View Single Post
Old 5th January 2017, 11:16 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Inilah Faktor Yang Menyebabkan Stres Menurut Para Ahli

Stres adalah suatu kondisi yang di akibatkan karena banyaknya beban pikiran yang belum terselesaikan, seperti masalah pada hubungan, pekerjaan, keluarga dan masih banyak lagi yang lainnya. Stres ini juga sudah menjadi hal yang umum terjadi di kalangan kita saat ini, karena sudah banyak faktor yang mempengaruhi jiwa dan mental sehingga timbullah masalah stres ini.

Stres ini juga jika di biarkan secara terus-menerus akan dapat membahayakan kesehatan tubuh anda karena stres ini bisa saja menjadi depresi berat yang tanpa di sadari bagi penderitanya akan melakukan hal-hal yang tidak di inginkan. Oleh karena itu, bagi penderita stres tidak ada salahnya untuk mencoba menenangkan diri dan juga pikiran. Bisa dengan cara menyelesaikan masalah yang sedang anda alami, jika anda memiliki masalah tertentu yang menjadikan anda stres agar stres yang sedang anda alami bisa mereda.

Nah, agar anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai penyebab stres. Anda bisa menyimak uraian berikut ini mengenai faktor yang menyebabkan stres menurut para ahli.

Faktor Penyebab Stres Menurut Para Ahli
Sudah banyak sekali penyebab yang menjadi pemicu timbulnya stres ini, seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya stres bisa di picu karena adanya beban pikiran yang tidak dapat di atasi secara tuntas seperti adanya masalah pada hubungan, masalah pekerjaan yang belum terselesaikan, dan masalah di antara keluarga.

Oleh karena itu dengan kita mengetahui apa yang menjadi penyebab stres, kita bisa lebih baik lagi untuk menghindari apa yang menjadi penyebab stres ini. Untuk lebih jelas mengenai penyebabnya, bisa anda simak penjelasan berikut ini:
  1. Lingkungan pekerjaan
    Lingkungan pekerjaan bisa menjadi pemicu terjadinya stres, karena jika kondisi lingkungan kerja tidak nyaman maka kita juga yang bekerja di lingkungan tersebut akan merasa tidak nyaman. Seperti contoh, suasana kantor yang bising saat sedang bekerja, kurangnya keamanan di tempat kerja, ketidaknyamanan saat bekerja jika lingkungan tempat kita bekerja kotor dan bau yang di sebabkan karena kurangnya ventilasi udara.
  2. Adanya masalah pribadi
    Masalah pribadi dapat juga menjadi pemicu terjadinya stres, karena dengan memiliki masalah pribadi baik itu dengan teman, rekan kerja, atau anggota keluarga akan dapat memancing anda untuk selalu memikirkan mengenai jalan keluar agar masalah tersebut cepat diselesaikan.
  3. Masalah dengan pasangan
    Dengan memiliki suatu masalah dengan pasangan anda, pasti bagi salah satu pasangan tersebut akan selalu memikirkan apa yang menjadi jalan keluar terbaik untuk dapat mengatasi masalah tersebut, dan pada umumnya masalah dengan pasangan ini seperti adanya perselingkuhan, salah paham atau bahkan yang lainnya. Oleh sebab itu dengan kondisi seperti ini akan menyebabkan anda mengalami stres.
  4. Kehilangan orang terdekat
    Kehilangan orang terdekat, atau orang yang kita sayang memang sangat berat sekali di hati kita. Namun, jika kita terus memikirkan orang terdekat yang kita sayang hal seperti itu justru akan menimbulkan efek tertentu bagi anda yaitu stres.
  5. Adanya beban hidup
    Di era sekarang ini beban hidup memang salah satu faktor penyebab terjadinya stres, seperti contoh umum yang sering terjadi di kalangan masyarakat dengan semakin mahalnya harga kebutuhan harian dan biaya hidup yang semakin tinggi dapat menuntut kita untuk terus memenuhinya.
  6. Perceraian
    Di dalam keluarga, pasti akan ada selalu masalah yang datang pada setiap pasangan tersebut. Mau itu masalah ekonomi atau adanya pihak ketiga yang dapat menjadi pemicu terjadinya perceraian, dan karena adanya perceraian inilah akan dapat membuat orang yang mengalaminya menjadi stres.
  7. Memiliki hutang pada orang terdekat
    Adanya beban pikiran mengenai hutang pada salah satu orang terdekat, akan dapat menjadi pemicu terjadinya stres karena seringkali berpikir untuk menutupi hutang tersebut.
  8. Mengalami kerugian
    Mengalami kerugian sudah menjadi salah satu resiko di dalam suatu pekerjaan, bisa itu berdagang atau memiliki perusahaan sendiri. Dengan mengalami kondisi seperti ini pasti seseorang yang mengalami kerugian akan mengalami stres karena selalu memikirkannya.
  9. Adanya tekanan
    Adanya suatu tekanan dari orang lain seperti ancaman atau perintah yang di luar kemampuan kita untuk melakukannya. Kondisi seperti ini akan dapat menjadikan pelakunya terus berpikir sehingga menjadi stres.
  10. Sedang sakit keras
    Bagi seseorang yang sedang mengalami sakit keras, sudah pasti akan selalu berpikir dengan kesembuhan dirinya karena tidak mau selalu membuat orang-orang yang ada di dekatnya menjadi susah untuk mengurus dirinya. Karena itulah seringkali orang yang sedang mengalami sakit keras mengalami stres.
  11. Gagal untuk mencapai tujuan
    Memiliki satu tujuan yang sangat di harapkan untuk bisa mencapainya adalah suatu usaha yang sangat baik, namun jika tujuan tersebut gagal untuk di capai pasti akan menjadi beban pikiran, yang mana dari beban pikiran ini akan menimbulkan stres.
  12. Mengalami rasa kecewa
    Bagi seseorang yang sedang mengalami rasa kecewa, sudah pasti dirinya akan merenung dan selalu berpikir akan kekecewaannya tersebut sehingga tanpa di sadari akan dapat menjadikan dirinya menjadi stres.
Untuk itu sangat di sarankan bagi anda yang selalu mengalami stres seperti beberapa kondisi di atas untuk dapat segera menyelesaikan masalah tersebut, karena jika anda tidak dapat menyelesaikan masalah yang sedang anda alami maka diri anda akan dapat memiliki beban pikiran yang nantinya akan menyebabkan stres. Oleh karena itu cobalah anda menyelesaikannya dengan tenang dan santai agar masalah yang sedang anda hadapi dapat terselesaikan.

Baca juga artikel lainnya disini
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links