View Single Post
Old 12th January 2017, 02:06 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post 5 Cara Mengobati Mata Kering Dengan Cepat

Mata adalah salah satu organ pada tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat berguna bagi tubuh, yaitu untuk melihat. Mata ini juga dapat selalu bekerja dengan baik jika kita selalu merawat dan menjaganya, karena mata sebenarnya sangat tergantung dengan aliran air mata untuk bisa memberikan kelembaban pada mata. Jika mata bisa menjalankan tugasnya dengan baik maka kita juga yang akan merasakan kenyamanan yang di berikannya.

Air mata ini juga terdiri dari dari beberapa unsur yang memiliki tugas masing masing seperti sebagai pelembab, pelumas, dan juga terdapat antibodi untuk melawan semua infeksi yang akan menyerang mata. Dan semua unsur tersebut akan terlepas dari kelenjar khusus yang ada di area mata.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk bersama-sama membahas mengenai apa yang menjadi penyebab dari mata kering serta cara mengobati mata kering dengan mudah. Nah, pertama-tama mari kita bahas apa yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Mata Kering
Penyebab umum dari mata kering ini, karena tidak timbulnya air mata sebagai pelumas, jadi mata menjadi kering dan terasa sakit. Selain itu ada penyebab lainnya juga yang menjadi faktor terjadinya mata kering ini, coba anda simak uraian di bawah ini:

1. Adanya perubahan hormon
Hormon yang bertugas untuk memancing air mata keluar, malah tidak dapat bekerja dengan baik. Sehingga mata menjadi kering, biasanya kondisi seperti ini sering di alami oleh wanita.

2. Penuaan
Seringkali seseorang yang mengalami lanjut usia mengalami kondisi seperti ini, karena dengan seiring bertambahnya usia kelopak mata yang dimiliki akan menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata. Oleh sebab itu mata kering ini seringkali terjadi pada seseorang yang lanjut usia.

3. Kondisi medis
Beberapa jenis penyakit bisa juga menjadi faktor timbulnya kondisi seperti ini seperti diabetes, lupus, gangguan tiroid, alergi dan HIV/AIDS. Karena penyakit-penyakit ini bisa mengakibatkan menurunnya kemampuan produksi air mata, oleh sebab itu mata kering ini bisa terjadi.

4. Obat-obatan
Mata kering ini juga bisa di akibatkan dari efek samping yang di berikan obat-obatan tertentu, yang mana obat-obatan ini akan dapat mempengaruhi kinerja kelenjar mata untuk mengasilkan air mata yang di butuhkan.

5. Dampak lingkungan
Dampak lingkungan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya mata kering, karena adanya debu, asap, angin, matahari, cuaca dan yang lainnya. Yang mana kondisi seperti itu akan dapat menjadi pengaruh buruk untuk kesehatan mata.

6. Kosmetik
Bagi beberapa orang yang pernah mengalami mata kering, dalam beberapa minggu sudah terlihat dampak dari penggunaan kosmetik yang memberikan efek buruk bagi kesehatan mata, yang mana kosmetik ini juga dalam beberapa kasus menjadi faktor terjadinya mata kering.

7. Adanya masalah pada struktur kelopak mata
Pembalikan kelopak mata bagian dalam ke luar dan kelopak mata luar yang masuk ke dalam bisa menyebabkan mata anda menjadi teriritasi akibat lapisan air mata yang keluar dengan cepat sehingga mata menjadi kering.

Itulah faktor utama yang menyebabkan terjadinya mata kering, untuk itu setelah anda mengetahui apa yang menjadi penyebab dari mata kering ini, anda bisa lebih berhati-hati lagi dengan menjaga kesehatan mata anda. Dan sekarang mari kita dengan seksama membahas mengenai cara mengobati mata kering dengan cepat.

Cara Mengobati Mata Kering Dengan Cepat
Cara mengobati mata kering ini sebenarnya sangat mudah jika kita mengetahuinya, dan sebenarnya juga mata kering ini adalah suatu kondisi yang masih bisa di atasi dengan segera. Ingin tahu bagaimana cara mengobatinya? Simak penjelasan di bawah ini:
  • Menggunakan air mata buatan
    Air mata buatan ini seringkali di gunakan dalam kasus mata kering yang mana air mata buatan ini dapat membantu melumasi bagian mata dan kelopak mata, sehingga mata akan menjadi lebih segar. Cobalah mengobatinya hanya dengan meneteskannya pada mata sebanyak 4 kali dalam sehari.
  • Obat tetes mata
    Menggunakan obat tetes mata juga bisa membantu anda untuk mengobati mata kering yang sedang anda alami, yang mana obat tetes mata ini membantu anda untuk membersihkan dan membunuh semua bakteri yang masuk ke mata. Maka dari itu jika anda ingin mengaplikasikannya sebagai obat hanya dengan menggunakan obat tetes mata sebanyak 6 kali sehari.
  • Bisa menggunakan kacamata
    Dengan menggunakan kacamata bisa membantu mata anda untuk terhindari dari debu, asap, udara yang kotor, dan sinar matahari. Jika anda ingin menggunakan kacamata, cobalah menggunakan kacamata hitam agar lebih terjamin perlindungannya.
  • Minum air dan cukupi asupan gizi
    Dengan anda selalu minum air sebanyak 7-8 gelas sehari, hal tersebut akan dapat membantu anda untuk menyembuhkan mata kering yang sedang anda alami. Bukan hanya itu, dengan anda memenuhi asupan gizi yang baik di setiap harinya akan lebih membantu anda untuk bisa mencegah kondisi ini datang kembali.
  • Jangan mengucek mata
    Usahakan untuk sebisa mungkin berkedip setelah melihat sesuatu seperti TV, membaca buku, dan layar komputer. Yang mana dengan anda sering berkedip akan mampu membantu anda untuk menyembuhkan mata kering. Tapi ingat jangan coba-coba untuk mengucek mata jika tidak ingin mata kering yang anda alami jadi memburuk.
Inilah cara pengobatan yang bisa anda lakukan sendiri sebagai langkah mengatasi mata kering. Dengan anda sering melakukan pengobatan seperti di atas, maka akan semakin cepat proses penyembuhan yang sedang anda lakukan. Dan anda juga harus ingat, jangan sampai anda membiarkan mata anda dalam keadaan lingkungan yang kotor dan berdebu. Usahakan untuk selalu bisa menjaga dan merawat kesehatan mata anda dengan baik, agar mata anda tidak mudah terserang oleh penyakit.

Baca juga:
  1. Lakukan Cara Ini! Jika Mengalami Cidera Mata
  2. Beginilah Cara Mengatasi Mata Malas Dengan Mudah
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Semoga informasi diatas bermanfaat

Last edited by anggisaputra; 12th January 2017 at 02:08 PM..
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links