadaan perut kosong dalam jangka waktu yang lama.

3. Berat badan naik
Jika anda seringkali beranggapan bahwa tidak melakukan sarapan karena sedang diet, maka anggapan seperti ini adalah hal buruk bagi tubuh anda. Karena jika anda tidak sarapan, maka pada siang hari anda cenderung akan makan dalam porsi yang cukup besar. Hal ini akan membuat berat badan menjadi naik.

4. Metabolisme menjadi lambat
Dengan seringnya melewatkan waktu sarapan, apalagi jika sudah menjadi suatu kebiasaan. Maka hal tersebut akan dapat memperlambat metabolisme tubuh hingga batas tertentu, dan akbatnya akan membuat jalan bagi sejumlah penyakit yang menyerang tubuh anda.

5. Menurunkan fungsi otak
Ketika anda memiliki kebiasaan untuk tidak sarapan, maka otak anda akan mulai menerima oksigen dan darah yang lebih sedikit. Akibatnya akan dapat mempengaruhi berbagai fungsi kognitif.

6. Suasana hati menjadi buruk
Jika anda selalu melewatkan sarapan maka ada kemungkinan mood anda bisa menjadi buruk.

7. Radang perut
Perut mengalami kekosongan karena tidak adanya asupan makanan, apalagi pada pagi hari. Karena akan dapat menyebabkan akumulasi gas di dalam perut, sehingga hal tersebut dapat berakhir dengan gastritis atau yang biasa di sebut dengan radang perut.

8. Kelelahan
Melewatkan sarapan akan mampu memperlambat kinerja sistem metabolisme tubuh anda, sehingga anda juga akan merasa sangat kelelahan. Tapi ketika anda memiliki kebiasaan makan secara teratur, maka sistem metabolisme anda bisa berjalan dengan lancar sebab anda memiliki energi untuk di bakar. Dan hasilnya anda menjadi lebih berenergi dan daya konsentrasi anda juga menjadi meningkat.

9. Mempengaruhi hormon anda
Dengan seringnya melewatkan sarapan, maka hormon anda juga bisa terpengaruh, karena dengan adanya perubahan pada hormon ini bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang mana hormon ini bisa membuat anda menjadi cepat stres.

10. Terjadi penyimpanan lemak di tubuh
Sarapan memiliki manfaat untuk menghidupkan kembali sistem tubuh anda setelah beristirahat semalaman, maka ketika anda melewatkannya tubuh anda akan menjadi berpikiran bahwa anda sedang kelaparan. Dimana hal ini akan menyebabkan tubuh mulai menyimpan lemak dari makan malam sebelumnya.

Inilah hal yang dapat terjadi jika anda selalu melewatkan sarapan, oleh karena itu cobalah anda mengubah kebiasaan buruk ini menjadi kebiasaan baik seperti merubah pola makan yang teratur, karena dengan pola makan yang baik dan juga teratur akan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh anda.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kita sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links