View Single Post
Old 10th January 2017, 10:35 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Cara Mengatasi Mata Gatal Tanpa Harus Menguceknya Langsung Dengan Tangan

Mungkin anda pernah mengalami apa yang namanya gatal pada bagian mata, yang mana seringkali kita langsung menguceknya dengan menggunakan tangan. Memang mengucek mata dengan menggunakan tangan tersebut bisa membuat mata kita yang gatal akibat kelelahan bisa langsung terasa nyaman.

Tapi di balik itu semua, ada bahaya tersendiri dari seringnya mengucek mata ketika sedang gatal.

Bahaya Dari Seringnya Mengucek Mata
Berikut ini ada beberapa dampak yang dapat membahayakan mata anda ketika anda sering menguceknya, bahaya dari mengucek mata seperti:
  • Infeksi mata
    Dengan seringnya mengucek mata, yang tanpa anda sadari dapat menginfeksi mata. Karena kegiatan mengucek mata dengan tangan adalah suatu hal yang kurang baik untuk di lakukan karena akan terjadi perpindahan bakteri dari tangan ke mata. Sehingga bakteri yang sudah memparasit akan dapat menyebabkan infeksi.

    Mengapa bisa terjadi infeksi ketika menguceknya? Karena organ mata ini di lindungi dengan membran yang berlendir, yang mana membran berlendir ini memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban mata setiap saat.
  • Kantung mata menjadi hitam
    Sebagian besar orang beranggapan bahwa kantung mata yang menjadi hitam tersebut di akibatkan karena seringnya mengalami kurang tidur dan kelelahan. Tapi sebenarnya, kantung mata yang hitam ini bisa juga di sebabkan karena memiliki kebiasaan mengucek mata yang dapat mengakibatkan kantung mata menjadi hitam. Oleh karena itu jika bisa, cobalah untuk menghindari kebiasaan mengucek mata jika anda tidak ingin memiliki kantung mata yang hitam. (Baca juga: Cara Efektif Menghilangkan Mata Panda Atau Kantung Mata)
  • Glaukoma
    Glaukoma adalah suatu kondisi mata yang diakibatkan karena adanya kerusakan pada bagian saraf mata, dan jika tidak segera di tangani akan menjadi parah. Kerusakan mata ini di sebabkan karena seringnya mengucek mata, sehingga saraf mata pada bagian tertentu mengalami kerusakan.

    Dan anda harus berhati-hati dengan penyakit mata yang satu ini, karena tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga seringkali penderita yang sudah mengalami glaukoma tanpa ia sadari akan merasakan penglihatannya menjadi kabur dan bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.
  • Kornea mata mengalami perubahan bentuk
    Normalnya kornea mata ini berbentuk seperti kubah dan terkadang juga bisa berubah menjadi seperti bentuk bola. Namun pada gangguan yang di sebabkan karena seringnya mengucek mata, maka sel-sel kornea mata akan mengalami kerusakan. Sehingga akan berubah bentuk menjadi kerucut, dan kondisi seperti ini akan membuat penderitanya untuk selalu menggunakan lensa atau kacamata.
Tapi, bagaimana caranya untuk mengatasi rasa gatal pada mata jika tidak boleh menguceknya dengan tangan? Coba anda simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Kebiasan Mengucek Mata Ketika Terasa Gatal
Jika tidak boleh menggunakan tangan untuk menguceknya ketika mata sedang gatal atau terasa lelah, coba anda lakukan cara ini! Yang mana cara berikut ini adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan mata anda, yaitu:
  1. Jika mata anda mulai terasa gatal, cobalah untuk hindari kebiasaan mengucek dan usahakan untuk segera memakai obat tetes pada mata.
  2. Jika anda sedang mengalami stres, pasti secara langsung akan mengucek mata. Maka cara yang aman adalah dengan mengatasi rasa stres yang sedang anda alami, dengan mencoba mengalihkan pikiran anda dengan melakukan berbagai hal yang dapat menghibur diri anda sendiri.
  3. Anda juga bisa menggunakan tisu atau handuk yang basah ketika anda ingin mengusap mata anda yang sedang gatal atau lelah.
Inilah cara yang lebih baik dan aman untuk mengatasi mata yang sedang gatal, dan cobalah untuk selalu menggunakan cara di atas untuk dapat membantu anda menghindari kebiasaan mengucek mata ketika sedang gatal. Karena jika anda bisa mengubah kebiasaan anda tersebut, maka mata anda akan selalu sehat dan terjaga kebersihannya.

Baca juga:

5 Penyakit Serius Pada Mata Yang Harus Anda Ketahui
Tips Mengatasi Sakit Mata Dengan Cepat
Dan juga artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links