View Single Post
Old 12th January 2017, 07:47 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Lakukan Cara Ini! Jika Mengalami Cidera Mata

Mengalami cidera mungkin sudah bukan hal asing lagi sekarang ini, sudah banyak orang yang mengalami cidera seperti cidera pada mata. Yang mana cidera pada mata ini jika tidak di atasi secara langsung akan dapat berbahaya, dan seringkali cidera pada mata ini membuat orang yang mengalaminya menjadi panik karena merasa sakit seperti ada yang menusuk mata mereka.

Tapi jika dalam keadaan darurat, pertolongan pertama sangatlah penting untuk di lakukan. Dan biasanya cidera yang terjadi seringkali adanya suatu partikel yang masuk ke dalam mata, seperti debu, serpihan kayu, kaca, logam dan beton. Selain itu partikel kimia dan uap juga akan dapat menyebabkan cidera pada mata.

Dan pasti anda akan mendapatkan refleks yang mendadak seperti menggosok mata yang kemasukan tersebut dengan menggunakan tangan, padahal jika anda menyadari hal tersebut dengan menggosok mata yang kemasukkan artikel tertentu menggunakan tangan malah akan menambah buruk cidera yang sedang anda alami.

Karena dengan menggosok mata bukan hanya akan membuat cidera menjadi parah, tapi juga akan dapat membuat partikel tersebut masuk ke dalam jaringan halus pada mata, dan juga mampu merusak jaringan halus bagian dalam mata.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Mengalami Cidera Mata
Berikut ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan ketika sedang mengalami cidera pada mata, diantaranya:
  1. Jangan pernah coba untuk menyentuh bagian mata untuk melihat benda asing yang ada di dalamnya sebelum anda mencuci tangan terlebih dahulu. Karena jika tidak, maka kotoran akan dapat masuk ke mata dan menyebabkan cidera yang semakin parah.
  2. Usahakan untuk tidak bertindak kasar ketika mengucek mata, karena akan menambah cidera yang terjadi pada bola mata.
  3. Jangan pernah melepaskan benda asing dengan tusuk gigi, batang korek, pisau atau benda lain.
  4. Cobalah untuk tidak pernah mencabut benda yang tertancap di mata, usahakan untuk membawanya ke dokter agar dapat mendapatkan penanganan dengan tepat.
Dan itulah, beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan pada saat mata anda sedang mengalami cidera. Jika anda tidak ingin mata anda mengalami kondisi yang lebih buruk.

Sekarang mari kita bahas mengenai cara untuk mengatasi cidera mata terutama yang terdapat pertikel tertentu di dalam mata, ingin tahu cara mengatasinya? Coba anda simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Cidera Mata Dengan Mengambil Partikel Yang Ada Didalam Mata
Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan jika sewaktu-waktu anda, teman anda atau siapa saja yang mengalami cidera dapat melakukan cara ini. Mari kita bahas dengan seksama:
  • Jika terdapat partikel asing di dalam mata, maka partikel tersebut harus di angkat secara lembut dengan menggunakan kapas atau benda lain yang sudah di basahi dengan air. Ingat!!! jangan gunakan kapas kering.
  • Cobalah pegang bulu mata bagian kelopak atas dengan lembut antara ibu jari dan telunjuk, sangat di sarankan untuk melihat ke atas, dan tarik kelopak mata tersebut ke depan dan belakang hingga ke bawah.
  • Siramlah air mata dengan menggunakan air bersih, karena dengan menyiramnya dengan air bersih maka akan dapat mengeluarkan partikel kecil tersebut secara perlahan.
  • Dan jika partikel tersebut sudah tertanam pada bagian mata, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena jika di biarkan akan dapat merusak jaringan pada mata bahkan mampu menyebabkan luka.
  • Jika cedera tersebut sangat parah, anda dapat menutup bagian yang cidera dengan menggunakan kain kasa steril. Lalu tutup kedua mata tersebut hingga sampai ke rumah sakit.
  • Jika pasien sedang dalam kondisi syok karena kaget dengan kondisi yang sedang di alaminya, cobalah untuk menutup kelopak mata dengan kain kasa yang halus untuk menghentikan pengeringan yang akan terjadi pada bola mata.
Inilah cara untuk mengatasi cidera pada mata yang dapat anda ketahui, oleh karena itu cobalah untuk berhati-hati saat anda mengalami kondisi seperti ini. Dan jangan coba-coba untuk mengeluarkan partikel yang masuk ke kelopak mata dengan sembarangan tanpa mengetahui cara yang tepat, karena takutnya malah akan menambah buruk kondisi yang sedang anda alami.

Baca juga:
  1. Beginilah Cara Mengatasi Mata Malas Dengan Mudah
  2. Waspada! Gangguan Mata Ini Bisa Jadi Salah Satu Gejala Datangnya Penyakit Serius
  3. 5 Penyakit Serius Pada Mata Yang Harus Anda Ketahui
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links