View Single Post
Old 28th December 2016, 12:58 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Bahaya Dari Kekurangan Dan Kelebihan Mengkonsumsi Air Putih

Dengan mengkonsumsi air putih, mungkin sudah merupakan suatu hal yang sudah biasa kita lakukan di kehidupan sehari-hari. Malahan tidak lupa juga air putih ini seringkali kita bawa saat ingin beraktivitas, bisa itu bekerja atau bermain.

Tapi seringkali diantara kita yang mengkonsumsi air putih ini secara berlebih tanpa mengetahui efek bahaya yang akan di terima oleh tubuh, dan juga tidak hanya itu mungkin seringkali kita melihat atau bahkan diri kita sendiri yang mengalami kurangnya mengkonsumsi air putih karena di sebabkan oleh sibuknya aktivitas harian dan asyiknya melakukan kegiatan yang kita sukai.

Padahal jika anda mengetahui dampak buruk kelebihan dan kekurangan mengkonsumsi air putih, mungkin anda akan kaget karena efek buruk dari kelebihan dan kekurangan mengkonsumsi air putih ini di mulai dari masalah yang ringan hingga masalah yang berat sekalipun akan menyerang tubuh anda.

Maka dari itu supaya anda bisa mengetahui bahaya dari kelebihan dan kekurangan mengkonsumsi air putih, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk bersama-sama membahas mengenai bahaya apa yang di timbulkan bagi tubuh, untuk itu agar lebih jelasnya bisa anda simak penjelasan berikut ini.

Bahaya yang diakibatkan karena kurangnya mengkonsumsi air putih
Akibat kurangnya mengkonsumsi air putih maka akan dapat menyebabkan hal yang buruk pada kesehatan anda, juga dapat memberi dampak kronis bagi sistem pencernaan terutama ginjal. Untuk bertahan hidup memang manusia sangat sekali membutuhkan apa yang namanya makanan dan minuman sebagai bahan bakar dalam menjalankan berbagai aktivitas. Dan di bawah ini ada beberapa bahaya yang akan di alami jika kurangnya minum air putih, diantaranya:
  1. Akan mengalami kekurangan garam dan cairan tubuh
  2. Akan mudah terserang dehidrasi
  3. Dapat menyebabkan gejala yang fatal yaitu kematian
  4. Dapat mengganggu fungsi dan kinerja otak
  5. Mengakibatkan rusaknya lapisan perut
  6. Terkena radang pada sendi
  7. Rentan terserang tekanan darah tinggi
  8. Kondisi kulit jadi memburuk
  9. Akan mengalami masalah pada ginjal
  10. Terkena infeksi kandung kemih
  11. Terjadi penambahan berat badan
Bukan hanya kurang minum air putih saja yang dapat membahayakan tubuh, tapi dengan kelebihan mengkonsumsinya justru akan sama bahayanya untuk tubuh. Ingin tahu bahaya apa yang di timbulkan jika kelebihan mengkonsumsi air putih? Coba anda simak penjelasan di bawah ini.

Bahaya yang di akibatkan karena kelebihan mengkonsumsi air putih
Sama seperti pada saat tubuh kekurangan cairan, kelebihan asupan cairan di dalam tubuh juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dan ada beberapa gejala yang akan di alami oleh tubuh jika kelebihan cairan, diantaranya:
  1. Tangan dan kaki akan terasa dingin
  2. Seringnya buang air kecil
  3. Suhu tubuh menjadi rendah
  4. Mengalami migrain atau sakit kepala
  5. Timbulnya rasa panik dan cemas
  6. Kulit terasa kering
  7. Detak jantung menjadi tidak beraturan
  8. Terjadi gangguan mood
  9. Penglihatan menjadi kabur
  10. Tekanan darah menjadi rendah
Beberapa kalangan di masyarakat mungkin memiliki anggapan bahwa dengan mengkonsumsi lebih banyak air akan sangat baik bagi kesehatan. Padahal pada dasarnya hal itu adalah hal yang sangat membahayakan tubuh. Dan ini ada dampak buruk yang di sebabkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi air putih.

Dampak buruk dari mengkonsumsi air putih terlalu banyak bagi tubuh

Dari kasus-kasus sebelumnya yang sudah memakan jiwa seseorang karena mengkonsumsi air putih secara berlebih, dan sekarang kita sudah tahu bahwa dengan mengkonsumsi air putih secara berlebih akan dapat memberikan efek buruk yang dapat mengganggu kesehatan, bahkan tidak hanya itu, dengan kelebihan cairan akan dapat berdampak pada kematian.

Berikut ini ada beberapa bahaya yang di akibatkan karena kelebihan cairan dalam tubuh, yaitu:
  • Akan meningkatkan volume darah
  • Dapat mengganggu fungsi ginjal
  • Terjadinya pembengkakan sel-sel darah
  • Mengalami gizi buruk
  • Dapat menguras kandungan kalium yang ada di dalam tubuh
  • Mengidap gangguan hiponatremia
Itulah bahaya dari kekurangan dan kelebihan mengkonsumsi air putih yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu cobalah untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 1,5 sampai 2 liter air perhari, agar anda bisa mendapatkan manfaat dari air putih ini.

Baca juga artikel terkait lainnya: Bahaya Air Minum Kemasan Bagi Kesehatan

Demikian informasi seputar bahaya kekurangan dan kelebihan mengkonsumsi air putih bagi kesehatan ini saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi anda selaku pembaca artikel ini. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links