View Single Post
Old 3rd January 2017, 03:07 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Bahaya Tidur Siang Lebih Dari 30 Menit

Bagi anda yang memiliki rutinitas pekerjaan, mungkin seringkali anda melakukan tidur di siang hari. Yang mana tidur di siang ini dapat membangun kembali energi anda untuk kembali bekerja, apalagi jika rutinitas anda menuntut anda melakukannya hingga malam, sudah pasti anda mengalami kurang tidur. Dengan kurangnya waktu anda untuk tidur, maka kondisi seperti ini akan dapat mengganggu anda pada keesokan harinya karena akan selalu merasa ngantuk dan mengganggu semua pekerjaan atau kegiatan lain yang sedang anda lakukan.

Maka tidak ada pilihan lain jika di siang harinya anda tidur dengan lelap di sela-sela jam istirahat, dan dengan melakukan tidur siang ini mungkin anda seringkali lupa akan bahaya yang di timbulkan dari tidur siang. Memang tidur di siang ini memiliki manfaat tersendiri untuk menambah energi pada tubuh kita, namun jika anda sering tidur siang melebihi 30 menit maka hal itu akan dapat membahayakan tubuh anda.

Pasti anda bertanya-tanya, mengapa tidur siang lebih dari 30 menit itu dapat berbahaya? Untuk mengetahui jawabannya anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Bahaya Tidur Siang Lebih Dari 30 Menit

Melakukan tidur di siang hari dalam jangka waktu yang terlalu lama merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan tidur siang anda menjadi sesuatu yang berbahaya, yang mana bahaya tersebut akan timbul jika anda melakukannya lebih dari 30 menit.

Di bawah ini ada beberapa bahaya yang di timbulkan dari terlalu lamanya melakukan tidur di siang hari melebihi 30 menit, diantaranya:
  1. Menghambat produksi insulin dan meningkatkan resiko diabetes
    Ada penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang yang terlalu lama melebihi 30 sampai 60 menit ternyata dapat memicu tubuh untuk mengalami hambatan dalam produksi insulin. Insulin ini merupakan zat alami yang diproduksi oleh ginjal untuk membantu mencerna gula darah, sehingga dapat meringankan kadar gula darah di dalam tubuh.
    Dan coba anda bayangkan jika produksi insulin tersebut terhambat maka akan dapat menyebabkan gula darah di dalam tubuh menjadi tidak terkontrol dan tidak di cerna dengan baik. Dimana hal seperti ini akan menyebabkan munculnya penyakit diabetes jika terlalu lama di biarkan.
  2. Dapat mengganggu jam biologis
    Gejala yang di timbulkan dari jam biologis ini sama seperti gejala “jet lag” yang mana gejala jet lag ini akan menyebabkan diri kita akan merasakan kebingungan dan juga kemungkinan akan dapat mengganggu jam tidur anda secara normal.
  3. Tubuh akan mengantuk dan lemas setelah bangun tidur
    Dengan melakukan tidur siang memang sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi dan juga fokus anda ketika merasa lelah. Namun bahaya tidur siang ini sendiri akan dapat merugikan anda jika anda melakukannya lebih dari 30 menit.
    Gangguan tersebut akan dapat menyebabkan anda selalu merasakan kantuk dan lemas ketika anda bangun, dengan adanya gangguan seperti ini akan menyebabkan anda menjadi terganggu dalam menjalankan berbagai hal atau aktivitas yang akan anda lakukan.
  4. Menyebabkan insomnia
    Insomnia adalah salah satu gangguan dimana seseorang tidak bisa tidur pada waktu malam, yang salah satunya di sebabkan oleh jam tidur siang yang terlalu lama. Dan hal ini dapat menyebabkan tubuh kita merasa segar pada malam harinya sehingga kita menjadi susah untuk tidur di waktu malam.
  5. Menimbulkan pusing dan sakit kepala
    Seringnya anda melakukan tidur siang yang melebihi 30 menit, akan dapat menyebabkan timbulnya kepala menjadi pusing dan juga sakit. Yang lama kelamaan suplai oksigen yang masuk ke otak akan menjadi sedikit, begitu juga dengan suplai darah ke otak. Jika anda tidak mengubah kebiasaan ini maka akan menyebabkan kepala anda menjadi pusing dan sakit.
Inilah, bahaya dari terlalu lamanya melakukan tidur di siang hari yang tanpa anda sadari dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Untuk itu bagi anda yang memiliki kebiasaan tidur siang cobalah untuk melakukannya selama 30 menit saja untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Baca juga artikel lainnya disini

Semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links