View Single Post
Old 10th January 2017, 01:06 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Inilah Kondisi Yang Tepat Jika Ingin Menggunakan Obat Tetes Mata

Mungkin anda pernah menggunakan obat tetes mata ketika anda mengalami gangguan pada mata, yang mana obat tetes ini bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang ada di mata.

Tetes mata ini mengandung berupa pelumas air mata buatan, sehingga obat tetes mata ini dapat mengatasi segala macam gangguan pada mata. Dan obat tetes mata ini sangat mudah sekali untuk di dapatkan di sekitar lingkungan tempat anda tinggal.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas mengenai kondisi yang tepat untuk menggunakan obat tetes mata.

Kondisi Yang Tepat Untuk Menggunakan Obat Tetes Mata
Kapan kondisi yang tepat untuk menggunakan obat tetes mata ini? Obat tetes mata boleh di gunakan jika ada gangguan pada mata seperti:

1. Operasi katarak
Operasi katarak ini adalah operasi yang di lakukan untuk mengangkat lensa dan menggantinya dengan lensa buatan. Dan biasanya sebelum operasi ingin di lakukan seringkali di teteskan terlebih dahulu tetes mata, yang mana tetes mata ini memiliki fungsi sebagai pencegah infeksi, membuat pupil menjadi lebih besar dan matirasa yang akan di rasakan pada area mata. Jika operasi tersebut telah selesai, maka obat tetes mata akan kembali di gunakan untuk mengurangi infeksi dan membantu penyembuhan.

2. Konjungtivitis (Penyakit mata menular)
Konjungtivitis ini adalah suatu infeksi yang terjadi pada mata, yang mana penyebab dari konjungtivitis ini karena adanta infeksi bakteri atau virus, iritasi lingkungan dan alergi. Selain itu gejala yang di timbulkannya juga seperti adanya rasa gatal, panas, dan kemerahan. Dan untuk mengatasi kondisi tersebut dapat menggunakan obat tetes mata untuk menghilangkan iritasi pada mata.

3. Sebagai pelumas lensa kontak dan permukaan mata
Jika mata anda terasa kering saat menggunakan lensa kontak, cobalah dengan segera untuk menggunakan obat tetes mata agar lensa kontak dan permukaan mata anda menjadi basah.

4. Mata kering
Penyebab dari mata kering ini di sebabkan karena adanya produksi air mata yang rendah, jika kualitas lapisan luar dan dalam buruk, maka air mata tidak akan dapat menjalankan tugasnya untuk melumasi bagian mata anda pada waktu yang lama. Dan hal ini akan menimbulkan gelaja lain seperti:
  • Adanya rasa panas
  • Terasa nyeri dan kemerahan
  • Adanya kotoran mata yang lengket
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Keluarnya air mata jadi berlebihan
5. Pelumasan dan perlindungan
Bahan yang terkadung di dalam obat tetes mata berupa hydroxypropyl methylcellulose (oftalmik) atau carboxymethylcellulose. Nah, meskipun air mata buatan ini dianggap aman, tapi anda harus selalu memeriksakan diri anda jika mengalami:
  • Alergi terhadap semua jenis pengawet
  • Pernah mengalami reaksi alergi terhadap hydroxypropyl methylcellulose atau carboxymethylcellulose.
Dan berikut adalah cara untuk menggunakan obat tetes mata dengan benar, mari simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Dengan Benar
Seringkali ketika kita ingin menggunakan obat tetes mata, merasa bingung untuk melakukannya, terutama jika ingin memakainya untuk mata diri sendiri. Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa cara penggunaan dari obat tetes mata yang benar. Diantaranya:
  • Usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air.
  • Cobalah untuk memeriksa bagian ujung tetes mata untuk memastikan bahwa dia tidak terbuka atau retak.
  • Hindari dengan menyentuh bagian ujung penetes mata anda dengan apapun itu, agar obat tetes mata tetap bersih.
  • Sambil menengadahkan kepala anda ke atas, taris lapisan bawah mata anda hingga membentuk kantong.
  • Lalu pegang tetes mata dengan menghadap ke bawah tanpa menyentuhnya.
  • Pencet tetes mata secara perlahan.
  • Setelah itu tutup mata anda selama 2-3 menit dengan menundukkan kepala.
  • Letakkan jari pada pembuluh air mata dan lekukan tekanan lembut.
  • Jika kelebihan cairan, laplah cairan yang ada di wajah anda dengan menggunakan tisu.
Baca juga artikel lainnya:
  1. Cara Mengatasi Mata Gatal Tanpa Harus Menguceknya Langsung Dengan Tangan
  2. Penyebab Dan Cara Mengatasi Mata Juling
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Itulah cara menggunakan obat tetes mata dengan benar di sertai dengan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan tetes mata, untuk itu sangat di sarankan bagi anda agar sebisa mungkin mengusahakan untuk merawat dan selalu menjaga kesehatan mata anda dengan cara menerapkan gaya hidup yang baik.
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links