View Single Post
Old 30th December 2016, 01:23 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Ternyata!! Dengan Tidak Rutin Mengkonsumsi Sayur Akan Dapat Membahayakan Tubuh

Sayur, merupakan suatu jenis makanan yang sangat baik jika di konsumsi. Yang mana sayur ini sangat mudah sekali untuk di dapatkan, dan memiliki banyak jenis dari sayuran ini seperti kacang panjang, kangkung, wortel, kol dan masih banyak lagi yang lainnya. Sayur ini juga selain mudah untuk di dapatkan, memiliki harga yang relatif murah yang sangat mudah untuk di jangkau oleh ibu rumah tangga.

Bicara mengenai sayur, saya jadi teringat dengan salah satu pertanyaan yang pernah saya peroleh yaitu “Apakah bahaya jika tidak mengkonsumsi sayur secara rutin?”, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bahaya jika tidak mengkonsumsi sayur. Namun sebelum kita membahasnya, coba anda simak penjelasan di bawah ini.

Sayuran bukan hanya memiliki manfaat yang banyak, sangat mudah untuk di dapatkan dan harganya juga relatif murah. Tapi sayuran ini juga sebenarnya merupakan asupan terpenting yang harus di penuhi setiap harinya, karena sayuran memiliki banyak kandungan serat, nutrisi, dan berbagi macam mineral. Bahkan banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk diet sehat dengan mengkonsumsi sayuran.

Tapi sayang, masih ada saja orang yang mengabaikannya karena beranggapan sayur ini tidak enak untuk di konsumsi jika dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan lainnya. Lalu, apakah berbahaya jika tidak mengkonsumsi sayur? Dengan tidak mengkonsumsi sayur atau bahkan tidak pernah memakannya sekalipun itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu sekarang mari kita bahas apa saja bahaya yang di timbulkan dengan tidaknya mengkonsumsi sayur.

Bahaya Tidak Mengkonsumsi Sayur
Di bawah ini ada beberapa bahaya yang dapat di timbulkan dari tidak mengkonsumsi sayur secara rutin, untuk lebih jelasnya bisa anda simak penjelasan berikut ini, diantaranya:

1. Sembelit
Masalah pencernaan yang paling sering terjadi akibat tidak rutin mengkonsumsi sayuran adalah sembelit. Sembelit ini bisa terjadi ketika tekstur feses terlalu padat atau keras akibat kurangnya asupan serat, sehingga bagi penderitanya akan sangat sulit untuk buang air besar. Jika asupan serat anda terpenuhi dengan mengkonsumsi sayur, maka tidak akan timbul masalah kesehatan seperti ini.

Saat asupan serat kurang, tekstur feses biasanya akan keras dan akan sulit untuk di keluarkan, dan jika kondisi seperti ini terus di biarkan maka akan berdampak buruk lagi yaitu terjadinya ambeien. Mengapa bisa terjadi ambeien? Karena tekanan dari feses yang begitu besar yang memaksakan untuk keluar, hal ini akan menyebabkan terjadinya luka atau iritasi pada lubang pembuangan. Oleh karena itu, jika anda tidak ingin mengalami hal seperti ini, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat yang salah satunya adalah makanan yang berasal dari sayur-sayuran.

2. Irritable Bowel Syndrome atau IBS
Masalah selanjutnya yang di akibatkan karena tidak mengkonsumsi sayur adalah IBS, dimana kondisi ini terjadi karena tidak rutin mengkonsumsi sayuran sehingga tekstur feses menjadi keras sehingga sulit untuk di keluarkan. Akibatnya perut akan menjadi kembung, bergejolak dan penuh dengan gas.

Kondisi seperti ini biasanya akan membuat penderitanya sering mengeluarkan gas (kentut), untuk itu jika anda ingin mencegah hal tersebut, bisa dengan mengkonsumsi makanan berserat yang salah satunya adalah sayuran. Selain itu, anda sebaiknya juga mengurangi makanan yang kaya akan kandungan lemak, minuman beralkohol dan minuman bersoda.

3. Wasir
Sama seperti yang lain, wasir ini juga di sebabkan karena kurangnya mengkonsumsi sayuran. Kondisi seperti ini biasanya ditandai dengan gejala terjadinya pembengkakan pada vena yang berada di dekat anus dan di bagian bawah usus besar. Vena tersebut akan dapat mengembang jika terdapat tekanan besar pada saat buang air besar.

Jika kondisi ini sudah parah, maka vena tersebut akan pecah dan menyebabkan pendarahan. Untuk mencegah hal itu terjadi anda bisa memulai kebiasaan baik dengan rutin mengkonsumsi sayur sehingga tekstur feses menjadi lunak dan mudah untuk di keluarkan tubuh.

4. Penyakit kanker
Sudah banyak sekali kasus yang di sebabkan karena kanker, selain karena faktor keturunan kanker ini juga seringkali di picu oleh adanya pola hidup yang tidak sehat, salah satunya ialah pola asupan makanan yang salah.

Dengan kurangnya mengkonsumsi sayur, maka bisa menyebabkan datangnya kondisi seperti ini, dan resiko yang akan muncul adalah kanker anus dan kanker usus yang terbukti akan dapat di kurangi dengan cara meningkatkan asupan makanan yang mengandung banyak serat, salah satunya adalah sayuran. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan alami yang ada didalamnya bisa menangkal efek negatif radikal bebas yang bisa menjadi pemicu berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

5. Gula darah tinggi dan penyakit diabetes
Menurut sebuah penelitian, tingginya resiko terkena diabetes biasanya di sebabkan oleh adanya pola makan yang tidak sehat. Dan bagi penderita diabetes biasanya di picu karena adanya kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gula dan rendah akan kandungan serat.

Namun sayang, banyak orang yang tidak begitu memperhatikan pola makan mereka padahal menurut presentase resiko terkena diabetes dapat menurun sebanyak 28% dengan rutin mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat seperti sayuran.

Inilah bahaya yang akan muncul ketika anda tidak mengkonsumsi sayuran dengan rutin, untuk itu bagi anda yang tidak menyukai sayur cobalah untuk mulai menyukainya karena sayur juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Baca juga artikel lainnya disini

Mungin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links