View Single Post
Old 3rd January 2017, 01:15 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Inilah Akibat Dari Adanya Penumpukan Lemak Didalam Tubuh

Sampai bertemu kembali dengan saya selaku penulis artikel kesehatan ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas mengenai masalah pada kesehatan yang di sebabkan karena adanya penumpukan lemak di dalam tubuh.

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis makanan yang mengandung lemak berlebih, mulai dari makanan yang tersedia di rumah sampai jenis makanan yang tersedia di luar seperti warung makan atau restoran. Yang seringkali tanpa kita sadari, kita mengkonsumsinya secara berlebih. Memang jenis makanan yang mengandung lemak itu enak untuk di konsumsi, namun ternyata lemak tersebut akan menumpuk secara berlebih di dalam tubuh yang mana tidak baik untuk kesehatan.

Karena lemak berlebih tersebut akan mampu membunuhmu secara perlahan, maka bagi penderita obesitas yang mengidap kelebihan berat badan ini akan memiliki resiko lebih tinggi terkena berbagai macam jenis penyakit yang di mulai dari penyakit yang terbilang ringan sampai penyakit berbahaya.

Lemak ini juga memang masih menjadi zat yang paling di takuti oleh tubuh kita, karena tidak hanya akan membuatmu mengalami obesitas tapi juga dengan adanya lemak berlebih tersebut mampu membunuhmu secara perlahan. Itulah sebabnya mengapa dengan kita berusaha untuk menjauhi sumber lemak itu sangatlah penting demi menjaga kesehatan tubuh.

Nah, sebelum kita membahas mengenai masalah kesehatan apa saja yang di sebabkan karena adanya penumpukan lemak di dalam tubuh. Ada baiknya kita simak terlebih dahulu mengenai pembahasan berikut ini.

Fungsi Lemak

Lemak adalah sebuah senyawa yang di dapatkan tubuh dari bagian luar dengan kandungan utamanya adalah oksigen, karbon dan hidrogen. Lemak juga bisa berbentuk padat atau cair, dengan kandungan lemak jenuh dan tak jenuh. Dan sebenarnya fungsi lemak ini memang di butuhkan tubuh seperti:
  1. Lemak telah menyediakan asam essensial yang tidak dapat di produksi oleh tubuh dan harus di dapatkan dari berbagai jenis makanan. Peran dari jenis asam lemak essensial linoleat dan asam linoleat sangat penting untuk mengatasi peradangan, perkembangan otak dan mengurangi resiko penyakit pembuluh darah.
  2. Lemak juga memiliki peran untuk menyimpan kalori dalam tubuh, dimana lemak ini kemudian akan di gunakan untuk melindungi semua jenis sel-sel tubuh dari kerusakan. Dan lemak akan di gunakan tubuh sebagai sumber tenaga sehingga menjadi salah satu hal terpenting bagi manusia.
  3. Lemak dapat membantu menyerap berbagai jenis vitamin dan menyebarkan vitamin ke berbagai bagian tubuh yang lain, lemak ini juga dapat memudahkan tubuh untuk menyerap berbagai jenis vitamin seperti A, D, E dan K yang akan masuk ke dalam tubuh melalui darah.
Masalah Kesehatan Yang Disebabkan Karena Adanya Penumpukan Lemak Didalam Tubuh

Akibat dari kelebihan lemak di dalam tubuh ternyata akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang cukup berbahaya untuk tubuh, akibatnya tubuh akan menjadi tidak sehat dan tidak bisa di gunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas dengan baik. Berikut ini ada beberapa resiko yang di sebabkan karena kelebihan asupan lemak di dalam tubuh, diantaranya:
  1. Dengan adanya penumpukan lemak di pembuluh darah maka akan bisa menahan aliran darah yang mengakibatkan timbul resiko stroke akan meningkat. Bukan hanya resiko stroke saja tapi resiko obesitas dan diabetes tipe 2 juga akan muncul.
  2. Obesitas karena adanya lemak berlebih akan meningkatkan resiko kolesterol dan penumpukan plak di arteri yang membuat masalah pada jantung meningkat.
  3. Ketika lemak terakumulasi di dalam liver maka akan dapat menyebabkan munculnya penyakit liver yang di sebut dengan sirosis hati.
  4. Lemak yang menumpuk pada bagian pinggul, lutut dan tulang belakang bisa mempengaruhi tulang rawan dan menyebabkan nyeri sendi.
  5. Lemak perut bisa menyebabkan resistensi insulin, kadar glukosa menjadi naik, penyakit diabetes muncul dan pembuluh darah di retina menjadi rusak.
  6. Ada penelitian yang mengatakan bahwa obesitas karena lemak bisa meningkatkan resiko kanker usus, dan bagi pria yang sudah mengalami obesitas maka akan beresiko 2 kali lebih tinggi untuk mengalaminya.
Oleh karena itu jika anda tidak ingin mengalami masalah kesehatan seperti di atas yang di sebabkan karena adanya penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Anda dapat menghindari penyebab timbulnya lemak dengan cara berolahraga dan mengkonsumsi makanan untuk membakar lemak yang berlebih di dalam tubuh.

Baca juga artikel lainnya disini

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda selaku pembaca artikel ini. Sekian dari saya Terima kasih…
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links