View Single Post
Old 11th January 2017, 02:04 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Efek Yang Dapat Membahayakan Kesehatan Mata Jika Sering Membaca Dalam Keadaan Gelap

Membaca memang salah satu kegiatan yang mungkin menyenangkan bagi yang menyukainya, dan dengan membaca juga kita jadi tahu informasi-informasi yang belum kita ketahui sebelumnya. Tapi, sebagian besar orang seringkali membaca dalam kondisi cahaya yang kurang. Yang tanpa di sadari akan membuat mata menjadi rusak.

Dan mungkin sekarang ini sudah banyak yang beranggapan bahwa membaca dengan cahaya yang kurang itu dapat membuat mata menjadi rusak sudah dianggap mitos. Tapi anggapan seperti itu bisa di bilang salah dan juga bisa di bilang benar. Dan jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai masalah ini anda dapat memperhatikan pembahasan berikut dengan teliti.

Inilah Hubungan Antara Membaca Dan Kesehatan Mata
Mata manusia sudah memiliki fungsi untuk menyesuaikan cahaya yang terlihat, jika cahaya ketika membaca itu kurang. Maka pupil akan menjadi besar untuk bisa mengambil lebih banyak cahaya melalui lensa retina anda. Yang mana sel retina ini sering di sebut sebagai sel batang dan sel kerucut, dan memiliki fungsi untuk memberikan informasi ke otak tentang apa yang sedang di lihat.

Setelah mata anda melakukan penyesuaian pada cahaya yang kurang tersebut, maka ketika anda mendapatkan cahaya yang cukup terang maka biasanya diri anda merasakan sakit pada bagian kepala. Hal tersebut berlaku ketika anda sedang membaca atau melakukan hal lainnya dalam keadaan cahaya yang kurang.

Efek Yang Diberikan Pada Mata Ketika Membaca Dalam Gelap
Sebenarnya, belum ada kepastian tertentu mengenai efek yang di berikan ketika sedang membaca dalam gelap. Namun, ada penelitian yang di lakukan Cornel University yang mengatakan bahwa di dalam cahaya yang rendah maka pupil akan membuka lebih luas untuk membiarkan cahaya dapat masuk untuk dapat melihat. Hal seperti ini akan mengubah lokasi di mana cahaya menyentuh retina sehingga gambar tertentu akan terlihat buram.

Jadi, mata bisa mendapatkan sinyal untuk tumbuh lebih panjang lagi sehingga gambar akan dapat menyentuh tempat yang tepat pada retina, dan hal itulah jika kita terus memaksa untuk melihat sesuatu seperti sedang membaca maka akan menyebabkan rabun jauh.

Nah, jadi hal yang terbaik yang bisa kita lakukan saat ini adalah dengan kita melakukan sesuatu hal yang di lakukan di luar ruangan. Dan janganlah membiasakan diri melakukan kegiatan apapun seperti membaca di ruangan yang gelap.

Baca juga:
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Semoga bermanfaat…
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links