View Single Post
Old 11th January 2017, 08:35 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Lutein Dan Zeaxanthin, Sebuah Zat Yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Mata seringkali mengalami penurunan fungsi yang di sebabkan karena faktor usia, oleh karena itu sangat penting sekali untuk sebisa mungkin menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata adalah suatu hal yang sangat penting yang harus anda lakukan, karena mata adalah suatu organ pada tubuh yang memiliki fungsi sangat penting bagi manusia yaitu untuk melihat. Maka dari itu dengan menjaga kesehatan mata, maka mata anda akan selalu berfungsi dengan baik dan anda akan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan yang bisa kapan saja menyerang mata.

Cara menjaga kesehatan mata juga sangatlah mudah, di mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat seperti makanan yang mengandung vitamin A di dalamnya yaitu wortel. Tapi bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat saja yang dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan mata, dengan tidak mengucek mata jika gatal atau dengan selalu mengistirahatkan mata ketika anda bekerja terus-menerus di depan komputer selama beberapa menit. Hal seperti ini juga dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan mata.

Tapi selain beberapa hal di atas termasuk wortel yang dapat menjaga kesehatan mata, ada beberapa nutrisi penting yang juga dapat membantu anda dalam menjaga dan merawat mata. Nutrisi tersebut adalah lutein dan zeaxanthin, apa itu lutein dan zeaxanthin?

Definisi Lutein Dan Zeaxanthin
Lutein dan zeaxanthin ini adalah suatu jenis karotenoid berpigmen kuning sampai merah yang dapat kita temukan pada sayuran dan buah-buahan. Pada jenis tanaman nutrisi ini memiliki fungsi untuk menyerap energi dari matahari yang berlebih untuk menjaga kerusakan pada tanaman.

Selain itu juga lutein dan zeaxanthin ini banyak di temukan pada mata yaitu pada bagian makula, lensa dan retina. Sehingga jika mata mendapat asupan yang tinggi dari nutrisi tersebut akan membantu dalam menjaga kesehatan mata. Dan sudah banyak sekali manfaat dari nutrisi ini untuk pencegahan seperti dapat mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula pada mata.

Fungsi Lutein Dan Zeaxanthin Bagi kesehatan Mata
Fungsi dari 2 zat baik ini untuk kesehatan mata adalah dapat membantu untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada mata yang di sebabkan karena adanya cahaya yang dapat merusak jaringan mata.

Dan ke-2 zat ini juga dapat melindungi dari cahaya berenergi tinggi seperti sinar ultraviolet B, dan dari paparan sinar matahari. Maka dari itu jika anda sering mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin ini akan dapat menangkal radikal bebas yang ingin merusak sel-sel dan jaringan pada mata.

Tapi Dari Mana Kita Bisa Mendapatkan Lutein Dan Zeaxanthin?
Lutein dan zeaxanthin ini bisa anda dapatkan dari beberapa jenis makanan terutama sayuran dan buah-buhan, seperti:

1. Bayam
2. Kale
3. Brokoli
4. Jagung
5. Wortel
6. Collard hijau
7. Tomat
8. Kentang
9. Jeruk

Selain dari jenis makanan di atas, kedua zat ini juga bisa anda dapatkan dari kuning telur, namun anda juga harus ingat jangan sampai terlalu banyak mendapatkan lutein di dalam telur. Dan rekomendasi yang baik untuk asupan lutein dan zeaxanthin untuk bisa menjaga kesehatan mata anda adalah 10 mg/hari untuk lutein dam 2 mg/hari untuk zeaxanthin. Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi lutein lebih dari 20 mg/hari karena jika anda kelebihan lutein akan dapat berakibat buruk seperti membuat kulit menjadi berubah warna sedikit kekuningan.

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan dari lutein dan zeaxanthin ini untuk kesehatan mata, oleh karena itu jika anda rutin mengkonsumsi lutein dan zeaxanthin dalam kadar yang normal akan dapat membantu anda terhindar dari berbagai jenis gangguan pada mata.

Baca juga:

Waspada! Gangguan Mata Ini Bisa Jadi Salah Satu Gejala Datangnya Penyakit Serius
Inilah Kondisi Yang Tepat Jika Ingin Menggunakan Obat Tetes Mata
5 Penyakit Serius Pada Mata Yang Harus Anda Ketahui

Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Demikian penjelasan di atas saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Dan terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, sekian dari saya Terima kasih
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links