View Single Post
Old 14th January 2017, 11:40 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Cara Mencegah Rabun Dekat Sejak Dini

Mungkin sebagian besar orang termasuk anda tidak ingin mengalami kondisi seperti rabun dekat ini, karena jika anda mengalami rabun dekat pasti akan mengganggu aktivitas sehari-sehari yang anda miliki. Dan mungkin juga anda ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab dan gejala dari rabun dekat ini.

Tapi, sebelum kita membahas mengenai penyebab dan gejala dari rabun dekat ini, ada baiknya jika kita bahas terlebih dahulu apa itu rabun dekat sendiri. Mari simak dengan seksama definisi mengenai rabun dekat.

Pengertian Rabun Dekat
Rabun dekat ini adalah suatu gangguan pada mata yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat suatu benda atau objek dekat dengan jelas, namun jika melihat benda atau objek yang jauh maka akan terlihat sangat jelas. Rabun dekat dalam istilah medis sering di sebut dengan hyperopia, yang mana hyperopia ini merupakan masalah pembiasan. Yang juga akan mengakibatkan mata menjadi mudah lelah jika mengalaminya.

Nah, sekarang mari kita bahas mengenai penyebab dan gejala dari rabun dekat ini. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak penjelasan berikut ini.

Gejala Rabun Dekat
Dibawah ini ada beberapa gejala yang di berikan rabun dekat, yang harus anda ketahui agar ketika anda mengalami salah satu gejala dari rabun dekat ini, anda dapat mengatasinya dengan segera. Berikut gejala rabun dekat:
  1. Akan mengalami sakit kepala.
  2. Terkadang harus menggunakan kacamata untuk bisa melihat dengan jelas.
  3. Mata jadi berair atau bahkan berwarna kemerahan.
  4. Mengalami kesulitan untuk membaca karena tidak bisa melihat dalam jarak dekat.
  5. Seringkali merasa lelah ketika selesai melihat benda atau objek yang dekat.
  6. Merasa ada yang berbeda ketika melihat benda atau objek dalam jarak dekat dan jauh (objek jauh terlihat jelas dan objek dekat terlihat buram).
Penyebab Rabun Dekat
Rabun dekat ini bisa terjadi karena adanya cahaya yang masuk ke dalam mata tidak berjalan fokus di dalam retina, tapi malah berfokus di belakangnya. Dan lensa mata berusaha mencoba untuk memperbaiki masalah yang ada dengan cara menjadi lebih tebal, namun bagi penderita rabun dekat kondisi seperti ini tidak bisa membantu. Hasilnya penglihatan akan malah menjadi buram.

Berikut ada beberapa faktor yang menyebabkan rabun dekat, diantaranya:
  • Adanya faktor genetik. Sebagian orang yang mengalami rabun dekat di sebabkan karena dirinya memiliki riwayat keluarga yang memiliki rabun dekat sebelumnya.
  • Seiring dengan bertambahnya usia. Seringkali faktor umum yang terjadi juga karena bertambahnya usia, karena seiring bertambahnya usia maka akan semakin berkurang penglihatan yang di milikinya.
Sekarang anda sudah mengetahui apa yang menjadi gejala dan penyebab dari rabun dekat ini, oleh karena itu sangat di sarankan bagi anda untuk berhati-hati dalam menjaga kesehatan mata anda. Tapi untuk lebih lengkap lagi mari dengan seksama kita bahas bersama-sama mengenai cara mencegah rabun dekat.

Cara Mencegah Rabun Dekat
Sebenarnya rabun dekat ini tidak dapat di cegah, namun ada beberapa langkah yang dapat membantu anda untuk dapat mengurangi resiko terkena rabun dekat. Yaitu:
  1. Seringlah mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi di dalamnya.
  2. Cobalah untuk menggunakan penerangan atau pencahayaan yang baik.
  3. Hentikan kebiasaan merokok (bagi yang sering merokok).
  4. Periksakan kondisi mata anda secara rutin.
  5. Lindungi mata anda dari sinar matahari langsung.
  6. Cobalah untuk menggunakan kacamata yang tepat.
  7. Kendalikan gangguan kesehatan anda.
  8. Cobalah anda kenali apa yang menjadi gejala rabun dekat ini.
Itulah, cara mencegah rabun dekat yang dapat anda lakukan jika diri anda tidak ingin terkena rabun dekat. Untuk itu sangat di sarankan bagi anda, dengan selalu memeriksakan kesehatan mata anda secara teratur agar kesehatannya terjamin.

Baca juga:
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Semoga artikel ini bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links