View Single Post
Old 27th December 2016, 09:11 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Bahaya Menggunakan Pengharum Ruangan Untuk Kesehatan

Pada zaman modern ini makin marak saja polusi yang ada di sekitar kita contoh besarnya saja seperti polusi udara yang sangat mengkhawatirkan karena polusi itu adalah buangan dari berbagai industri dan juga kendaraan transportasi yang sekarang ini semakin banyak di gunakan dan seringkali membuat kemacetan di jalan raya.

Polusi ini juga tidak hanya dapat kita rasakan di jalan raya saja, namun seringkali polusi itu juga ada di dalam rumah. Polusi debu yang umumnya menjadi polusi yang ada di dalam rumah yang seringkali dapat masuk melalui ventilasi rumah dan menempel pada bagian sudut ruangan yang ada di dalam rumah.

Nah, sekarang ini sudah banyak sekali yang menggunakan pengharum ruangan untuk membersihkan udara yang kotor yang berada di dalam rumah agar dapat menjadi segar dan nyaman. Dan saat ini juga setidaknya ada 75% rumah di dunia ini yang menggunakan produk pengharum ruangan untuk membersihkan polusi yang ada di dalam rumah.

Namun di balik manfaat yang di milikinya, apa anda tahu bahwa di balik kesegarannya itu pengharum ruangan ini memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh? Faktanya pengharum ruangan ini memang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena di dalamnya terdapat berbagai zat kimia seperti asetaldehida, chlorbenzene, asetaldehida, benzene, paradichlorobenze dab juga formaldehyde.

Tapi bukan itu saja kandungan yang ada di dalamnya, di dalam pengharum ruangan juga terdapat senyawa organik volatile yang memiliki jenis VOC atau Volatil Organic Compound di mana senyawa ini juga terdapat pada produk cat tembok, kayu dan sebagainya.

Bahaya Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan memiliki beberapa zat dan senyawa yang sangat tidak ramah bagi kesehatan manusia, maka apabila dengan menghirup udara yang telah di berikan pengharum ruangan ini terutama jika ruangan memilki uap dan tidak memiliki ventilasi maka akan dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kesehatan tubuh seperti di bawah ini:

1. Sakit kepala
Dengan terlalu banyak menghirup udara yang mengandung zat berbahaya maka akan membuat kepala menjadi sakit, apalagi jika pengharum ruangan itu sudah bercampur dengan zat lain maka akan membuat tubuh kita menjadi terancam kesehatannya, apalagi jika anak-anak yang menghirupnya.

2. Gelisah
Apa anda sering mengalami gelisah dan juga cemas padahal anda merasa bahwa diri anda sedang tidak sakit dan baik-baik saja, dan itu mungkin di sebabkan karena anda menghirup udara yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh dan pada saat masuk ke dalam jaringan di otak akan membuat kesulitan untuk konsentrasi dan pada akhirnya akan menjadi gelisah dan cemas tanpa ada sebab yang jelas.

3. Kepala sering pusing
Tidak jauh beda dengan sakit kepala, hanya saja kalau pusing bersifat sementara dan hal ini harus segera mungkin mendapatkan penanganan. Dam usahakan untuk mengurangi penggunaan dari pengharum ruangan ini supaya tidak mudah pusing dan sakit kepala.

4. Tremor
Bahaya selanjutnya yang di timbulkan dari pengharum ruangan ini adalah munculnya tremor atau gemetaran ditubuh terutama pada bagian kaki dan tangan. Tremor ini di sebabkan karena adanya kesalahan jaringan antara jaringan pusat di otak dan jaringan yang di perintahkan, dan janganlah anda menganggap sepele mengenai tremor ini karena bisa jadi mengindikasi datangnya penyakit lain yang lebih serius lagi.

5. Kelelahan
Anda juga bisa mengalami rasa lelah, padahal anda tidak melakukan aktivitas yang berat, dan kelelahan itu terjadi tanpa ada sebab yang jelas. Dan hal ini sudah pasti disebabkan karena oksigen yang ada di dalam tubuh bukan oksigen yang sehat sehingga membuat energi tubuh menjadi lebih mudah untuk terganggu.

6. Mual dan muntah
Lebih parahnya lagi, jika anda menggunakan pengharum ruangan dalam jangka panjang, karena akan membuat anda merasa mual dan bahkan muntah dalam intensitas waktu yang sering, dan tentunya kondisi seperti ini akan mengganggu aktivitas harian anda.

Cara Mencegah Penggunaan Pengharum Ruangan
Dengan adanya berbagai bahaya di balik penggunaan pengharum ruangan ini, harus sangat di cermati baik-baik oleh anda dan anda juga harus waspada akan bahaya yang di timbulkan pengharum ruangan bagi kesehatan anda. Nah untuk langkah pencegahannya, berikut ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Diantaranya sebagai berikut:

Selalu menjaga kebersihan rumah agar tidak ada debu dan juga polusi yang menempel di dalam ruangan.
Buka selalu jendela dan ventilasi rumah anda, supaya udara bisa masuk dengan sirkulasi yang baik.
Buanglah sampah ke luar ruangan, jangan sampai menimbunnya di dalam ruangan karena akan mengotori ruangan dan juga udara di dalam ruangan.
Untuk mendapatkan aroma yang segar dan wangi anda bisa menyimpan bubuk kopi yang masih segar di atas meja.
Anda juga bisa menaruh potongan lemon atau jeruk lainnya di tempat pembungan sampah agar menjadi lebih segar dan wangi.
Cobalah anda taruh baking soda di tempat sampah untuk mengurangi penguapan yang terjadi pada sampah yang bisa menyebabkan udara menjadi tidak segar dan bau.

Anda bisa menggunakan minyak astiri yang di semprotkan ke udara, meskipun fungsinya sama dengan pengharum ruangan. Namun minyak astiri ini tidak berbahaya, malah dapat menyehatkan udara dan sangat baik bagi kesehatan serta mampu menghilangkan jamur, kuman, virus dan bakteri di udara.
Itulah bahaya yang tersembunyi di balik pengharum ruangan yang seringkali anda gunakan, maka dari itu setelah anda mengetahui apa bahayanya bagi kesehatan, anda tidak lagi terlalu sering untuk menggunakan pengharum ruangan tersebut. Dan sebaiknya anda lebih memahami dan jangan sampai membahayakan diri anda sendiri dan orang lain yang berada di dalam satu ruangan.

Demikian definisi penjelasan di atas yang saya buat, semoga dengan adanya informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links