View Single Post
Old 13th January 2017, 10:46 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Di zaman yang modern ini, sudah banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk selalu menggunakan komputer atau laptop dalam bekerja. Yang mana dengan menggunakan komputer atau laptop ini seringkali membuat diri kita lupa dengan tidak mengedipkan mata, karena tegang dalam melakukan pekerjaan.

Padahal anda sudah mengetahui efek yang akan di timbulkan dari terlalu lama menatap layar komputer tersebut, yang mana akan membuat mata anda menjadi lemah. Mata lemah ini di sebabkan karena rutinitas yang menuntut anda selalu memandang layar komputer dalam kurun waktu 5 sampai 8 jam. Yang mana waktu tersebut sebenarnya dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata anda, apalagi anda tidak melakukan istirahat untuk membuat mata anda menjadi segar kembali.

Mata lelah yang biasanya di sebabkan karena terlalu lama memandang komputer sering di sebut dengan sindrom penglihatan komputer atau computer vision syndrome. Kondisi seperti ini dapat mempengaruhi pekerja yang memiliki tuntutan untuk selalu menggunakan komputer. Dan tanpa di sadari sudah ada lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia ini yang mengidap computer vision sindrome ini.

Untuk itu dengan terlalu lama memandang komputer atau laptop, usahakan agar mata anda berkedip sebentar. Karena dengan berkedip akan dapat membantu anda dalam me-refresh mata, apalagi jika anda melakukannya sebanyak 18 kali dalam semenit.

Gejala Mata Lelah
Ada beberapa gejala yang di timbulkan dari mata lelah akibat terlalu lama memandang layar komputer yang dapat anda ketahui. Coba anda simak gejala dari mata lelah, berikut diantaranya:
  • Mata jadi mengalami iritasi atau tegang yang di akibatkan karena terlalu sering menatap layar komputer dalam waktu lama tanpa berkedip.
  • Seringkali sulit untuk fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas lainnya.
  • Mata jadi kering atau basah yang di akibatkan karena mata mengalami dehidrasi yang cukup parah.
  • Jika sudah terlalu parah, penglihatan akan menjadi ganda dan menjadi kabur.
  • Sangat sensitif terhadap cahaya.
  • Sering merasakan nyeri di bagian leher, pundak atau punggung.
Gejala di atas dapat merusak semua kegiatan yang akan anda lakukan serta kesehatan tubuh, untuk itu jika anda memiliki waktu tidur yang ideal 7-8 jam, maka keesokan harinya anda akan lebih segar kembali. Namun, jika keadaan ini di sertai dengan kurang tidur, hal seperti ini justru akan menyiksa tubuh dan membahayakan kesehatan anda.

Supaya anda tidak bingung bagaimana cara mengatasi kondisi seperti ini, coba anda simak penjelasan selanjutnya mengenai cara mengatasi mata lelah dengan mudah.

Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer Dengan Mudah
Memiliki kondisi mata lelah jika di biarkan dalam waktu yang lama maka akan dapat merusak penglihatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari yang anda lakukan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi mat lelah ini sebenarnya cukup mudah untuk anda lakukan. Ingin tahu cara tersebut apa saja? Coba simak uraian berikut ini:

1. Buatlah layar komputer anda bersahabat dengan anda
  • Cobalah anda taruh komputer sekitar 50-66 cm jauh dari mata anda.
  • Setelah itu bersihkan debu dan sidik jari dari layar, karena kotoran yang ada pada layar dapat mengganggu penglihatan.
  • Pilihlah layar yang bisa di miringkan dan di putar agar anda mudah menggunakannya.
  • Cobalah pertimbangkan untuk menggunakan filter cahaya pada layar komputer anda.
2. Ubah lingkungan kerja anda senyaman mungkin
  • Pertama-tama cobalah untuk menyesuaikan cahaya pada ruangan, usahakan jangan terlalu terang dan terlalu gelap.
  • Gunakanlah kursi yang bisa di atur ketinggiannya.
3. Jangan hanya kerja
  • Coba anda terapkan aturan 20-20-20, yang mana 20-20-20 ini yaitu setiap 20 menit lihatlah sesuatu yang jaraknya 20 kaki selama 20 detik.
  • Pasanglah note yang bertuliskan “Berkedip!” pada komputer, agar anda tidak lupa untuk melakukannya.
  • Tetapkan waktu istirahat yang rutin dan menjauhkan diri dari komputer untuk sementara waktu.
4. Lakukan perawatan sederhana pada mata
  • Cobalah untuk mengompres mata anda yang lelah atau kering dengan handuk hangat, lakukan dengan mata tertutup.
  • Gunakan tetes mata untuk menyegarkan mata anda saat terasa kering.
  • Untuk bisa membantu mata kering saat bekerja dalam ruangan, cobalah anda gunakan pembersih ruangan untuk menjadi penyaring udara kotor.
Itulah cara mengatasi mata malas yang dapat anda lakukan sendiri, cara ini sangat mudah kan? Untuk itu cobalah untuk menerapkan cara di atas agar kesehatan mata anda bisa selalu terjaga. Dan anda juga harus ingat, jangan lupa untuk beristirahat dengan mengedipkan mata atau keluar sebentar melihat pemandangan sekitar tempat anda bekerja untuk membuat mata anda segar kembali.

Baca juga:
  1. Tips Melindungi Mata Dari Radiasi Komputer
  2. Inilah Ciri-Ciri Mata Belekan Yang Harus Diketahui!
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links