View Single Post
Old 16th January 2017, 11:15 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post 5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Mata

Di dalam kegiatan sehari-hari, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan adanya gangguan pada mata yang seringkali di akibatkan karena adanya debu, polusi udara dan benda asing yang seringkali masuk ke area mata. Sudah pasti tangan anda selalu meresponnya dengan cepat dalam mengatasi gangguan pada mata seperti rasa gatal yang terjadi, yang tanpa di sadari tangan anda akan menguceknya secara langsung.

Padahal jika anda mengetahui bahaya dari seringnya mengucek mata, pasti anda tidak ingin melakukannya lagi dan berhati-hati dalam mengatasi gangguan pada mata seperti rasa gatal pada mata. Tapi bukan hanya dengan mengucek mata saja dapat membahayakan mata anda, masih banyak kebiasaan lain yang tanpa kita sadari sering kita lakukan. Yang mana kebiasaan tersebut akan dapat merusak mata.

Mengenai kebiasaan yang dapat merusak mata, mungkin anda masih belum mengetahui secara detail mengenai kebiasaan apa saja yang mampu merusak mata. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas mengenai kebiasaan apa saja yang dapat merusak mata anda. Ingin tahu kebiasaan tersebut apa saja? Coba anda simak uraian berikut ini.

Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Mata
Di bawah ini ada beberapa kebiasaan yang tanpa anda sadari dapat merusak mata anda, untuk lebih jelasnya bisa anda simak penjelasan berikut ini, yaitu:

1. Menggunakan lensa kontak saat tidur
Lensa kontak ini biasanya di gunakan pada mata tepatnya bagian kornea mata, yang mana lensa kontak ini biasanya di gunakan oleh seseorang yang mengalami mata minus. Namun, tanpa di sadari seringkali anda melupakan untuk melepaskan lensa kontak. Sehingga seringkali memakainya meskipun dalam keadaan tidur, padahal kebiasaan seperti ini sangat tidak di perbolehkan karena akan meningkatkan resiko anda untuk terkena ulkus kornea.

Tapi anda tidak usah khawatir karena ada cara yang dapat anda lakukan untuk melepaskan lensa kontak ketika anda lupa untuk melepasnya. Caranya hanya menunggu 20-30 menit setelah meneteskan air mata buatan pada bagian mata yang kering sebelum anda melepaskan lensa kontak tersebut, jika sudah cobalah secara perlahan lepaskan lensa kontak tersebut dari kornea mata. (Baca juga: Inilah Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Untuk Kesehatan Mata Yang Harus Anda Ketahui)

2. Seringnya mengucek mata
Mungkin hal ini seringkali anda lakukan ketika mata anda terasa gatal, padahal jika anda mengetahui bahaya ketika anda mengucek mata terlalu keras akan dapat menyebabkan pembuluh darah pada bagian mata menjadi pecah. Hal seperti ini akan dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Oleh sebab itu jika anda ingin mengatasi gatal pada mata bisa menggunakan cara menutup mata dan menyentuh bagian luar mata.

3. Terlalu lama melihat layar komputer
Seringkali diri kita tidak menyadari akan bahaya yang di timbulkan dari terlalu lama melihat layar komputer, yang mana akan dapat menyebabkan mata kita mengalami gangguan seperti sakit kepala karena mata mengalami ketegangan saat melihat layar komputer terlalu lama. Maka dari itu, jika anda tidak ingin mengalami sakit kepala ketika melihat layar komputer. Janganlah terlalu lama untuk melihatnya, luangkan beberapa menit saja untuk mengalihkan perhatian mata anda sejenak untuk menyegarkan kembali mata dan otak anda.

4. Tidur menggunakan makeup mata
Tidur dengan menggunakan makeup mata sebenarnya sangat tidak di perbolehkan karena makeup yang masih menempel pada mata akan dapat menyubat kelenjar di sekitar mata yang akan menyebabkan iritasi pada kulit seperti jerawat, bahkan bisa juga timbulnya benjolan yang terjadi pada bagian kelopak mata.

5. Mengunakan obat tetes mata saat mengalami kondisi mata merah
Obat tetes yang seringkali kita dapatkan di toko-toko obat, mengandung vasokonstriktor. Yang mana vasokonstriktor ini merupakan salah satu bahan yang dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat membuat mata merah yang anda alami jadi berkurang. Namun yang harus anda ketahui adalah, obat tetes mata tersebut mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat masalah pada mata dalam jangka panjang. Oleh sebab itu jika anda mengalami mata merah, cobalah untuk segera memeriksakan mata anda ke dokter agar mendapatkan pananganan yang tepat. (Baca juga: Inilah Kondisi Yang Tepat Jika Ingin Menggunakan Obat Tetes Mata)

Inilah kebiasaan buruk yang seringkali anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari, yang tanpa anda sadari akan dapat membahayakan kesehatan mata anda. Oleh sebab itu jika anda tidak ingin mengalami gangguan mata yang bisa saja datang menyerang mata anda karena anda memiliki kebiasaan buruk yang seringkali di lakukan, anda bisa memeriksakan kondisi mata anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Inilah Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Untuk Kesehatan Mata Yang Harus Anda Ketahui
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Semoga bermanfaat…
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links