View Single Post
Old 30th December 2016, 12:55 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post 5 Penyakit Serius Pada Mata Yang Harus Anda Ketahui

Mata, adalah salah satu organ terpenting yang ada pada tubuh manusia. Dimana mata ini memiliki fungsi untuk melihat berbagai macam warna, bentuk dan pemandangan yang ada di sekitar kita. Mata ini juga adalah organ tubuh yang sangat vital yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Coba sekarang anda pikirkan, bagaimana jika mata kita diserang oleh sebuah penyakit, dimana penyakit ini bisa menyebabkan kita untuk menggunakan kacamata sebagai pengobatannya, juga jika mengalami gangguan pada mata pasti akan berpengaruh pada aktivitas harian anda seperti berkendara, berjalan dan untuk melakukan apa saja akan sangat mengganggu.

Dan tentunya ada beberapa penyakit gangguan mata seperti degenarasi makula yang cukup serius, konjungtivitis, glukoma dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi anda perlu tahu tentang jenis penyakit mata yang bisa menyerang mata anda kapan saja. Maka dari itu agar anda bisa mengetahui lebih jauh mengenai penyakit mata, coba anda simak penjelasan di bawah ini.
  1. Glaukoma
    Glaukoma merupakan penyakit mata yang dapat merusak saraf optik mata yang mana memiliki fungsi untuk mengirimkan informasi visual ke otak. Kondisi ini adalah penyebab utama terjadinya kebutaan ke-2 di dunia. Menurut organisasi dunia, ada lebih dari 3 juta orang di Amerika Serikat yang memiliki glaukoma, tapi hanya setengat dari mereka yang mengetahui itu.

    Bentuk umum dari glaukoma sering disebut dengan glaukoma sudut terbuka yang juga sering di juluki “Sneak Thief of Sight, hal itu karena pada awalnya seringkali tidak memiliki gejala. Namun mata anda memiliki tekanan yang sangat meningkat dan bintik-bintik hitam berkembang di sisi mata anda. Titik-titik ini biasanya bisa di lihat sampai saraf optik telah mengalami kerusakan yang serius.

    Dan jika anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami penyakit mata, anda mungkin akan terkena resiko untuk terkena glaukoma, namun cobalah untuk minta penanganan langsung kepada dokter agar dapat mencegah terjadinya glaukoma.
  2. Konjungtivitis
    Konjungtivitis atau yang lebih di kenal dengan mata merah, yaitu ketika bagian putih mata anda mengalami peradangan umum. Dimana gangguan mata seperti ini mempengaruhi sekitar 3 juta orang setiap tahunnya.

    Gejala awal yang mungkin akan muncul adalah gatal, berair dan penglihatan akan menjadi kabur. Mata merah ini juga bisa menjadi sangat tidak nyaman bagi yang menderitanya, akan sangat menyakitkan dan sangat sensitif sekali terhadap cahaya.

    Cara mencegahnya juga bisa dengan memcuci tangan anda dengan bersih sebelum menyentuh bagian mata dan jangan coba untuk berbagi apapun itu dengan orang yang memiliki infeksi.
  3. Degenerasi makula
    Degenerasi makula terkait usia adalah penyebab paling umum dari kebutaan yang terjadi pada orang dewasa, menurut National Eye Instirute, pada tahun 2005 telah di perkirakan jumlah penderita menjadi lebih 2 kali lipat dari angka 2.070.000 menjadi 5.440.000.

    Kondisi seperti ini mungkin tidak memiliki gejala langsung, namun jangan pernah mengabaikannya karena akan berdampak terjadinya kebutaan pada mata anda. Dan cara mencegahnya juga sebenarnya tidak adam hanya membantu untuk memperlambat perkembangannya, lalu bagimana dengan cara memperlambatnya? Cobalah untuk mengontrol tekanan darah, mengkonsumsi makanan yang sehat dan menjaga tubuh dari kadar lemak tinggi, berhenti merokok serta menjaga kesehatan mata anda secara teratur.
  4. Abrasi retina
    Gangguan seperti ini adalah ketika retina yang memiliki fungsi sebagai penangkap cahaya yang dikirimkan dalam bentuk visual ke otak akan menarik diri dari posisinya. Namun anda jangan khawatir karena hal ini jarang sekali untuk terjadi, bahkan menurut penelitian menyebutkan bahwa sekitar 1% dari populasi akan mengembangkan abrasi retina.

    Kondisi ini juga sebenarnya adalah kondisi yang sangat mendadak karena gejalanya timbul dengan cepat, dan cobalah untuk cepat meminta penanganan langsung dari dokter agar melakukan pengobatan yang tepat.

    Cara mencegahnya juga hanya dengan tidak menggosok mata disaat mata anda gatal, karena akan dapat membuat anda lebih rentan untuk mengembangkan penyakit ini.
  5. Katarak
    Katarak ini muncul ketika lensa alami pada mata anda menjadi gelap. Hampir dari semua pasien yang mengalami katarak terjadi akibat memiliki kebiasaan merokok, dan seringnya terkena paparan sinak matahari. Diperkirakan sekitar 24,5 juta orang dewasa di atas 40 mengalami katarak dan lebih dari 50% orang yang berusia di atas 80 juga memilinya.

    Gejala yang di berikan katarak ini bertahap, seperti penglihatan menjadi kabur, silau jika melihat cahaya. Dan mungkin anda juga mengalami hilangnya sensitivitas kontras dalam satu mata. Katarak ini juga bisa di obati dengan tindakan operasi yang dilakukan dengan cara pembedahan, yang mana akan membuat sayatan di 10 sampai 11 milimeter di bagian kornea dan jaringan di sekitarnya.
Itulah 5 jenis penyakit mata yang serius yang harus anda ketahui agar anda bisa lebih berhati-hati lagi dengan menjaga mata anda, oleh karena itu janganlah anda mencoba menyentuh bagian mata anda jika tangan anda sedang dalam keadaan kotor karena bakteri atau virus yang ada di tangan dapat berpindah ke mata anda.

Baca juga: Tips/Cara Menjaga Kesehatan Organ Mata Anda
dan artikel lainnya disini

Semoga Bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links