View Single Post
Old 3rd January 2017, 08:47 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Cara Menghilangkan Kapalan Dengan Cepat

Kapalan, mungkin anda sudah tidak asing lagi jika mendengan tentang salah satu gangguan pada tubuh yang satu ini kan? Salah satu kondisi yang cukup sering terjadi di lingkungan masyarakat kita, namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui lebih detail lagi mengenai kapalan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk bersama-sama membahas lebih jauh lagi mengenai kapalan ini. Kapalan atau dalam bahasa medis sering di sebut dengan penebalan dan pengerasan pada jaringan kulit yang mana bisa terjadi karena adanya gesekan dan tekanan yang terajdi secara terus-menerus.

Kapalan juga seringkali terjadi pada bagian tangan dan kaki tepatnya pada bagian telapak, dan dengan terbentuknya kapalan pada kulit maka kulit akan terlindungi dari luka atau gesekan yang terjadi jika bergesekan dengan benda-benda yang lebih kasar atau keras. Oleh karena itu, bagi seseorang yang memiliki kondisi tubuh yang sehat kapalan ini tidaklah berbahaya dan tidak perlu di hilangkan. Namun, jika kapalan yang sedang anda alami menimulkan ketidaknyamanan atau menimbulkan rasa nyeri dan sangat mengganggu penampilan hal ini harus cepat di atasi.

Sebenarnya cara unutuk menghilangkan kapalan ini sangatlah mudah, hanya dengan menghindari apa yang menjadi penyebabnya saja yaitu gesekan dan tekanan yang sebelumnya terjadi untuk di hindari, maka lambat laun kapalan yang sedang anda alami akan menghilang dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Kapalan Pada Telapak Kaki, Tangan Dan Jari-jari

Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat menghilangkan kapalan dengan menggunakan cara alami, yang dengan mudah dapat anda lakukan sendiri. Berikut cara menghilangkan kapalan, diantaranya:
  1. Cobalah anda rendam kaki anda dengan air hangat kurang lebih selama 20 menit.
  2. Setelah itu, cobalah anda gosok dengan tepat pada bagian kulit yang terkena kapalan secara perlahan dengan menggunakan batu apung.
  3. Jangan sekali-kali anda menggunting kapalan itu sendiri dengan menggunakan pisau atau benda tajam lainnya, karena selain beresiko terjadinya infeksi yang di sebabkan oleh benda tajam yang kurang steril, akan dapat juga menyebabkan terjadinya luka.
  4. Lakukanlah cara ini setiap hari sampai anda dapat menghilangkan kapalan tersebut.
Nah, jika cara di atas tersebut kurang memuaskan bagi anda, cobalah anda melakukan cara yang lain untuk menghilangkan kapalan. Ingin tahu cara lain itu apa? Coba anda simak uraian di bawah ini.

Pada langkah ini, anda dapat menggunakan asam salisilat untuk menghilangkannya. Asam salisilat ini memiliki sifat keratolitik yang berarti dapat melarutkan protein yang membentuk kapalan. Dan sekarang anda tidak usah bingung dengan mencari asam salisilat, karena asam salisilat ini bisa anda dapatkan secara mudah di apotek atau toko obat dengan nama Callusol.

Agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama-tama, cobalah anda ambil kapas secukupnya disesuaikan dengan luas permukaan kapalan yang timbul.
  2. Setelah itu cuci bersih dengan sabun bagian kulit yang terkena kapalan, lalu keringkan.
  3. Selanjutnya tuang larutan yang mengandung asam salisilat tersebut secukupnya pada kapas atau kasa.
  4. Jika sudah, coba anda tempelkan kapas tersebut pada permukaan yang terkena kapalan. Tapi anda harus ingat hanya permukaan kulit kapalan saja yang di tempeli asam salisilat ini, jangan sampai kulit yang normal mengenai asam ini karena jika terkena akan dapat menimbulkan rasa terbakar dan panas.
  5. Jika sudah selesai menempelkannya, cobalah untuk menutup kapas atau kasa tadi dengan plester.
  6. Lakukan secara rutin dengan mengganti kapas setiap kali habis mandi (pagi dan sore).
  7. Terakhir, coba anda lihat hasilnya hanya dalam beberapa hari saja kapalan anda akan mengeras yang kemudian terkelupas dengan sendirinya.
Itulah cara menghilangkan kapalan dengan mudah yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, oleh karena itu bagi anda yang tidak ingin mengalami kondisi seperti ini, anda dapat menghindari apa yang menjadi penyebabnya seperti gesekan dan tekanan yang terjadi pada kulit.

Baca juga artikel lainnya disini

Mungkin hanya itu saja yang dapat anda lakukan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links